LEMBAR KERJA 3.1Â
Â
PENYUSUNAN BEST PRACTICE
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN POWER POINT Â MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BOLAÂ
Â
OLEH:
NAMA: EBTA RAMIYATIÂ
No. UKG: 201800095753
Â
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3
TAHUN 2023
                                                                  Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi)
a. Â Pendahuluan
Pendidikan  merupakan  pengalaman  belajar  yang  berlangsung  dalam  lingkungan dan diperoleh  sepanjang hidup. Menurut Prihatini  (2023) pendidikan  adalah  Suatu program pembelajaran yang memungkinkan peserta didik memperluas pengetahuannya. Penelitian Tasya & Abadi (2019) menyatakan bahwa hasil belajar matematika rendah di sebabkan rendahnya kemampuan belajar matematika. Rendahnya hasil belajar dibuktikan dengan Banyaknya peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, Kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan materi Pelajaran yang disampaikan kurang menarik.Berdasarkan kajian Literatur, hasil wawancara  teman sejawat, dan peserta didik, faktor penyebab rendahnya hasil belajar  adalah Peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran, Guru kurang menerapkan penggunaan model dan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik, Kesulitan peserta didik memahami materi Pelajaran.Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan  belajar  peserta  didik  yaitu  model pembelajaran Problem Based Learning.Menurut Sitompul (2021) model PBL memiliki kelebihan memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih aktif  saat berdiskusi dalam kelompok, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penggunaan media PPT sangat membantu peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari. sehingga perhatian peserta didik tidak bosan.
 Tujuan PPL ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model (PBL) dan media power point  materi bangun ruang sisi lengkung bola. Pemanfaatan model dan media yang digunakan diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.
b. Â Pembahasan
Pelaksanaan PPL di SMPN Satu Atap Simpang Empat. Praktik PPL ini menggunakan model Pembelajaran (PBL) pada peserta didik kelas VII, dalam kegiatan model PBL peserta didik mengerjakan tugas secara berkelompok, peserta didik dapat menyelesaiakan LKPD menemukan rumus luas permukaan bola dengan melakukkan percobaan dengan cara berdiskusi dan hasil jawaban dipresentasikan, selanjutnya peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi dari kelompok tersebut. peserta didik diberi tugas tertulis untuk dikerjakan secara individu. Berdasarkan kegiatan tersebut minat dan hasil peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika meningkat, hal ini terlihat dari hasil mengerjakan LKPD dan tes tertulis peserta didik. Â Â
Â
c. Â Kesimpulan
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, Hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran PBL  dan penggunaan media konkrit.  Menurut Andriyani ( 2019 ) Tindakan dikatakan berhasil jika persentase rata-rata hasil belajar mencapai minimal kategori baik ( 70% - 89%) dengan kategori baik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada tiap siklusnya yaitu dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 67% dengan kategori cukup dan siklus II naik menjadi 83 % dengan kategori sangat baik . Sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based  Learning  minat  dan  hasil belajar  peserta  didik  masih  rendah,  ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning minat dan hasil belajar peserta didik meningkat.
d. Â Daftar Pustaka
Â
Argaruri,Y, Sulianto, J.Listyarini, I,  &  Dewi  Natalia  Kristanti  Santi  Puspita  Rini. (2023). Penggunaan  Media  Pembelajaran  Konkret  Dalam  Meningkatkan  Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 189–201.
Azizah,U.(2022).Peningkatan  Minat  Belajar  Siswa  Melalui  Pendekatan  Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMPN Bawuran. Jurnal PendidikanIndonesia, 3(9), 861–869.
Tasya,N,& Abadi,  A.  P. (2019). Faktor Penyebab  Rendahnya  Hasil  Belajar Siswa.
Sesiomedika, 660–662.
Â
Â
Andriyani, D., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., Fajar, M. Y & Darmawan, D. (2019). Aplikasi Microsoft Excel Dalam Penyelesaian Masalah nilai Rata-rata Data Berkelompok.dan individu : Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 18(1).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H