Mohon tunggu...
Dian Arisa
Dian Arisa Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang pendidik di taman kanak-kanak, itu adalah cita cita saya dari duduk di bangku sekolah menengah atas. Hobi saya travelling, kuliner jadul dan berkebun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Media Ketera Abjad Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pembelajaran di TK A

10 Desember 2022   06:06 Diperbarui: 10 Desember 2022   06:08 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

Kelompok A/ TK Kemiri 03/ Kebakkramat

Lingkup Pendidikan

PAUD Formal

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan menyimak penjelasan pembelajaran yang masih rendah

Penulis

Dian Ariska, S.Pd

Tanggal

13 Oktober 2022 dan 14 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktek belajar ini adalah:

Motivasi belajar yang rendah

Model pembelajaran yang monoton

Kesiapan belajar dari siswa sendiri dalam proses pembelajaran belum optimal

Metode yang digunakan belum bervariasi

Guru kurang memahami karakteristik siswa

Guru kurang  kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran

Peserta didik kurang  percaya diri

Guru kurang memahami metode pembelajaran yang disukai  peserta didik

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menyimak penjelasan pembelajaran di kelompok A yang masih rendah dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda

dalam praktik ini ?

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru, tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPPH, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Uraian Tantangan/ Penyebab Permasalahan terjadi :

Kurangnya media.

Kurang variasi kegiatan bermain,

Pembelajaran yang masih monoton

Pembelajaran masih berpusat pada guru

Kurangnya  motivasi dan apresiasi yang diberikan orang tua kepada peserta didik

Peserta didik belum terbiasa mengikuti pelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran yang ada.

Pemanfaatan TPACK di kelas harus dimaksimalkan

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa

Siapa saja yang terlibat ?

Guru, peserta didik, rekan guru, kepala sekolah.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah implementasi Solusi Pertemuan 1 dan Pertemuan 2.

Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.

Menentukan tema dan subtema pembelajaran yang dekat dengan anak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

Menyusun rencana pembelajaran yang memuatan kegiatan sesuai dengan solusi yaitu penerapan media konkret (memastikan di dalam RPPH memuat TPACK, HOTS dan STEAM)

Menyiapkan video pembelajaran yang menarik sesuai tema yang akan dipelajari

Melaksanakan pembelajaran pertemuan 1 dan pertemuan 2 sesuai  rencana yang telah disusun

Melakukan evaluasi dari pelaksanaan pertemuan 1 dan pertemuan 2, serta melihat bagaimana presentase ketuntasan belajar peserta didik dari prasiklus, pertemuan 1, sampai ke pertemuan 2

Strategi apa yang digunakan ?

A. METODE PEMBELAJARAN

1. Pendekatan : Saintifik

2. Model : Problem Based Learning

3. Metode :Ceramah,diskusi, tanya jawab,demonstrasi

B. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Media : Laptop, Video pembelajaran, APE

2. Sumber belajar : buku, bahan ajar dan video

C. MATERI PEMBELAJARAN

1. Video animasi dan penjelasan singkat tentang pembelajaran yang dilakukan

2. Kegiatan main 1: kereta abjad

3. kegiatan main 2: bermain lego membentuk kereta

4. kegiatan main 3: mewarnai gambar kereta

D. PENILAIAN PEMBELAJARAN

Seorang guru juga dituntut untuk menilai secara objektif dan menyeluruh dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik

Teknik Penilaian:

Ceklis

Anekdot

Hasil karya

Bagaimana prosesnya ?

Pendahuluan

Melakukan baris berbaris

Melakukan salam pembuka dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran

Penjelasan tentang tema yang akan dilakukan (apersepsi)

Kegiatan inti dengan tiga kegiatan bermain

Recalling

Kegiatan penutup

Siapa saja yang terlibat ?

Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku

guru,peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai

berikut :

Fasilitas yang ada disekolah seperti, ruang kelas

Jaringan internet

Laptop

3. Kamera,tripod.

4. Kameramen.

Sumber literatur:

Didukung dengan kajian literatur dari para ahli:

Menurut Supriyono(2018),menyatakan  bahwa  penggunaan  media  pembelajaran yang  kreatif  dapat  menarik  fokus  belajar  anak  sehingga  proses pembelajaran  terasa lebih menyenangkan. Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/0

Menurut Yulianti (2011: 8) media kereta abjad adalah media yang berbentuk kereta api yang memiliki rangkaian kereta atau gerbong, tiap-tiap gerbong ditulis satu huruf abjad sebagai penyalur belajar untuk meningkatkan kemampuan menyimak abjad

.https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/57867648/menyimk-libre.pdf?1543339693=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DUPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_MENYIMAK_AN.pdf&Expires=1663131991&Signature=SVuJrhRFtZvAcPLjCQ2s99JV31yQRnXYiTEcqjEhhJMlyPpl6OOfGW3JNQhUT0t72CV5qeZ33musdnma-OpC8mq4DYtapRsgwHHJ13VbINE5IKaR9Hm4ivmWqJV7jJHn6Y6ipWPzV9P5t5T1brb7513ocD1xQXpnJDNgORbkhyUk-ASWdg4xFry9U3wnSI04aEg5kn61tkwo5XyHyr1bpsbeEHzdtKhrGG4IYzjR4Dy7saOCJMrg5RyR2blq76WKQYu~tTadwejKRZcpRGBj22FwIXfU-nhfGc3lVESRRO7E66Vd--5aax3J7c3uyKD9CHbb4S6F4wBYwk3x3QSwPg__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Menurut Mar’atusholihah (2019) bantuan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. sehingga selama proses pembelajaran berlangsung guru juga lebih mudah menyampaikan materi yang akan disampaikan. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19411

 

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut :

1. Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penilaian

2. Berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik.

Intisari hasil wawancara.

Hasil wawancara dengan Titik Mulyani, S.Pd AUD selaku kepala sekolah di TK Kemiri 03  yang menyatakan kereta abjad mengenalkan jenis alat transportasi dan huruf-huruf abjad merupakan media yang inovatif yang dapat menarik perhatian siswa pada pembelajaran.

Hasil survei:

Mengenai upaya meningkatkan kemampuan menyimak penjelasan pembelajaran di kelompok A dengan media kereta abjad menyatakan setuju dan berpengaruh pada kemampuan belajar anak sehingga lebih mampu memperhatikan pembelajaran di kelas.

Faktor-faktor penunjang keberhasilan penyelesaian masalah.

Pembelajaran yang  bisa  saya  ambil dari seluruh proses yang terlaksana yaitu guru harus menjadi sosok inovatif , kreatif sertamampu  menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sehingga dapat merancang dan mengembangkan  model pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, yang tentunya akan berdampak positif pada pencapaian tujuan belajar

Guru harus merancang bagaimana agar ruang kelas senantiasa bersih dan tertatarapi tentunya akan hal ini menciptakanlingkungan belajar yang  kondusif sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar dengan baik dan penuh semangat.

Faktor-faktor ketidak keberhasilan penyelesaian masalah.

Penguasaan kelas pada saat penyampaian materi, masih ada anak yang tidak memperhatikan guru.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Pembelajaran dari keseluruhan proses praktik pembelajaran ini yaitu :

Meningkatkan kemampuan menyimak penjelasan pembelajaran pada kelompok A di TK Kemiri 03 Kebakkramat dengan media kereta abjad.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun