Mohon tunggu...
DWI PONCOWATI
DWI PONCOWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi renang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menerapkan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

16 Februari 2024   17:32 Diperbarui: 16 Februari 2024   17:34 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

 

MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

KELAS VII.A MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SMP NEGERI 3 SRAGI

 

Latar Belakang

 

 

Pembahasan

Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan siswanya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Djamarah (2006:46) mengatakan, bahwa untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan, guru harus pandai memilih model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik, supaya siswa merasa senang dalam proses belajar mengajar berlangsung. 

Sementara praktik guru-guru secara umum dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang hanya fokus pada guru, termasuk di dalamnya yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini membuat  siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, Pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode konvensional, Guru belum bisa memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. 

Guru belum maksimal dalam mengeksplor pembelajaran yang bervariatif Adanya hal tersebut guru perlu merubah cara mengajarnya dengan menggunakan model pembelajaran yang baru seperti Projek  Based Learning yang membuat siswa akan lebih aktif, kreatif dan kritis.

Hal ini menjadi temuan masalah yang harus diatasi. Dan dalam melaksanakan model PjBL siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, ini bisa dilihat melalui kegiatan mengamati tayangan video, melakukan browsing mencari ide/gagasan untuk menentukan topik yang akan dipilih, diskusi, membuat projek menggambar poster dan presentasi .

Setelah melakukan penerapan model pembelajaran PjBL, berhasil meningkatkan keaktifan  belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran dan melatih rasa percaya diri. Adapun tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran  yaitu :

Siswa belum diajak berdiskusi, sebagian besar belum bisa memahami dalam menentukan projek yang akan dipilih. Guru belum menguasai materi dan belum menggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. belum menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat. Masih adanya siswa yang kurang aktif serta keterbatasan waktu.

Langkah-langkah untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah:

Siswa diajak untuk berdiskusi dalam menentukan projek yang akan dipilih, dibimbing dan diberi pemahaman lebih lanjut untuk memilih projek yang akan dipilih,dimotivasi agar aktif dalam berdiskusi, berani untuk menyampaikan pendapat,  dan presentasi. Guru lebih giat  belajar lagi dalam menguasai materi yang diajarkan bisa dengan berdiskusi dengan teman sejawat, menggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran yang menyenangkan, menggunaan media pembelajaran yang menarik, kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam modul ajar.

Kegiatan Pendahuluan:

Kegiatan Inti :

Dengan Model Pembelajaran PjBL, Sintak PJBL :

Sintak 1. Tahap Penentuan Pertanyaan mendasar 

Sintak 2. Tahap mendesain perencanaan projek 

Sintak 3. tahap menyusun jadwal

Sintak 4. tahap memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek

Sintak 5. tahap menguji hasil

Sintak 6. tahap evaluasi pengalaman belajar

Penutup

Kesimpulan

 

Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan memudahkan siswa mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berfikir analisis dan kreatifitas siswa dapat ditingkatkan.

Penerapan model pembelajaran PjBL hasilnya sangat efektif,siswa lebih bersemangat, kreatif lebih berani tampil dalam menyampaikan pendapat selama kegiatan diskusi serta presentasi dalam pembelajaran, terlihat dari hasil pembelajaran siswa dan sesudah melakukan proses pembelajaran.

Daftar Pustaka

cdn-gbelajar.simpkb.id.      Keragaman      dalam   Bingkai Bhinneka      Tunggal           Ika.      Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru Pegawai Pemerintah denganPerjanjian             Kerja. Diakses pada 28 November 2022, dari https://cdngbelajar.simpkb.id/s3/p3k/PGSD/PPKN/Modul%20Pembelajaran/PPKn_Pembelajaran-4.pdf

Youtube https://www.youtube.com/watch?v=RYroiL_UD-s&list=PPSV

Abdin, M., Langi, J.P., Wattimena, A. (2022).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Model Project Based Learning. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-8, 8(2), 216-223.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2023). Pengembangan Perangkat Umum, PPG Dalam Jabatan Diakses pada 1 Februari 2024, dari https://drive.google.com/drive/folders/1Swm5ngTYDs0R3WVdl3sRhFWYMSYlQztO

Link Video Pembelajaran: https://www.youtube.com/watch?v=RYroiL_UD-s&list=PPSV

 

Link Modul Ajar:

https://docs.google.com/document/d/13kr8ALd1qwI967QytNg_-tWIV1f3qKG2/edit?rtpof=true

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun