PendahuluanÂ
Latar Belakang
Keselamatan dan Kesehatan kerja atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan Kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012). Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin serta melindungi keselamatan dan kesehatan kerja dan orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung, dan tamu). Menurut Yuliani HR (2014:2) keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrument yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan Masyarakat sekita dari bahaya akibat kecelakaan kerja.(Sasono,H.B.2012)
PT. Bintang Laut Platinum adalah perusahaan Penyediaan jasa pengiriman barang, yang terletak di jalan hang tuah no. 3 Â Surabaya.Perusahaan ini adalah perusahaan jasa angkutan kontainer dengan menggunakan kereta api dengan di lengkapi dengan fasilitas Depo yang luas, trucking dan kalmar yang kami miliki sendiri sehingga memudah kan customer dalam melakukan bongkar muat.(Dwipa karismamitra.com)
Menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja, bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatan dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas. Untuk itu penerapan manajemen K3 sangat penting untuk dilakukan guna meminimalisir atau menghilangkan potensi risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dalam melaksanakan upaya tersebut , maka identifikasi bahaya penting untuk dilakukan. Tahapan tahapan K3 tersebut dimulai dari identifikasi resiko, penilaian resiko dan pengendalian resiko. Berdasarkan permasalahan diatas dilakukan guna menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan peti kemas agar pekerjaan menjadi lebih optimal.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana memetakan dan mencegah resiko peti kemas pada PT Bintang Laut Platinum
Tujuan
Tujuan penelitian ini adalah memetakan dan mencegah resiko peti kemas pada PT Bintang Laut Platinum
Metode
Waktu dan Tempat Pelaksanaan