Mohon tunggu...
Eka Apriyani
Eka Apriyani Mohon Tunggu... Guru - Pengajar di PAUD Al - Jauhar, Gulon Salam Magelang

Penulis merupakan seorang guru sekaligus ibu rumah tangga yang gemar makanan pedas. Selain hobi kulineran, penulis juga gemar belanja. :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Kartu Huruf dan Kotak Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak TK Mengenal Lambang Huruf

9 Desember 2022   22:11 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:28 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi

TK AL-Jauhar Gulon Salam

Lingkup Pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan bahasa anak TK kelompok B dalam mengenal lambang huruf dengan menggunakan kartu huruf dan kotak pintar.

Penulis

Eka Apriyani, S.Pd

Tanggal

Kamis, 10 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi latar belakang masalah, antara lain:

  • Berdasarkan hasil pengamatan yang sudah dilakukan oleh Guru selama kurang lebih 2 bulan berjalan, anak-anak kelompok B masih banyak yang belum bisa mengenal lambang huruf dengan baik. Dari 11 anak yang ada, baru 2 anak yang mampu mengenal lambang huruf dengan baik, dan selebihnya masih perlu ditingkatkan kemabali agar anak dapt mengenal lambang huruf dengan baik.
  • Berdasarkan pernyataan di atas, sama halnya dengan hasil wawancara dari rekan sejawat tentang perkembangan anak yang disampaikan tersebut, bawasannya perlu adanya pendampingan lebih untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK B dalam mengenal lambang huruf.
  • Media yang kurang menarik membuat anak kurang tertarik dalam bermain mengenal huruf, sehingga anak belum paham akan huruf A-Z dalam penulisannya. Anak masih terbolak- balik dalam penulisannya, namun sudah bisa dalam pengucapannya.
  • Kesibukan orangtua dalam pekerjaan membuat anak tidak memiliki waktu untuk bermain sambil belajar bersama dengan orangtua di rumah.
  • Mengenal lambang huruf merupakan suatu kunci awal untuk anak supaya bisa membaca dan menulis.

Dari penemuan diatas dapat disimpulkan bahwa anak TK kelompok B belum dapat mengenal lambang huruf.

 

Mengapa praktik ini penting untuk di bagikan:

  • Sebagai sumber literasi guru
  • Membuka pengetahuan guru ketika menghadapi masalah yang serupa
  • Meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal lambang huruf untuk TK kelompok B, yang mana kemampuan mengenal huruf itu sangat penting bagi anak, karena dengan anak paham huruf, secara tidak langsung akan mempermudah anak tersebut dalam membaca dan menulisnya nanti.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Mencari literasi tentangm media, metode dan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf.

Menyusun pembelajaran yang akan dilakukan.

Melaksanakan pembelajaran dari awal hingga akhir.

Mengevaluasi kegiatan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Dari hasil observasi dan wawancara penyebab masalah yang ingin dicapai untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK kelompok B dalam mengenal lambang huruf dengan menggunakan kartu huruf dan kotak pintar antar lain:

  • Kemampuan anak yang kurang dalam mengenal lambang huruf.
  • Kurangnya perhatian dan bimbingan dari orangtua.
  • Kurangnya media yang inovasi untuk anak belajar.

Dari penyebab diatas yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

  • Pemilihan metode pembelajaran yang lebih bervariatif sehingga dapat memotivasi anak untuk tetap semangat mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik anak.
  • Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak didik.

Siapa saja yang terlibat:

  • Yayasan sekolah berperan penting dalam mendukung tujuan pembelajaran tersebut dengan memfasilitasi sarana dan prasarana untuk pembelajaran peserta didik.
  • Rekan sejawat memberikan informasi terkait pengalamn dalam mengajar dan saling membantu dalam memberikan solusi apa yang tepat untuk mencapai tujuan yang harus dicapai dalam suatu pembelajaran.
  • Peserta Didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi  tantangan  tersebut/  strategi  apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya:

Mencari alternatif solusi melalui kajian literatur dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, teman sejawat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Membuat rancangan pembelajaran baik RPPH, media dan rancangan penilaian yang akan di gunakan pada PPL pertemuan 1 dan 2

Guru menyediakan tiga kegiatan main dalam satu hari yaitu:

Kegiatan main 1: Bermain mengenal huruf dengan menggunakan kartu kata dan kotak pintar.

Pertemuan 1

Guru melakukan demonstrasi cara menyusun kata dengan menggunakan kartu huruf dan kartu kata dalam kotak pintar.

Melakukan kegiatan menyusun kata "Kambing" dengan berbantu kartu huruf dan kartu kata dalam kotak pintar.

Pertemuan 2

Guru melakukan demonstrasi cara menyusun kata dengan menggunakan kartu huruf dan kartu kata dalam kotak pintar.

Melakukan kegiatan menyusun dan menuliskan kata  "Kambing dan bagian-bagian kambing".

Kegiatan main 2: Bermain angka dengan menghitung gambar kambing.

Pertemuan 1

Guru mendemonstrasikan cara bermain angka.

Guru memberikan lembar kerja.

Bermain angka dengan menghitung gambar kambing dan menunjukkan dengan kartu angka.

Pertemuan 2

Guru mendemonstrasikan cara bermain angka.

uru memberikan lembar kerja.

Melakukan kegiatan menghitung gambar kambing dengan menunjukkan berbagai media (batu, manik-manik dll).

Kegiatan main 3: Bermain membuat kreasi miniatur kambing

Pertemuan 1

Guru mendemonstrasikan bagaimana cara membuat miniatur kambing.

Melakukan kegiatan membuat kreasi kambing dengan menggunakan kertas.

Pertemuan 2

Guru mendemonstrasikan bagaimana cara membuat miniatur kambing.

Melakukan kegiatan membuat kreasi kambing dengan menggunakan kapas.

Pada saat penerapan media kartu huruf dan kotak pintar Guru menyediakannya cukup banyak, supaya anak banyak pilihan dalam menyusun kata apa dengan kartu huruf tadi.

  • Guru memberikan contoh kepada anak diselingi dengan proses tanya jawab untuk membangun pengetahuan anak

Ketika proses kegiatan guru menanyakan tentang hasil kegiatan anak dengan tujuan mencari tahu pemahaman anak tentang kegiatan tersebut.

Strategi apa yang digunakan ?

  • Menggunakan model pembelajaran problem basead learning melalui pendekatan STEAM dan HOTS.
  • Metode yang digunakan yaitu menggunakan bercerita, demonstrasi, penugasan, bernyanyi.
  • Media yang digunakan yakni menggunakan media kartu huruf dan kotak pintar.
  • LKPD
  • Penilaian menggunakan rubrik sebagai acuan hasil pencapaian anak didik, penilian hasil karya, dan catatan anekdot.

Siapa saja yang terlibat?

Guru

Peserta Didik

Apa saja sumber  daya  atau  materi  yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini:

Alat :

Laptop

Spiker

Alat dan bahan

Menata ruang kelas

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi  dari  Langkah- langkah yang dilakukan?

 

Refleksi diri, di sini anak-anak terlihat senang dan tertarik dalam berkegiatan dengan menggunakan media kartu huruf dan kotak pintar. Melalui kegiatan tersebut anak dapat mengenal lambang huruf dengan lebih nyaman, dan asyik karena menggunakan media yang menarik bagi anak. Ditambah dengan menggunakan TPACK membuat anak semakin tambah bersemangat dalam bermain sambil belajar.

Dampak yang akan dialami dalam aksi tersebut yaitu anak yang tadinya kurang mengenal lambang huruf atau belum paham lambang huruf setelah dilakukan praktik baik ini dengan menggunakan media kartu huruf dan kotak pintar dapat mengenal lambang huruf dengan baik.

Langkah yang dilakukan dirasa sangat efektif, hal ini bisa dilihat dengan setelah melakukan kegiatan ini minimal 1 bulan dan maksimal 3 bulan akan terlihat hasil perubahannya.

Respon orang lain terhadapa kegiatan apa yang dilakukan  sangat positif.

Faktor keberhasilan keseluruhan proses pembelajaran:

Faktor yang menjadi keberhasilan dalam mengenalkan lambang huruf kepada anak yaitu bilama langkah-langkah yang sudah tertulis sebagaimana di atas dapat terlaksana dengan baik. Subjek serta objek praktik baik ini juga ikut berperan aktif juga.

Pembelajaran dari proses ini apabila kita mau berkerja keras dan sungguh-sunguh  serta disiplin dan pantang menyerah maka akan membuahkan hasil yang baik.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun