BEST PRACTICE
Â
MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
KELAS VII.A MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SMP NEGERI 3 SRAGI
Â
Latar Belakang
Â
Â
Pembahasan
Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan siswanya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Djamarah (2006:46) mengatakan, bahwa untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan, guru harus pandai memilih model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik, supaya siswa merasa senang dalam proses belajar mengajar berlangsung.Â
Sementara praktik guru-guru secara umum dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang hanya fokus pada guru, termasuk di dalamnya yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini membuat  siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, Pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode konvensional, Guru belum bisa memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.Â
Guru belum maksimal dalam mengeksplor pembelajaran yang bervariatif Adanya hal tersebut guru perlu merubah cara mengajarnya dengan menggunakan model pembelajaran yang baru seperti Projek  Based Learning yang membuat siswa akan lebih aktif, kreatif dan kritis.
Hal ini menjadi temuan masalah yang harus diatasi. Dan dalam melaksanakan model PjBL siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, ini bisa dilihat melalui kegiatan mengamati tayangan video, melakukan browsing mencari ide/gagasan untuk menentukan topik yang akan dipilih, diskusi, membuat projek menggambar poster dan presentasi .
Setelah melakukan penerapan model pembelajaran PjBL, berhasil meningkatkan keaktifan  belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran dan melatih rasa percaya diri. Adapun tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran  yaitu :
Siswa belum diajak berdiskusi, sebagian besar belum bisa memahami dalam menentukan projek yang akan dipilih. Guru belum menguasai materi dan belum menggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. belum menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat. Masih adanya siswa yang kurang aktif serta keterbatasan waktu.
Langkah-langkah untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah:
Siswa diajak untuk berdiskusi dalam menentukan projek yang akan dipilih, dibimbing dan diberi pemahaman lebih lanjut untuk memilih projek yang akan dipilih,dimotivasi agar aktif dalam berdiskusi, berani untuk menyampaikan pendapat,  dan presentasi. Guru lebih giat  belajar lagi dalam menguasai materi yang diajarkan bisa dengan berdiskusi dengan teman sejawat, menggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran yang menyenangkan, menggunaan media pembelajaran yang menarik, kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam modul ajar.
Kegiatan Pendahuluan:
Kegiatan Inti :
Dengan Model Pembelajaran PjBL, Sintak PJBL :
Sintak 1. Tahap Penentuan Pertanyaan mendasarÂ
Sintak 2. Tahap mendesain perencanaan projekÂ
Sintak 3. tahap menyusun jadwal
Sintak 4. tahap memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek
Sintak 5. tahap menguji hasil
Sintak 6. tahap evaluasi pengalaman belajar
Penutup
Kesimpulan
Â
Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan memudahkan siswa mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berfikir analisis dan kreatifitas siswa dapat ditingkatkan.
Penerapan model pembelajaran PjBL hasilnya sangat efektif,siswa lebih bersemangat, kreatif lebih berani tampil dalam menyampaikan pendapat selama kegiatan diskusi serta presentasi dalam pembelajaran, terlihat dari hasil pembelajaran siswa dan sesudah melakukan proses pembelajaran.
Daftar Pustaka
cdn-gbelajar.simpkb.id.    Keragaman    dalam  Bingkai Bhinneka    Tunggal      Ika.    Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru Pegawai Pemerintah denganPerjanjian       Kerja. Diakses pada 28 November 2022, dari https://cdngbelajar.simpkb.id/s3/p3k/PGSD/PPKN/Modul%20Pembelajaran/PPKn_Pembelajaran-4.pdf
Youtube https://www.youtube.com/watch?v=RYroiL_UD-s&list=PPSV
Abdin, M., Langi, J.P., Wattimena, A. (2022).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Model Project Based Learning. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-8, 8(2), 216-223.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2023). Pengembangan Perangkat Umum, PPG Dalam Jabatan Diakses pada 1 Februari 2024, dari https://drive.google.com/drive/folders/1Swm5ngTYDs0R3WVdl3sRhFWYMSYlQztO
Link Video Pembelajaran: https://www.youtube.com/watch?v=RYroiL_UD-s&list=PPSV
Â
Link Modul Ajar:
https://docs.google.com/document/d/13kr8ALd1qwI967QytNg_-tWIV1f3qKG2/edit?rtpof=true
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H