Mohon tunggu...
Endang SR
Endang SR Mohon Tunggu... Guru - GURU

Guru SD yang memiliki hobi membaca dan menulis. Saya berharap tulisan saya bermanfaat untuk para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Merdeka Belajar di Kelas V SD Taruna Bakti Bandung

31 Mei 2023   22:16 Diperbarui: 31 Mei 2023   22:21 1581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Merdeka Belajar di Kelas V SD Taruna Bakti Bandung.

SD Taruna Bakti adalah salah satu sekolah swasta di Kota Bandung, Jawa Barat yang merupakan sekolah penggerak yang ikut serta dalam menyukseskan "Semarak Merdeka Belajar".

Seluruh civitas academika di SD Taruna Bakti selalu menerapkan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.

Banyak sekali metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses KBM di SD Taruna Bakti sebagai wujud pihak sekolah dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Melalui kegiatan "Semarak Merdeka Belajar" kami para pendidik di SD Taruna Bakti tetap konsisten dalam membentuk siswa menjadi pribadi yang sesuai dengan visi SD Taruna Bakti yaitu sekolah unggulan dalam karakter, prestasi, teknologi, dan berbudaya lingkungan dengan semangat pembauran.

Berdasarkan visi dari SD Taruna Bakti, kelas V SD Taruna Bakti ikut serta dalam mensukseskan "Semarak Merdeka Belajar" dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam proses kegiatan KBM, dimana pembelajaran ini mengakomodir semua kebutuhan siswa dalam belajar.

Berikut contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) "Semarak Merdeka Belajar" pembelajaran berdiferensiasi dalam Merdeka Belajar di kelas V SD Taruna Bakti Bandung.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

                                                        

Nama Mata Pelajaran                 : IPS

Tema/Materi Pembelajaran    : Pengaruh Interaksi Manusia dengan Lingkungan dalam Bidang Budaya

Alokasi waktu                                 :3 x 40 menit

I.Tujuan Materi Pembelajaran     

Pengetahuan:

  • Melalui diskusi kelompok dalam galeri tour siswa dapat mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Melalui diskusi kelompok dalam galeri tour siswa dapat menjelaskan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Melalui pengamatan pada video pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi contohpengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

Pengetahuan:

  • Melalui diskusi kelompok dalam galeri tour siswa dapat mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Melalui diskusi kelompok dalam galeri tour siswa dapat menjelaskan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Melalui pengamatan pada video pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi contoh keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Melalui presentasi kelompok siswa dapat menjelaskan alasan sikap saling menghormati antarkeragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Melalui presentasi kelompok dan diskusi kelompok siswa dapat cara menghargai keragaman budaya di Indonesia.

Keterampilan:

  • Melalui diskusi kelompok siswa dapat membuat laporan tentang pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Melalui presentasi kelompok siswa dapat menjelaskan alasan sikap saling menghormati antarkeragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Melalui presentasi kelompok dan diskusi kelompok siswa dapat cara menghargai keragaman budaya di Indonesia.
  • Keterampilan:
  • Melalui diskusi kelompok siswa dapat membuat laporan tentang pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

II. KOMPETENSI DASAR

  • 3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

 

III. Indikator Pembelajaran:

 Pengetahuan:

  • Mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Menjelaskan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Mengidentifikasi contoh keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Menjelaskan alasan sikap saling menghormati antarkeragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Menjelaskan cara menghargai keragaman budaya di Indonesia.

 Keterampilan:

  • Melalui penjelasan yang disampaikan guru siswa dapat membuat laporan tentang pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

 

  IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan 5 menit

  • Memulai pelajaran dengan berdoa bersama-sama.
  • Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan siswa yang tidak hadir.
  • Siswa ditugaskan untuk memeriksa kebersihan di lingkungan kelas dengan tertib.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersemangat, jujur, tertib, percaya diri, dan saling menghargai dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Guru menjelaskan tentang manfaat mempelajari materi pembelajaran.
  • Guru menjelaskan tentang aspek pengetahuan dan keterampilan yang akan dinilai selama proses pembelajaran.
  • Guru menjelaskan tentang aktivitas penyampaian rencana/langkah- langkah kegiatan kepada siswa.
  • Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang contoh interaksi manusia di lingkungan.

Kegiatan Inti 110 menit

  • Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

sumber : gambar keberagaman - Google Penelusuran 
sumber : gambar keberagaman - Google Penelusuran 
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya yang terdapat pada gambar.
  • Siswa ditugaskan untuk membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang ditayangkan/diperlihatkan (melakukan permainan):
  • Siswa ditugaskan untuk duduk/ berdiri berpasangan.
  • Satu siswa ditugaskan untuk membuat pertanyaan tentang budaya di Indonesia (pertanyaan dapat menggunakan kata tanya apa, mengapa, dan bagaimana), siswa lain ditugaskan untuk menjawab. Jika ada bunyi , siswa ditugaskan untuk berganti pasangan/ teman dan mengulang kembali membuat pertanyaan.
  • Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar tentang keberagaman budaya Indonesia yang ditayangkan oleh guru.

Sumber : Buku ESPS PPKn
Sumber : Buku ESPS PPKn
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang tayangan gambar yang telah diamati.
  • Siswa diajak untuk melakukan permainan tebak budaya di Indonesia (guru menayangkan video).
  • Siswa ditugaskan untuk membuat kelompok berdasarkan minat belajar.
  • Siswa ditugaskan dan diberi kesempatan untuk menyelesaian lembar kerja melalui berdiskusi dengan cara melakukan galeri tour tentang:

a. Contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

b. Contoh keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

c. Alasan sikap saling menghormati antarkeragaman suku bangsa di Indonesia.

d. Cara menghargai keragaman budaya di Indonesia.

(Siswa diberikan kebebasan untuk memasuki galeri yang mereka senangi)

  • Tiap kelompok ditugaskan untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Kelompok lain ditugaskan untuk menyimak hasil diskusi kelompok lain, dan dapat memberikan masukan/ pendapat kepada kelompok lain yang sedang melakukan kegiatan presentasi. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.
  • Guru juga dapat memberikan masukan kepada setiap kelompok untuk mengarahkan siswa pada jawaban yang benar.
  • Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.
  • Siswa ditugaskan untuk mengerjakan latihan pada buku latihan.
  • Guru memberikan penilaian/ evaluasi

Kegiatan penutup (5 menit)

  • Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Siswa diberi pekerjaan rumah sebagai pengayaan.
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikut.
  • Siswa ditugaskan untuk merapikan kursi dan meja sebelum pulang, serta menjaga protokol kesehatan  
  • PENILAIAN :

    A. Teknik penilaian

        1. Penilaian Sikap                   :

  • Siswa dapat percaya diri, kerjasama, dan santun

        2. Penilaian Pengetahuan        : Pengetahuan

        3. Penilaian Keterampilan        : Unjuk Kerja

    B. Bentuk Instrumen Penilaian.

Penilaian sikap : 

  • Siswa dapat percaya diri, kerjasama, dan santun
  • Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing siswa!

    No.

    Nama Siswa

    Percaya Diri

                     Kerjasama

                       Santun

    Belum

    Tampak

    Tampak

    Menonjol

    Belum

    Tampak

    Tampak

    Menonjol

    Belum

    Tampak

    Tampak

    Menonjol

    1.

    2.

    3.

      Penilaian pengetahuan

       IPS 

       Kerjakan sesuai perintah!

  • Tulislah salah satu contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya!
  • Isilah tabel berikut!

  • No.

    Nama daerah

    Nama

    suku

    Bahasa yang digunakan

    Nama tarian

    Nama lagu

    Nama rumah adat

    Senjata tradisional

    1

    2

    3

    • Mengapa kita harus menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia?
    • Tulislah 2 cara menghargai keragaman budaya di Indonesia!

Penilaian keterampilan

             Rubrik berdiskusi

No.

Kriteria

Baik Sekali

         Baik

        Cukup

Perlu

Bimbingan

4

3

2

1

1.

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

2.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Sering diingatkan untuk merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang

ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang

ditunjukkan teman.

3.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman.

Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

        Total skor = 12               Nilai = (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100 

                                                                       

Lampiran:

lembar Kerja IPS 

       Kerjakan sesuai perintah!

  • Tulislah salah satu contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya!
    • Isilah tabel berikut!

      No.

      Nama daerah

      Nama

      suku

      Bahasa yang digunakan

      Nama tarian

      Nama

      lagu

      Nama rumah adat

      Senjata tradisional

      1.

      2.

      • Mengapa kita harus menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia?Tulislah 2 cara menghargai keragaman budaya di Indonesia!

         

Galeri I:

Langkah pengerjaan!

  • Pilihlah salah satu bacaan yang disediakan gurumu!
  • Baca dan diskusikan bersama kelompokmu tentang contoh pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan dalam bidang budaya.

Galeri II:

Langkah pengerjaan!

  • Amati gambar dan diskusikan bersama kelompokmu tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Berikan 1 contoh suku bangsa dan budaya di Indonesia. (Nama suku, bahasa, tarian, lagu, rumah adat, senjata tradisional)
  • Tulis pada lembar kerja yang disediakan oleh gurumu!

Galeri III:

Langkah pengerjaan!

  • Amat gambar dan diskusikan bersama kelompokmu tentang alasan sikap saling menghormati antarkeragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
  • Tulis pada lembar kerja yang disediakan oleh gurumu!

Galeri IV:

Langkah pengerjaan!

  • Amati gambar dan diskusikan bersama kelompokmu tentang cara menghargai keragaman budaya di Indonesia!
  • Tulis pada lembar kerja yang disediakan oleh gurumu!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun