Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Memahami Pentingnya Worklife Balance dan Tips untuk Mencapainya

18 Agustus 2024   09:40 Diperbarui: 18 Agustus 2024   09:44 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bekerja keras memanglah sesuatu yang dapat membuat Anda meraih kesuksesan profesional, namun kadang-kadang hal ini membuat Anda melupakan pentingnya menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dalam artikel ini, kita akan membahas makna worklife balance yang lebih dalam, mengapa penting, dan bagaimana mencapainya.

Makna Worklife Balance

Worklife balance adalah sebuah konsep yang mencakup pengaturan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seseorang. Artinya, worklife balance mencurahkan waktu dan energi yang seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tanpa ada yang saling mengganggu. Sebagaimana kita ketahui, mengelola waktu merupakan bagian yang sulit untuk dicapai, terutama dalam pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lebih lama dan tantangan yang lebih besar. Berusaha mencapai worklife balance akan menjadi tantangan yang lebih besar.

Worklife balance tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Pekerja yang memiliki worklife balance yang baik cenderung lebih bahagia dan sehat, bahkan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Dalam lingkungan kerja yang lebih bahagia dan sehat, karyawan dapat mencapai tujuan karir mereka yang sebenarnya.

Mengapa Worklife Balance Penting?

Worklife balance sangat penting, karena kesejahteraan fisik dan mental seseorang dapat terganggu jika terlalu fokus pada pekerjaan. Tidak adanya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat menimbulkan stres, kelelahan, ujung-ujungnya menimbulkan gangguan kesehatan seperti depresi dan kelelahan mental.

Pada umumnya, orang yang memiliki worklife balance yang baik mampu menjaga hubungan sosial yang sehat dengan keluarga dan teman, memiliki waktu untuk melakukan kegiatan di luar pekerjaan dan mendapatkan kesenangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Bagaimana Mencapai Worklife Balance?

Mencapai worklife balance bukanlah hal yang mudah, karena banyak faktor yang harus diperhitungkan. Untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dibutuhkan upaya dan strategi yang tepat. Adapun tips sederhana untuk mencapai worklife balance sebagai berikut:

Prioritaskan Keseimbangan

Prioritaskan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Buatlah daftar prioritas mingguan untuk membantu Anda memperoleh kembali kendali atas waktu Anda agar dapat mencapai worklife balance.

Batasi Waktu Kerja

Batasi waktu ketika Anda akan bekerja. Ini dapat membantu Anda menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Jangan hanya bekerja terus menerus, tetapi berhenti dan kemudian lanjutkan kembali aktivitas di waktu yang sudah ditentukan.

Manfaatkan Perangkat Lunak

Teknologi dapat membantu Anda merencanakan dan memonitor waktu kerja Anda. Gunakan fitur seperti pengingat untuk mengingatkan aktivitas lain di luar pekerjaan seperti liburan atau menghabiskan waktu dengan keluarga.

Lakukan Kegiatan Olahraga atau Hobi

Olahraga atau kegiatan hobi merupakan cara yang bagus untuk meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi sama, sehingga memperoleh lingkungan sosial yang sehat.

Ambil Istirahat

Luangkan waktu dalam sehari atau satu minggu untuk ambil istirahat. Istirahat dapat membantu tubuh dan pikiran Anda kembali segar untuk kembali menghadapai tantangan pekerjaan yang akan datang.

Ada beberapa saran tambahan untuk membantu mencapai worklife balance yang lebih baik:

Bertanya kepada diri sendiri "Apa yang menjadikan hidup ini lebih berarti?"

Pertanyaan ini mungkin membantu Anda mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang tujuan hidup Anda. Kebanyakan orang hidup untuk sesuatu di luar pekerjaan, misalnya menghabiskan waktu bersama keluarga, menjalin hubungan sosial, atau mengejar hobby. Bertanya kepada diri sendiri dapat membantu Anda menempatkan pekerjaan di tempatnya yang benar dalam skala prioritas hidup Anda.

Pisahkan Waktu Kerja dengan Waktu Pribadi 

Pisahkan waktu kerja dan waktu pribadi sepenuhnya. Jangan membawa pekerjaan pulang atau memeriksa email di waktu luang. Buat zona waktu yang terpisah untuk pekerjaan dan lakukan kegiatan santai atau hobi yang menyenangkan diluar pekerjaan Anda.

Terima Kenyataan bahwa Tak Ada yang Sempurna

Menerima kenyataan bahwa tak ada yang sempurna dapat membantu menurunkan stres dalam mencapai work-life balance. Kadang-kadang, meski sudah melakukan yang terbaik, mungkin saja tidak semua bagian dalam hidup Anda seimbang pada satu saat tertentu. Ingatlah untuk tetap fokus pada proses mencapai keseimbangan tersebut, daripada hasil akhir sempurna.

Jangan Takut untuk Mengajukan Permintaan Fleksibilitas

Saat mencari pekerjaan baru, carilah perusahaan yang menawarkan opsi kerja jarak jauh atau jadwal fleksibel, yang memungkinkan untuk mencapai worklife balance yang lebih baik. Jika sudah bekerja dan masih kesulitan mencapai keseimbangan tersebut, Anda dapat mencari cara untuk mengajukan permintaan fleksibilitas untuk memfasilitasi pekerjaan yang lebih seimbang dan memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

Lakukan evaluasi secara berkala

Lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan apakah work-life balance Anda sudah tercapai. Saat mengevaluasi, periksa apakah ada bagian dari kehidupan pribadi atau pekerjaan yang terlupakan atau terlalu berlebihan. Jika ada ketidakseimbangan, buatlah penyesuaian kecil agar kehidupan Anda menjadi lebih seimbang.

Semua saran ini bertujuan untuk membantu Anda mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ingatlah bahwa setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda, jadi carilah solusi yang sesuai untuk Anda. Mulailah dengan merencanakan dan mengimplementasikan satu atau dua perubahan kecil, lakukan evaluasi secara berkala, dan seiring waktu, pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda akan lebih terbalancing untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. 

Batu, 1882024

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun