PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PECAH BELAH PADA TOKO SUMBER REZEKI DI BEKASI TIMUR
Andrean Syah Sunarya1, Chindy Komalasari2, Hanifatin Anjarani3, M Naufal Hafidz4
1,2,3,4Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa Jl.Inspeksi Kalimalang No. 9, Cibuntu, Kec Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Abstrak
Konsumen adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain dalam membentuk perilaku, sikap, kepercayaan, dan nilai-nilai yang dianggap penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perilaku konsumen, budaya, sosial, dan kepribadian berpengaruh terhadap keputusan mereka untuk membeli barang pecah belah di Toko Sumber Rezeki di Bekasi Timur. Untuk mengevaluasi hubungan antara variabel independen (perilaku konsumen, faktor budaya, faktor sosial, dan kepribadian) dan variabel dependen (keputusan pembelian), penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis regresi linear berganda. Studi ini melibatkan 50 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel purposive, yaitu pelanggan yang berbelanja di Toko Sumber Rezeki di Bekasi Timur. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di pasar pecah belah dan memberikan rekomendasi yang dapat digunakan oleh pemilik toko untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Kepribadian, Keputusan Pembelian
Abstract
Consumers are social beings who interact and influence each other in shaping behaviors, attitudes, beliefs, and values that are considered important. The purpose of this study is to see how consumer behavior, culture, social, and personality influence their decision to buy glassware at Sumber Rezeki Store in East Bekasi. To evaluate the relationship between the independent variables (consumer behavior, cultural factors, social factors, and personality) and the dependent variable (purchase decision), this study uses a quantitative approach that uses multiple linear regression analysis. This study involved 50 respondents selected using purposive sampling technique, namely customers who shop at Sumber Rezeki Stores in East Bekasi. The results of the study are expected to provide deeper insight into the factors that influence consumer purchasing decisions in the glassware market and provide recommendations that can be used by store owners to improve their marketing strategies.
Keywords: Consumer Behavior, Cultural Factors, Social Factors, Personality Factors, Purchasing Decisions
PENDAHULUAN
Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sangat ketat karena setiap perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar dan menarik pelanggan baru. dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangi persaingan dan mencapai tujuan perusahaan. Pada dasarnya, semakin banyak pesaing, semakin banyak pilihan konsumen untuk memilih produk yang mereka harapkan. Jadi, pelanggan menjadi lebih cerdas dan cerdas saat melihat produk baru (Agung W et al., 2021).