Mohon tunggu...
DWI HENI SETYA WAHYUNI
DWI HENI SETYA WAHYUNI Mohon Tunggu... Guru - jurnalis

Nama saya Dwi Heni Setya Wahyuni. Saya adalah lulusan S1 dalam bidang Pendidikan Bimbingan dan Konseling, dengan kecintaan yang mendalam terhadap dunia pendidikan. Selain berfokus pada pendidikan dan bimbingan, saya juga memiliki minat yang kuat dalam fotografi dan seni. Keduanya memberi saya kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Saya percaya bahwa kombinasi antara pendidikan, fotografi, dan seni tidak hanya memperkaya hidup saya tetapi juga memungkinkan saya untuk memberikan kontribusi yang lebih luas dalam bidang yang saya geluti. Melalui pengalaman dan minat ini, saya berusaha untuk menginspirasi dan mendukung orang lain dalam proses pembelajaran dan pengembangan pribadi mereka.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Meningkatkan Sikap Religius Siswa dengan Menggunakan Teknik Homeroom

6 Oktober 2024   00:42 Diperbarui: 6 Oktober 2024   00:46 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE HOMEROOM

Dwi Heni Setya Wahyuni1, Mufied Fauziah2, Feri Dwi Pertiwi3

Universitas Ahmad Dahlan1
SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta2

dwiheniwahyuni@gmail.com

ABSTRACT

This study aims to improve the religious attitudes of 9th grade students at SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta through the homeroom technique. The background of this study is the challenges in strengthening religious character faced by students, based on observations that show that their religious knowledge and practices are still not optimal. The method used is counseling guidance action research with two cycles, each consisting of two meetings. Initial assessments were carried out through surveys, interviews, and discussions, followed by group guidance using the homeroom technique which includes thematic discussions, joint prayers, and reflections. The results showed a significant increase in students' religious character, measured by an average pre-test score of 28.6 which increased to 36.3 in the second cycle post-test. These findings indicate that the homeroom technique is effective in improving students' religious character.

Keywords

Group guidance, religious attitude, homeroom

 

 

ABSTRAK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun