Mohon tunggu...
Dinda Ireanti
Dinda Ireanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA JURUSAN MATEMATIKA PRODI S1-PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Relevansi Ujian Nasional dalam Sistem Pendidikan Indonesia : Perlukah Dipertahankan?

20 Desember 2024   21:17 Diperbarui: 20 Desember 2024   21:35 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami dinamika yang signifikan, salah satunya adalah evaluasi keberlanjutan Ujian Nasional (UN). Selama bertahun-tahun, UN menjadi tolok ukur keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan formal. Namun, berbagai kritik yang muncul terkait efektivitas dan relevansi UN memicu perdebatan apakah sistem ini masih layak dipertahankan atau perlu digantikan dengan metode evaluasi lain yang lebih relevan.

Sejarah Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) telah menjadi bagian penting dari sistem pendidikan di Indonesia sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1950-an. Awalnya, UN hadir sebagai respons pemerintah terhadap kebutuhan menstandarisasi kualitas pendidikan di seluruh Indonesia, terutama mengingat luasnya wilayah negara dan beragamnya kondisi sosial budaya masyarakat. Standarisasi ini diharapkan dapat menciptakan kesetaraan mutu pendidikan antara daerah satu dengan lainnya, sehingga seluruh siswa Indonesia memiliki kompetensi dasar yang seragam.

Pada masa awal penerapannya, UN lebih berfokus pada pengukuran kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Hasil UN digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum berhasil diterapkan di berbagai sekolah, serta menilai efektivitas proses pembelajaran. Dengan kata lain, UN pada masa itu lebih bersifat sebagai alat evaluasi pendidikan secara nasional, tanpa implikasi langsung terhadap kelulusan siswa.

Namun, seiring perkembangan waktu, fungsi dan peran UN mengalami transformasi. Di era 1970-an hingga 2000-an, UN mulai digunakan tidak hanya sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai salah satu syarat kelulusan siswa. Kebijakan ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Di satu sisi, UN dianggap mampu mendorong siswa dan sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar. Di sisi lain, ketergantungan pada UN sebagai penentu kelulusan memunculkan tekanan besar bagi siswa dan guru, sehingga menimbulkan masalah seperti praktik kecurangan dan kurangnya fokus pada pembelajaran holistik.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah terus melakukan berbagai penyesuaian terhadap pelaksanaan UN. Mulai dari perubahan format soal, pengenalan ujian berbasis komputer (Computer-Based Test/CBT), hingga kebijakan terbaru yang menghapuskan UN sebagai syarat kelulusan pada tahun 2021. Keputusan ini sejalan dengan upaya menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada pengembangan potensi siswa secara menyeluruh.

Tujuan Ujian Nasional

Pada dasarnya, Ujian Nasional memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

1. Standarisasi Pendidikan

Menjamin adanya keseragaman standar pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

2. Evaluasi Sistem Pendidikan

Sebagai alat untuk menilai efektivitas kurikulum dan proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah.

3. Alat Ukur Kompetensi Siswa

Sebagai alat untuk menilai efektivitas kurikulum dan proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah.

4. Pemantauan Kinerja Sekolah dan Guru

Menjadi tolok ukur kinerja sekolah dan tenaga pendidik dalam menyampaikan materi kepada siswa.

5. Motivasi Peningkatan Mutu Pendidikan

Mendorong sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran agar siswa mampu mencapai standar nasional.

Meskipun pelaksanaan Ujian Nasional telah dihentikan, semangat untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan tetap menjadi prioritas dalam kebijakan pendidikan di Indonesia. Evaluasi berbasis asesmen yang lebih komprehensif kini menjadi pendekatan baru untuk menggantikan peran UN dalam mengukur keberhasilan sistem Pendidikan.

Kritik terhadap Ujian Nasional

Meski memiliki tujuan yang jelas, implementasi UN menghadapi berbagai kritik dari berbagai pihak:

1. Tidak Mewakili Kemampuan Siswa Secara Utuh

UN dinilai terlalu berfokus pada penguasaan teori tanpa mempertimbangkan aspek lain, seperti keterampilan praktis, kreativitas, dan soft skills. Akibatnya, siswa yang memiliki potensi di luar akademik sering kali terabaikan.

2. Menimbulkan Tekanan Berlebih

Sistem UN yang menentukan kelulusan siswa sering kali menimbulkan tekanan psikologis yang tinggi. Banyak siswa mengalami stres bahkan depresi akibat kekhawatiran tidak lulus UN, yang berdampak pada kesehatan mental mereka.

3. Ketimpangan Kualitas Pendidikan

Realitas di lapangan menunjukkan bahwa akses terhadap pendidikan berkualitas masih belum merata di seluruh Indonesia. Hal ini membuat siswa di daerah terpencil atau sekolah dengan fasilitas minim menghadapi tantangan lebih besar dibandingkan siswa di perkotaan.

4. Praktik Kecurangan

Tekanan untuk mencapai hasil UN yang baik sering kali memicu berbagai praktik kecurangan, baik di tingkat siswa, guru, maupun institusi pendidikan. Hal ini mencederai prinsip kejujuran dalam pendidikan.

Peralihan ke Asesmen Nasional

Pada tahun 2021, pemerintah mulai menggantikan UN dengan Asesmen Nasional (AN) yang lebih menitikberatkan pada literasi, numerasi, dan survei karakter. AN diharapkan dapat menjadi alat evaluasi yang lebih holistik tanpa memberikan beban berlebihan kepada siswa.

Namun, transisi ini juga memerlukan waktu dan evaluasi mendalam agar pelaksanaannya dapat berjalan efektif. Pemerintah perlu memastikan bahwa AN benar-benar mampu menggambarkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan tidak hanya menjadi formalitas semata.

Rekomendasi untuk Evaluasi Pendidikan

Untuk memastikan evaluasi pendidikan yang lebih baik, beberapa langkah dapat dilakukan:

1. Penerapan Evaluasi Berbasis Proyek

Alih-alih berfokus pada ujian tertulis, evaluasi berbasis proyek dapat menjadi alternatif yang lebih relevan. Metode ini memungkinkan siswa menunjukkan kemampuan mereka secara praktis dalam menyelesaikan masalah nyata.

2. Peningkatan Kualitas Guru

Guru memiliki peran penting dalam memastikan keberhasilan evaluasi. Pelatihan berkelanjutan bagi guru harus menjadi prioritas agar mereka dapat mengembangkan metode pembelajaran dan penilaian yang lebih efektif.

3. Penyesuaian Kurikulum

Kurikulum pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan zaman, terutama dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan digital.

4. Monitoring dan Evaluasi Berkelanjutan

Pemerintah harus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap sistem evaluasi yang diterapkan, termasuk Asesmen Nasional, untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai.

Kesimpulan

Ujian Nasional (UN) memiliki sejarah panjang dalam sistem pendidikan Indonesia sebagai alat untuk menstandarisasi kualitas pendidikan, mengevaluasi kurikulum, dan menilai kompetensi siswa secara nasional. Meskipun tujuan awalnya jelas, pelaksanaannya menghadapi banyak kritik, seperti kurangnya representasi kemampuan siswa secara holistik, tekanan psikologis yang tinggi, ketimpangan kualitas pendidikan, dan munculnya praktik kecurangan.

Transformasi menuju Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2021 mencerminkan upaya pemerintah untuk menciptakan sistem evaluasi yang lebih relevan, komprehensif, dan inklusif. AN berfokus pada literasi, numerasi, dan survei karakter, yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern tanpa memberikan tekanan langsung pada siswa.

Keberhasilan evaluasi pendidikan di Indonesia memerlukan penguatan kualitas guru, penyesuaian kurikulum, serta penerapan metode evaluasi yang inovatif, seperti penilaian berbasis proyek. Dengan demikian, sistem pendidikan dapat lebih baik dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global, tanpa kehilangan esensi pengembangan potensi individu secara menyeluruh.

Daftar Pustaka

Kemendikbud. (2021). "Panduan Pelaksanaan Asesmen Nasional." Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Soedijarto. (2018). Pendidikan Nasional: Strategi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

UNESCO. (2020). "The Futures of Education: Learning to Become." United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.

Suharti, D. (2013). "Tren dan Tantangan Pendidikan di Indonesia." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 18-30.

Kompas.com. (2022). "Asesmen Nasional: Harapan Baru Evaluasi Pendidikan." Diakses dari www.kompas.com.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun