Mohon tunggu...
EBTA RAMIYATI
EBTA RAMIYATI Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika SMPN Satu Atap Simpang Empat

Matematika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG Daljab 2023

1 Februari 2024   21:05 Diperbarui: 1 Februari 2024   21:09 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LEMBAR KERJA 3.1 

 

PENYUSUNAN BEST PRACTICE

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN POWER POINT  MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BOLA 

 

OLEH:

NAMA: EBTA RAMIYATI 

No. UKG: 201800095753

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3

TAHUN 2023

                                                                                                                                     

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi)

a.   Pendahuluan

Pendidikan  merupakan  pengalaman  belajar  yang  berlangsung  dalam  lingkungan dan diperoleh  sepanjang hidup. Menurut Prihatini  (2023) pendidikan  adalah  Suatu program pembelajaran yang memungkinkan peserta didik memperluas pengetahuannya. Penelitian Tasya & Abadi (2019) menyatakan bahwa hasil belajar matematika rendah di sebabkan rendahnya kemampuan belajar matematika. Rendahnya hasil belajar dibuktikan dengan Banyaknya peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, Kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan materi Pelajaran yang disampaikan kurang menarik.Berdasarkan kajian Literatur, hasil wawancara  teman sejawat, dan peserta didik, faktor penyebab rendahnya hasil belajar  adalah Peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran, Guru kurang menerapkan penggunaan model dan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik, Kesulitan peserta didik memahami materi Pelajaran.Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan  belajar  peserta  didik  yaitu  model pembelajaran Problem Based Learning.Menurut Sitompul (2021) model PBL memiliki kelebihan memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih aktif  saat berdiskusi dalam kelompok, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penggunaan media PPT sangat membantu peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari. sehingga perhatian peserta didik tidak bosan.

 Tujuan PPL ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model (PBL) dan media power point  materi bangun ruang sisi lengkung bola. Pemanfaatan model dan media yang digunakan diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.

b.  Pembahasan

Pelaksanaan PPL di SMPN Satu Atap Simpang Empat. Praktik PPL ini menggunakan model Pembelajaran (PBL) pada peserta didik kelas VII, dalam kegiatan model PBL peserta didik mengerjakan tugas secara berkelompok, peserta didik dapat menyelesaiakan LKPD menemukan rumus luas permukaan bola dengan melakukkan percobaan dengan cara berdiskusi dan hasil jawaban dipresentasikan, selanjutnya peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi dari kelompok tersebut. peserta didik diberi tugas tertulis untuk dikerjakan secara individu. Berdasarkan kegiatan tersebut minat dan hasil peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika meningkat, hal ini terlihat dari hasil mengerjakan LKPD dan tes tertulis peserta didik.    

Folder/Dokpri
Folder/Dokpri

Folder 2/Dokpri
Folder 2/Dokpri

 

c.   Kesimpulan

Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, Hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran PBL  dan penggunaan media konkrit.   Menurut Andriyani ( 2019 ) Tindakan dikatakan berhasil jika persentase rata-rata hasil belajar mencapai minimal kategori baik ( 70% - 89%) dengan kategori baik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada tiap siklusnya yaitu dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 67% dengan kategori cukup dan siklus II naik menjadi 83 % dengan kategori sangat baik . Sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based   Learning   minat   dan   hasil belajar  peserta  didik  masih  rendah,  ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning minat dan hasil belajar peserta didik meningkat.

d.  Daftar Pustaka

 

Argaruri,Y, Sulianto, J.Listyarini, I,  &  Dewi  Natalia  Kristanti  Santi  Puspita  Rini. (2023). Penggunaan  Media  Pembelajaran  Konkret  Dalam  Meningkatkan  Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 189–201.

Azizah,U.(2022).Peningkatan  Minat  Belajar  Siswa  Melalui  Pendekatan  Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMPN Bawuran. Jurnal PendidikanIndonesia, 3(9), 861–869.

Tasya,N,& Abadi,  A.  P. (2019). Faktor Penyebab  Rendahnya  Hasil  Belajar Siswa.

Sesiomedika, 660–662.

 

 

Andriyani, D., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., Fajar, M. Y & Darmawan, D. (2019). Aplikasi Microsoft Excel Dalam Penyelesaian Masalah nilai Rata-rata Data Berkelompok.dan individu : Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 18(1).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun