Mohon tunggu...
Diah Mardiah
Diah Mardiah Mohon Tunggu... Guru - Guru

seorang guru yang penuh semangat demi mewujudkan generasi penerus bangsa yang Berkarakter, beriman dan berakhlak. Mempunyai hobi membaca....semoga disini saya dapat menuangkan tulisan karya saya dan bermanfaat bagi semua pembaca..Aamiin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Naskah Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terintegrasi dengan TDBA

24 Januari 2023   09:56 Diperbarui: 24 Januari 2023   10:09 1071
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NASKAH DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI DENGAN TDBA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat membuat naskah pembelajaran terintegrasi TDBA dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjudul "Perilaku Terpuji " ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari naskah ini  naskah ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang perilaku hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan semua, terima kasih atas bantuannya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan naskah pembelajaran ini

Kemudian, saya menyadari bahwa naskah pembelajaran yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.

Purwakarta, Januari 2023

 

Penulis

 DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR .................................................................................1

NASKAH DESAIN PEMBELAJARAN ............................................................3

  • Identifikasi Sasaran dan Topik ..............................................................3
  • Sinopsis ...........................................................................................3
  • Treatment ........................................................................................4
  • Naskah Pembelajaran .........................................................................6
  • Naskah Vidio Pembelajaran .................................................................8

LAMPIRAN -- LAMPIRAN 

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .....................................................14
  • Materi Ajar.....................................................................................20
  • Daftar Hadir ...................................................................................22
  • Daftar Nilai .....................................................................................23

KESIMPULAN.........................................................................................26

PENUTUP.............. .................................................................................27

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................28

NASKAH DESAIN VIDIO PEMBELAJARAN 

TERINTEGRASI TDBA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Identifikasi Sasaran dan Topik

Nama Sekolah             :  SD Negeri 2 Sindangkasih

Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP)

Materi Pelajaran         :  5. Perilaku Terpuji

Topik                          :  Hidup Bersih dan Sehat

Sub Topik                   :  Mengelola sampah ( Organik dan Non Organik)

Kelas/Semester           :  2 (Dua)/1 (Satu)

Tahun Pelajaran          :  2022/2023

Alokasi Waktu            :  10 -- 15  Menit

Penulis                        : Diah Mardiah, S.Pd.I

Sinopsis 

Tatann di Bal Atikan dimaknai sebagai sebuah gerakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi dan berguru pada bumi yang terintegrasi dalam kegiatan pertanian berbasis Pancaniti, sehingga peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya. Dari definisi tersebut tergambar sebuah konsep pendidikan karakter.

Pancaniti berasal dari bahasa Sunda yaitu 'Panca' artinya lima dan 'Niti' adalah undakan atau tangga bisa juga dikatakan tahapan.

Lima tahapan Pancaniti tersebut adalah :

1. Niti Harti : Merupakan proses mendengar, membaca, melihat dan mengamati sehingga menemukan masalah & mengerti tujuan yang di harapkan.

2. Niti Surti : Tahapan pemahaman dari semua yang ditemui dan diaplikasikan ke tahap berikutnya dengan cara memaparkan secara verbal, solusi brainstorming , dan rancangan rencana proyek.

3. Niti Bukti : Bentuk pola tingkah laku keseharian dan penerapannya sebagai based practice dengan cara mengumpulkan dan memilih sumber data, melaksanakan proyek, menyimpulkan dan menuliskan tahapan proyek tersebut.

4. Niti Bakti : Merupakan tahapan pemecahan masalah, pembuktian, mendesign & membuat ulang juga mengevaluasi dengan analisis perbandingan , kesimpulan, umpan balik dan proses perbaikan.

5. Niti Sajati : tahapan terakhir yang berdasarkan proses belajar, pengamatan, pengalaman yang terintegrasi dan menghasilkan ilmu baru yang tidak terbantahkan melalui penilaian diri, persentasi, penyusunan laporan dan publikasi media

Pada video pembelajaran terintegrasi TDBA mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan topik Perilaku terpuji sub topik hidup bersih dan sehat ini dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa dan berakhlak mulia dengan memahami makna Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat . Menurut pandangan islam terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56, yang berbunyi :

"Dan janganlah membuat kerusakan dimuka bumi sesudah (Alloh) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan akan dikabulkan, sesungguhnya rahmat Alloh amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."Hadist tentang Hidup bersih dan Sehat. " Kebersihan itu Sebagian dari iman." ( HR. Muslim )

Dengan memahami ayat Al-Qur'an dan hadist tersebut tugas manusia merawat lingkungan melalui cara pengelolaan sampah. Diharapkan siswa dapat membedakan sampah yang organic dan non organic dan dapat mengolah sampah tersebut sehingga bermanfaat.

Treatment 

Langkah -langkah video pembelajaran ini Menggunakan penerapan pembelajaran berdiferensisasi dan sosial emosional dengan menentukan langkah sebagai berikut :

  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Mengenal ayat Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehat
  • Menunjukkan perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
  • Mengetahui dan memahami makna hidup Bersih dan Sehat dengan benar
  • Mengetahui dan memahami makna Peduli Lingkungan dengan benar dengan (mengelola sampah)
  • Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan 3  aspek
  • Kesiapan belajar murid
  • Minat belajar murid
  • Profil belajar

Dari ketiga aspek dalam video pembelajaran ini menganalisa kebutuhan belajar murid yang ingin dipenuhi adalah Minat Belajar murid sebelum pertanyaan Apersepsi pada awal video.

  • Menganalisis strategi pembelajaran dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi
  • Diferensiasi konten adalah apa yang kita ajarkan kepada murid, konten dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan murid, minat belajar murid dan profil belajar murid maupun kombinasi dari ketiganya.
  • Diferensiasi proses adalah proses mengacu pada bagaimana murid akan memahami dan memaknai apa yang dipelajari.
  • Diferensiasi produk adalah hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukkan murid kepada guru.

Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diferensiasi PROSES karna pada strategi ini bagaimana murid akan memahami dan memaknai apa yang dipelajari ( Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya ), Adapun keterkaitannya dengan pancaniti sebagai berikut :

  • Niti Surti ( Kompetensi Sosial /bertinteraksi sosial )
  • Niti Harti ( Kompetensi sosial emosional/ berinteraksi sosial )
  • Niti Bukti Berdiferensiasi Konten (Kompetensi sosial emosional/ interaksi sosial )
  • Niti Bakti Berdiferensiasi Proses ( interaksi sosial )
  • Niti Sajati Berdiferensiasi Produk dengan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
  • Membuat dan mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sosial Emosional
  • Melakukan strategi pembelajaran melalui assessment pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid. Dengan menggunakan model pembelajaran  Blended Learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video, jadi meskipun pelajar dan pengajar melakukan pembelajaran jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi sama sekali. ( Dikutip dari sibatik.kemendikbud.go.id, Yane Henadrita) mengungkapkan bahwa metode ini adalah salah satu metode yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif para pelajar)
  • Penilaian : Sikap  = Menunjukkan Perilaku terpuji dengan hidup bersih dan sehat

Pengetahuan = Dapat memahami dan mengelompokkan sampah sesuai jenisnya

Keterampilan = membuat komposter

Naskah Pembelajaran

Identifikasi Program

    • Program
    • Indikator Materi
    • Setelah menyaksikan tayangan video ini siswa dapat :
    • Menunjukkan perilaku terpuji dengan Hidup Bersih dan Sehat
    • Dapat mengelompokkan jenis sampah 
    • Dapat mengolah sampah menjadi bermanfaat

    • Sasaran
    • Usia anak Sekolah Dasar
    • Mata Pelajaran
    • Pendidikan Agama Islam
    • Topik/Judul
    • Perilaku Terpuji
    • Pokok -- Pokok Materi
    • Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat
    •  Menurut pandangan islam terdapat      beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56,

    • Hadist tentang hidup bersih dan sehat



    • "Kebersihan Sebagian dari iman" (HR. Muslim)

    • Contoh perilaku hidup bersih dan sehat
    • Lingkungan bersih
    • Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
    • Ruang kelas bersih
    • Cara Merawat sampah dengan mengelola sampah melalui 3 M ( Mengurangi, Memakai Kembali, mendaur ulang ) dengan Produk Membuat Komposter
    • Manfaat hidup bersih dan sehat
    • Disayang Alloh
    • Mempunyai banyak teman
    • Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
    • Tidak mudah terkena penyakit
    • Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas
    • Penutup Naskah
    • Refleksi
    • Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila.
    • Salam Penutup
    • Penulis Naskah
    • Diah Mardiah, S.Pd.I
    • Durasi
    • 10 -- 15 Menit

    • B. Naskah Vidio Pembelajaran
      • No
      • VISUAL
      • AUDIO
      • 1
      • Pembuka  : Menampilkan Gambar latar


      • Musik
      • 2
      • Perkenalan : Gambar dan tulisan


      • Narator dan Musik

      • Menyapa : Gambar dan tulisan
      • Narator
      • 3.
      • Latar Belakang gambar dan tulisan Topik


      • Narator dan Musik
      • 4
      • Menampilkan latar gambar dan tulisan  tujuan pembelajaran


      • Narator dan Musik
      • 5
      • Menampilkan gambar dan tulisan do'a Belajar

      • Narator
      • 6
      • Menampilkan gambar dan Gift : Apresiasi
      • Narator
      • 7
      • Menampilakan gambar dan tulisan point pembahasan
      • Narator
      • 8
      • Menampilakan Latar dan Tulisan Ayat al-qur'an
      • Narator
      • 9
      • Menampilkan Gambar pemandangan dan tulisan Hadist hidup Bersih
      • Narator
      • 10
      • Menampilakan latar dan gambar serta tulisan contoh hidup bersih dan sehat
      • Narator
      • 11
      • Menampilkan latar gambar lingkungan banjir, botol bekas dan sampah plastik dan Gift burung
      • Narator
      • 12
      • Menampilkan latar gambar, kantong plastik dan kantong bahan
      • Narator
      • 13
      • Menampilakan latar gambar, Baju bekas, anak pemulung ( sumber gambar geogle )
      • Narator
      • 14
      • Menampilkan latar gambar, gambar tempat pensil dari botol bekas, dan ecobrik
      • Narator
      • 15
      • Menampilkan gambar  , tulisan, gamba daun kerin, kulit jeruk dan sisa sayuran
      • Narator
      • 16
      • Menampilkan video praktek pembuatan komposter
      • Siswa SDN 2 Sindangkasih
      • 17
      • Menampilkan gambar memanfaatkan sampah : gambar ecobrik, tempat pensil, pot bunga
      • Musik dan Narator
      • 18
      • Menampilkan latar gambar dan tulisan manfaat hidup bersih
      • Musik dan Narator
      • 19
      • Menampilkan gambar profil pelajar Pancasila dan tulisan refleksi
      • Musik dan Narator
      • 20
      • Menampilkan latar gambar dan tulisan nyayian disini bersih
      • Musik dan Narator
      • 21
      • Penutup : menampilkan gambar dan tulisan
      • Musik dan Narator

    • Media yang digunakan Media gambar dan media tulis ( Vidio Pembelajaran Audio Visual ) , alasannya, karena

      • Penyajian menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi baik animasi huruf, gambar atau foto
      • Media dapat diperbanyak dan bisa di ulang karna tidak semua siswa jika dijelaskan materi langsung faham
      • Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik
      • Dapat meningkatkan hasil belajar dengan waktu dan biaya yang relative kecil
      • Dapat menambahkan kualitas belajar siswa

        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
        BERDIFERENSIASI
         

      • Nama Sekolah             : SD Negeri 2 Sindangkasih
      • Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP)
      • Materi Pelajaran         : 5. Perilaku Terpuji
      • Sub Topik                   :   Hidup Bersih dan Sehat
      • Kelas/Semester           : 2 (Dua)/1 (Satu)
      • Tahun Pelajaran          : 2022/2023
      • Alokasi Waktu            : 2JP
      • Capaian Pembelajaran 
        • Menyebutkan contoh perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
        •  Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
      • Tujuan Pembelajaran
        • Peserta didik mampu:
        •  Mengenal Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehat 
        • Menunjukkan perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
        •  Mengetahui dan memahami makna hidup Bersih dan Sehat dengan benar
        • Mengetahui dan memahami makna Peduli Lingkungan dengan benar dengan (mengelola sampah)
      • Sumber Belajar
        • Buku Paket PAI kelas 2
        • Buku Tematik kelas 2
        • Lingkungan Sekitar Sekolah
        • Internet
      • Media Pembelajaran
        • Gambar dari Aplikasi
        • Foto/video
      • Model Pembelajaran
        • Blended Learning
      • Kegiatan Pembelajaran
        •  Pendahuluan:
      • guru menyapa peserta didik dan membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo'a(kesadaran diri)
      • menyapa peserta didik menanyakan perasaannya hari itu apakah senang, sebal, kesal dll (pengenalan emosi-pengelolaan diri)
      • meminta peserta didik menghentikan sejenak aktivitasnya, duduk senyaman mungkin, menarik dan mengeluarkan napas melalui hidung Bersama (Kesadaran diri - pengenalan emosi, teknik: STOP dan berdo'a)
      • Mengecek kehadiran peserta didik (kesadaran sosial)
      • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
      • Menjelaskan terkait urutan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan ini (skenario). Menjelaskan tentang penilaian yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.     
      • Kegiatan Inti
        • Apersepsi dan Motivasi
      • Peserta didik mempelajari dan memahami materi pelajaran berupa modul/video pembelajaran tentang Bersih dan Sehat yang diunggah oleh guru.
      •  Peserta didik mempelajari dan memahami materi pelajaran berupa modul/video pembelajaran tentang Peduli Lingkungan yang diunggah oleh guru.
      • Peserta didik mampu memahami Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehat
      • Peserta didik mengerjakan tugas dari guru tentang materi Bersih dan Sehat dengan mengelola sampah menjadi bermanfaat ( pembuatan komposter )
      • Peserta didik memahami manfaat hidup bersih dan sehat
      • Refleksi dan konfirmasi:
        • -- Guru membimbing peserta didik dalam belajar memahami materi (Niti harti  dan Niti Surti )
        • -- Guru membimbing siswa dalam mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya ( Niti Bukti )
        • -- Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran, ( Niti Bakti )
        • -- Peserta didik mampu mengelompokkan sampah sesuai jenisnya ( Niti Sajati )( pengambilan keputusan yang bertanggung jawab )
      • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
      • Untuk mengukur keberhasilan pembelajaran siswa dapat menunjukkan perilaku dan pengetahuan tentang hasil pengelompokan sampah berdasarkan minat siswa diferensiasi proses

      • Penutup Pembelajaran
        • Peserta didik dan guru merefleksikan hasil kegiatan
        •   Guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan
        • Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
        • Guru dan peserta didik berdoa
      • Penilaian
      • -- Sikap Spiritual:
      • Observasi dalam menjawab salam, mengungkapkan rasa syukur, berdoa selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring

      • -- Sikap Sosial:
      • Observasi keaktifan, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring.

      • -- Pengetahuan
      • Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan materi Hidup Bersih dan Sehat

      • Proyek : pembuatan komposter dari sisa makanan( Tindak Lanjut )

      • -- Keterampilan
      • Peserta didik mengerjakan tugas tentang materi Hidup Bersih dan Sehat. Dengan membuat komposter dari sisa makanan  dan keterampilan dari botol bekas.
      • Kriteria penilaian
    • NO

      PERTANYAAN

      JAWABAN

      SKOR MAKSIMUM

      1

      Sebutkan contoh perilaku hidup bersih dan sehat ?

      • Lingkungan bersih
      • Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
      • Ruang kelas bersih

      4

      2

      Sebutkan Jenis sampah Organik ?

      Daun kering, sisa makanan dan sayuran

      4

      3

      Sebutkan jenis sampah non organic ?

      Sampah plastic dan botol bekas

      4

      4

      Sebutkan manfaat hidup bersih

      • Disayang Alloh
      • Mempunyai banyak teman
      • Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
      • Tidak mudah terkena penyakit
      • Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas

      4

      5

      Sebutkan cara merawat lingkungan ?

      Melalui 3 M

      Mengurangi, Memakai Kembali dan mendaur ulang.

      4

      SCORE MAKSIMUM

      20

      Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 100

                                  Jumlah skor maksimal (20)

      Lembar Penilaian

      Sikap                 : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam berperilaku

      Pengetahuan      : Menunjukkan pengetahuan tentang merawat lingkungan memilih sampah sesuai jenisnya 

      Keterampilan     : Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya

      Strategi               : Observasi

      No

      Nama Siswa

      Penilaian sikap

      Disiplin

      Tanggungjawab

      Mandiri

      SB   B  C   K

      SB   B    C       K

      SB  B  C  K

      1

      2

      3

      4

      Dst

      Kriteria Penilaian

      SB

      B

      C

      K

      Disiplin

      Selalu disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

      Sering disiplin dalan mengikuti proses pembelajaran

      Kadang-kadang disipkin dalam mengikuti proses pembelajaran

      Tidak pernah disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

      Tanggung jawab

      Selalu tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas

      Sering tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas

      Kadang- kadang tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas

      Tidak pernah tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas

      Mandiri

      Selalu mandiri dalam melaksanakan tugas

      Sering mandiri dalam melaksanakan tugas

      Kadang -- kadang  mandiri dalam melaksanakan tugas

      Tidak pernah mandiri dalam melaksanakan tugas

                                                                                                                      

      Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

      Strategi : unjuk Kerja

      Alat       : Cheklist

      Indikator Pngetahuan : Menunjukkan Pengetahuan tentang Merawat Lingkungan

      Indikator Keterampilan : Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya

      Nama Murid

      Tercapai

      Berkembang

      Baru Mulai Terlihat

      Catatan

      1

       

       

       

       

      2

       

       

       

       

      3

       

       

       

       

      4

       

       

       

       

      5

       

       

       

       

      6

       

       

       

       

      7

       

       

       

       

      8

      Dst 

       

       

       

      KRITERIA PENILAIAN

      TERCAPAI                          : Siswa mampu menunjjukan pengetahuan tentang merawat lingkungan

      BERKEMBANG                  : Siswa cukup mampu menunnjukka pengetahuan tentang merawat lingkungan

      BARU MULAI TERLIHAT : Siswa belum mampu menunjukka pengetahuan tentang  merawat lingkungan                                                                                                                                                      

    • MATERI AJAR

      • A.        Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat
      •  Menurut pandangan islam terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56, yang berbunyi :

      • "Dan janganlah membuat kerusakan dimuka bumi sesudah (Alloh) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan akan dikabulkan, sesungguhnya rahmat Alloh amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."
      • Makna yang terkandung pada ayat tersebut menunjukan bahwa manusia mempunyai tugas untuk memelihara bumi sebagai tempat hidupnya yang baik.
      • B.        Hadist tentang hidup bersih dan sehat



      • "Kebersihan Sebagian dari iman" (HR. Muslim)
      • C.        Contoh perilaku hidup bersih dan sehat
      • 1.         Lingkungan bersih
      • 2.         Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
      • 3.         Ruang kelas bersih
      • D.        Cara Merawat lingkungan ( pengelolaan Sampah )
      • Anak- anak yang soleh dan solehah...coba perhatikan apa yang dipegang ibu...iya botol
      • Coba kita bayangkan apabila kita membuang botol ini sembarangan, dan botol itu menumpuk di selokan .... apa yang akan terjadi.... " Banjir"
      • Nah, sekarang untuk mengurangi sampah ini adanya pengelolaan sampah, dengan cara 3 M
      • Mengurangi
      • Memakai Kembali
      • Mendaur Ulang
      • M yang pertama Mengurangi penggunaan bahan -- bahan yang mencemari lingkungan contohnya adalah kita bisa mengganti yang biasa menggunakan kantong plastik kita ganti dengan kantong dari bahan agar bisa digunakan berulang -- ulang
      • M yang kedua memakai Kembali contohnya jika kita mempunyai baju bekas di rumah yang masih bisa layak pakai jangan dibuang kita bisa gunakan Kembali dengan cara memberikan kepada orang yang membutuhkan seperti sodara, tetangga dll
      • M yang ketiga mendaur ulang contohnya botol bekas bisa digunakan menjadi tempat pensil , ecobric dll
      • Anak- anak kalian tau bahwa sampah itu terbagi menjadi 2 jenis lho
      • 1.         Sampah organic adalah sampah yang mudah terurai contohnya kulit jeruk, daun kering, sisa makanan dan sayuran
      •     contoh pengolahan nya
      •     Pembuatan Kompos dari sisa makanan dan buah
      • 2.         Sampah Nonorganik adalah sampah yang sulit teruarai contohnya botol plastic, kantong plastic
      •       contoh pengolahan nya
      •                        Ecobrik dari botol bekas dan plastik   
      • Nah benda yang sulit terurai tadi jika dibuang ke tanah akan mencemari tanah jadi jangan dibuang ya ....
      • E.         Manfaat hidup bersih dan sehat
      • 1.         Disayang Alloh
      • 2.         Mempunyai banyak teman
      • 3.         Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
      • 4.         Tidak mudah terkena penyakit
      • 5.         Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas
      • F.         Refleksi

Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila.

Demikian pembelajaran kali ini, jangan lupa biasakan hidup bersih dan kumpulkan sampah- sampah sesuai dengan jenisnya supaya menjadi bermanfaat agar mengurangi pencemaran lingkungan. Salam sehat Selalu.....

Kita tutup dengan membaca Hamdalah .....Alhamdulillah

 

KESIMPULAN

Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT dengan menunjukkan perilaku terpuji merawat lingkungan dengan mengelola sampah sehingga bermanfaat . dan pembelajaran berbasis pancaniti ini sangat berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tatann di Bal Atikan dimaknai sebagai sebuah gerakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi dan berguru pada bumi yang terintegrasi dalam kegiatan pertanian berbasis Pancaniti, sehingga peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya.

Demikian pembelajaran kali ini, jangan lupa biasakan hidup bersih dan kumpulkan sampah- sampah sesuai dengan jenisnya sampah Organik dan Non Organik supaya menjadi bermanfaat agar mengurangi pencemaran lingkungan. Semoga bermanfaat

 

Keterangan

Berikut link Vidio Pembelajaran Terintegrasi TDBA mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai Desain Klik di bawah

Link Vidio Pembelajaran

https://drive.google.com/file/d/1dEa3cM5UX6kUX8ACHw_rdmA-Ei0UH9Wh/view?usp=drivesdk

Link Poster

https://drive.google.com/file/d/1cR8Wy1yzmhda-xkpTlPIiJHtTctSww-D/view?usp=drivesdk

https://drive.google.com/file/d/1cmEq9aDW6ZPzV99Bsfgq3LpT_zGuT5uG/view?usp=drivesdk

PENUTUP  

Pendidikan harus mendapatkan perhatian yang serius bagi setiap bangsa, karena dengan pendidikan akan dapat dilihat maju mundurnya suatu bangsa. Tentu saja bangsa Indonesia tidak mau hidup terbelakang akibat aspek pendidikan tidak mendapat porsi yang cukup dengan beriringnya berbagai kemajuan di bidang lain.

Hal yang mendasar bagi pembangunan pendidikan dipengaruhi oleh dimensi kepemimpinan atau pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah.

Pemberlakuan pendidikan karakter Tatanen di Atikan ini untuk memberdayakan dan membangun  karakter pada generasi murid yang mencerminkan profil pelajar Pancasila.

Oleh karena itu, kebijakan pemimpin daerah dalam TDBA ini dapat merata sehingga kesenjangan tidak lagi terjadi. Namun kita harus menyadari masalah pembangunan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak

Harmoni Seiisi Bumi


Terimakasih

 DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sadun dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dikutip dari sibatik.kemendikbud.go.id, Yane Henadrit

            BNSP.006. Standar isi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI. Jakarta: Diponegoro.

Internet ( Geogle, dan Aplikasi VN )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun