Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Pemintal Kisah

4 Juni 2022   06:27 Diperbarui: 4 Juni 2022   06:29 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://focusedcollection.com/323354548/stock-photo-little-boy-curly-hair-smiling.html

Mengapa kusen pintu terbuat dari kayu kamfer? Karena kayu kamfer mudah didapat, harganya terjangkau, dan kualitasnya bagus.

Waah, dalam sekian menit Haris sudah berhasil memintal dua paragraf lumayan panjang.

Tapi, mendadak Haris menghentikan gerakan jemarinya. Sesaat pandangannya terlihat ragu.

"Ada apa, Nak?" Pak guru yang kebetulan melintas di depan kelas menegurnya.

"Ini, Pak guru. Pintalan kisah saya --- macet!" Haris berterus terang.

"Oh, itu hal biasa. Setiap pemintal kisah pernah mengalaminya. Nama keren dari kemacetan itu writer block."

"Begitu, ya. Lantas saya harus bagaimana menghadapi writer block ini?"

"Tinggalkan kegiatan memintalmu, Nak. Jangan memaksakan diri. Bermain-mainlah sejenak bersama teman--temanmu." Pak guru yang bijak itu memberi nasihat. Dan, Haris tak ingin mengabaikan nasihat itu.

***
Sekitar lima belas menit membaur bersama teman--temannya, otak Haris kembali segar. Ia ingin melanjutkan memintal kisah yang masih jauh dari kata tuntas.

Ia kembali duduk ke bangkunya semula. Mengeluarkan secarik kertas berisi coretan yang telah ia buat, lalu meneliti ulang barangkali ada kalimat yang tidak efektif alias bertele-tele.

Sudah sampai mana tadi? Oh, ya. Sudah sampai paragraf kedua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun