NASKAH DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI DENGAN TDBA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat membuat naskah pembelajaran terintegrasi TDBA dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjudul "Perilaku Terpuji " ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari penulisan dari naskah ini  naskah ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang perilaku hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari bagi para pembaca dan juga bagi penulis.
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan semua, terima kasih atas bantuannya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan naskah pembelajaran ini
Kemudian, saya menyadari bahwa naskah pembelajaran yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.
Purwakarta, Januari 2023
Â
Penulis
 DAFTAR ISIÂ
KATA PENGANTAR .................................................................................1
NASKAH DESAIN PEMBELAJARAN ............................................................3
- Identifikasi Sasaran dan Topik ..............................................................3
- Sinopsis ...........................................................................................3
- Treatment ........................................................................................4
- Naskah Pembelajaran .........................................................................6
- Naskah Vidio Pembelajaran .................................................................8
LAMPIRAN -- LAMPIRANÂ
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .....................................................14
- Materi Ajar.....................................................................................20
- Daftar Hadir ...................................................................................22
- Daftar Nilai .....................................................................................23
KESIMPULAN.........................................................................................26
PENUTUP.............. .................................................................................27
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................28
NASKAH DESAIN VIDIO PEMBELAJARANÂ
TERINTEGRASI TDBA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Identifikasi Sasaran dan Topik
Nama Sekolah       :  SD Negeri 2 Sindangkasih
Mata Pelajaran       :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP)
Materi Pelajaran     :  5. Perilaku Terpuji
Topik              :  Hidup Bersih dan Sehat
Sub Topik          :  Mengelola sampah ( Organik dan Non Organik)
Kelas/Semester      :  2 (Dua)/1 (Satu)
Tahun Pelajaran      :  2022/2023
Alokasi Waktu       :  10 -- 15  Menit
Penulis             : Diah Mardiah, S.Pd.I
SinopsisÂ
Tatann di Bal Atikan dimaknai sebagai sebuah gerakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi dan berguru pada bumi yang terintegrasi dalam kegiatan pertanian berbasis Pancaniti, sehingga peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya. Dari definisi tersebut tergambar sebuah konsep pendidikan karakter.
Pancaniti berasal dari bahasa Sunda yaitu 'Panca' artinya lima dan 'Niti' adalah undakan atau tangga bisa juga dikatakan tahapan.
Lima tahapan Pancaniti tersebut adalah :
1. Niti Harti : Merupakan proses mendengar, membaca, melihat dan mengamati sehingga menemukan masalah & mengerti tujuan yang di harapkan.
2. Niti Surti : Tahapan pemahaman dari semua yang ditemui dan diaplikasikan ke tahap berikutnya dengan cara memaparkan secara verbal, solusi brainstorming , dan rancangan rencana proyek.
3. Niti Bukti : Bentuk pola tingkah laku keseharian dan penerapannya sebagai based practice dengan cara mengumpulkan dan memilih sumber data, melaksanakan proyek, menyimpulkan dan menuliskan tahapan proyek tersebut.
4. Niti Bakti : Merupakan tahapan pemecahan masalah, pembuktian, mendesign & membuat ulang juga mengevaluasi dengan analisis perbandingan , kesimpulan, umpan balik dan proses perbaikan.
5. Niti Sajati : tahapan terakhir yang berdasarkan proses belajar, pengamatan, pengalaman yang terintegrasi dan menghasilkan ilmu baru yang tidak terbantahkan melalui penilaian diri, persentasi, penyusunan laporan dan publikasi media
Pada video pembelajaran terintegrasi TDBA mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan topik Perilaku terpuji sub topik hidup bersih dan sehat ini dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa dan berakhlak mulia dengan memahami makna Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat . Menurut pandangan islam terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56, yang berbunyi :
"Dan janganlah membuat kerusakan dimuka bumi sesudah (Alloh) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan akan dikabulkan, sesungguhnya rahmat Alloh amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."Hadist tentang Hidup bersih dan Sehat. " Kebersihan itu Sebagian dari iman." ( HR. Muslim )
Dengan memahami ayat Al-Qur'an dan hadist tersebut tugas manusia merawat lingkungan melalui cara pengelolaan sampah. Diharapkan siswa dapat membedakan sampah yang organic dan non organic dan dapat mengolah sampah tersebut sehingga bermanfaat.
TreatmentÂ
Langkah -langkah video pembelajaran ini Menggunakan penerapan pembelajaran berdiferensisasi dan sosial emosional dengan menentukan langkah sebagai berikut :
- Menentukan tujuan pembelajaran
- Mengenal ayat Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehat
- Menunjukkan perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
- Mengetahui dan memahami makna hidup Bersih dan Sehat dengan benar
- Mengetahui dan memahami makna Peduli Lingkungan dengan benar dengan (mengelola sampah)
- Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan 3 Â aspek
- Kesiapan belajar murid
- Minat belajar murid
- Profil belajar
Dari ketiga aspek dalam video pembelajaran ini menganalisa kebutuhan belajar murid yang ingin dipenuhi adalah Minat Belajar murid sebelum pertanyaan Apersepsi pada awal video.
- Menganalisis strategi pembelajaran dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi
- Diferensiasi konten adalah apa yang kita ajarkan kepada murid, konten dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan murid, minat belajar murid dan profil belajar murid maupun kombinasi dari ketiganya.
- Diferensiasi proses adalah proses mengacu pada bagaimana murid akan memahami dan memaknai apa yang dipelajari.
- Diferensiasi produk adalah hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukkan murid kepada guru.
Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diferensiasi PROSES karna pada strategi ini bagaimana murid akan memahami dan memaknai apa yang dipelajari ( Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya ), Adapun keterkaitannya dengan pancaniti sebagai berikut :
- Niti Surti ( Kompetensi Sosial /bertinteraksi sosial )
- Niti Harti ( Kompetensi sosial emosional/ berinteraksi sosial )
- Niti Bukti Berdiferensiasi Konten (Kompetensi sosial emosional/ interaksi sosial )
- Niti Bakti Berdiferensiasi Proses ( interaksi sosial )
- Niti Sajati Berdiferensiasi Produk dengan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
- Membuat dan mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sosial Emosional
- Melakukan strategi pembelajaran melalui assessment pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid. Dengan menggunakan model pembelajaran  Blended Learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video, jadi meskipun pelajar dan pengajar melakukan pembelajaran jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi sama sekali. ( Dikutip dari sibatik.kemendikbud.go.id, Yane Henadrita) mengungkapkan bahwa metode ini adalah salah satu metode yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif para pelajar)
- Penilaian : Sikap  = Menunjukkan Perilaku terpuji dengan hidup bersih dan sehat
Pengetahuan = Dapat memahami dan mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
Keterampilan = membuat komposter
Naskah Pembelajaran
Identifikasi Program
- Program
- Pembelajaran Terintegrasi
- Indikator Materi
- Setelah menyaksikan tayangan video ini siswa dapat :
- Menunjukkan perilaku terpuji dengan Hidup Bersih dan Sehat
- Dapat mengelompokkan jenis sampahÂ
- Dapat mengolah sampah menjadi bermanfaat
- Sasaran
- Usia anak Sekolah Dasar
- Mata Pelajaran
- Pendidikan Agama Islam
- Topik/Judul
- Perilaku Terpuji
- Pokok -- Pokok Materi
- Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat
-  Menurut pandangan islam terdapat    beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56,
- Hadist tentang hidup bersih dan sehat
- "Kebersihan Sebagian dari iman" (HR. Muslim)
- Contoh perilaku hidup bersih dan sehat
- Lingkungan bersih
- Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
- Ruang kelas bersih
- Cara Merawat sampah dengan mengelola sampah melalui 3 M ( Mengurangi, Memakai Kembali, mendaur ulang ) dengan Produk Membuat Komposter
- Manfaat hidup bersih dan sehat
- Disayang Alloh
- Mempunyai banyak teman
- Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
- Tidak mudah terkena penyakit
- Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas
- Penutup Naskah
- Refleksi
- Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila.
- Salam Penutup
- Penulis Naskah
- Diah Mardiah, S.Pd.I
- Durasi
- 10 -- 15 Menit
- B. Naskah Vidio Pembelajaran
- No
- VISUAL
- AUDIO
- 1
- Pembuka  : Menampilkan Gambar latar
- Musik
- 2
- Perkenalan : Gambar dan tulisan
- Narator dan Musik
- Menyapa : Gambar dan tulisan
- Narator
- 3.
- Latar Belakang gambar dan tulisan Topik
- Narator dan Musik
- 4
- Menampilkan latar gambar dan tulisan  tujuan pembelajaran
- Narator dan Musik
- 5
- Menampilkan gambar dan tulisan do'a Belajar
- Narator
- 6
- Menampilkan gambar dan Gift : Apresiasi
- Narator
- 7
- Menampilakan gambar dan tulisan point pembahasan
- Narator
- 8
- Menampilakan Latar dan Tulisan Ayat al-qur'an
- Narator
- 9
- Menampilkan Gambar pemandangan dan tulisan Hadist hidup Bersih
- Narator
- 10
- Menampilakan latar dan gambar serta tulisan contoh hidup bersih dan sehat
- Narator
- 11
- Menampilkan latar gambar lingkungan banjir, botol bekas dan sampah plastik dan Gift burung
- Narator
- 12
- Menampilkan latar gambar, kantong plastik dan kantong bahan
- Narator
- 13
- Menampilakan latar gambar, Baju bekas, anak pemulung ( sumber gambar geogle )
- Narator
- 14
- Menampilkan latar gambar, gambar tempat pensil dari botol bekas, dan ecobrik
- Narator
- 15
- Menampilkan gambar  , tulisan, gamba daun kerin, kulit jeruk dan sisa sayuran
- Narator
- 16
- Menampilkan video praktek pembuatan komposter
- Siswa SDN 2 Sindangkasih
- 17
- Menampilkan gambar memanfaatkan sampah : gambar ecobrik, tempat pensil, pot bunga
- Musik dan Narator
- 18
- Menampilkan latar gambar dan tulisan manfaat hidup bersih
- Musik dan Narator
- 19
- Menampilkan gambar profil pelajar Pancasila dan tulisan refleksi
- Musik dan Narator
- 20
- Menampilkan latar gambar dan tulisan nyayian disini bersih
- Musik dan Narator
- 21
- Penutup : menampilkan gambar dan tulisan
- Musik dan Narator
Media yang digunakan Media gambar dan media tulis ( Vidio Pembelajaran Audio Visual ) , alasannya, karena
- Penyajian menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi baik animasi huruf, gambar atau foto
- Media dapat diperbanyak dan bisa di ulang karna tidak semua siswa jika dijelaskan materi langsung faham
- Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik
- Dapat meningkatkan hasil belajar dengan waktu dan biaya yang relative kecil
- Dapat menambahkan kualitas belajar siswa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
 - Nama Sekolah       : SD Negeri 2 Sindangkasih
- Mata Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP)
- Materi Pelajaran     : 5. Perilaku Terpuji
- Sub Topik          :  Hidup Bersih dan Sehat
- Kelas/Semester      : 2 (Dua)/1 (Satu)
- Tahun Pelajaran      : 2022/2023
- Alokasi Waktu       : 2JP
- Capaian PembelajaranÂ
- Menyebutkan contoh perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
- Â Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu:
- Â Mengenal Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehatÂ
- Menunjukkan perilaku terpuji hidup bersih dan sehat
- Â Mengetahui dan memahami makna hidup Bersih dan Sehat dengan benar
- Mengetahui dan memahami makna Peduli Lingkungan dengan benar dengan (mengelola sampah)
- Sumber Belajar
- Buku Paket PAI kelas 2
- Buku Tematik kelas 2
- Lingkungan Sekitar Sekolah
- Internet
- Media Pembelajaran
- Gambar dari Aplikasi
- Foto/video
- Model Pembelajaran
- Blended Learning
- Kegiatan Pembelajaran
- Â Pendahuluan:
- guru menyapa peserta didik dan membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo'a(kesadaran diri)
- menyapa peserta didik menanyakan perasaannya hari itu apakah senang, sebal, kesal dll (pengenalan emosi-pengelolaan diri)
- meminta peserta didik menghentikan sejenak aktivitasnya, duduk senyaman mungkin, menarik dan mengeluarkan napas melalui hidung Bersama (Kesadaran diri - pengenalan emosi, teknik: STOP dan berdo'a)
- Mengecek kehadiran peserta didik (kesadaran sosial)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Menjelaskan terkait urutan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan ini (skenario). Menjelaskan tentang penilaian yang akan dilakukan selama proses pembelajaran. Â Â Â
- Kegiatan Inti
- Apersepsi dan Motivasi
- Peserta didik mempelajari dan memahami materi pelajaran berupa modul/video pembelajaran tentang Bersih dan Sehat yang diunggah oleh guru.
- Â Peserta didik mempelajari dan memahami materi pelajaran berupa modul/video pembelajaran tentang Peduli Lingkungan yang diunggah oleh guru.
- Peserta didik mampu memahami Alqur'an dan hadis tentang hidup bersih dan sehat
- Peserta didik mengerjakan tugas dari guru tentang materi Bersih dan Sehat dengan mengelola sampah menjadi bermanfaat ( pembuatan komposter )
- Peserta didik memahami manfaat hidup bersih dan sehat
- Refleksi dan konfirmasi:
- -- Guru membimbing peserta didik dalam belajar memahami materi (Niti harti  dan Niti Surti )
- -- Guru membimbing siswa dalam mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya ( Niti Bukti )
- -- Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran, ( Niti Bakti )
- -- Peserta didik mampu mengelompokkan sampah sesuai jenisnya ( Niti Sajati )( pengambilan keputusan yang bertanggung jawab )
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
- Untuk mengukur keberhasilan pembelajaran siswa dapat menunjukkan perilaku dan pengetahuan tentang hasil pengelompokan sampah berdasarkan minat siswa diferensiasi proses
- Penutup Pembelajaran
- Peserta didik dan guru merefleksikan hasil kegiatan
- Â Guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan
- Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa
- Penilaian
- -- Sikap Spiritual:
- Observasi dalam menjawab salam, mengungkapkan rasa syukur, berdoa selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring
- Penutup Pembelajaran
- -- Sikap Sosial:
- Observasi keaktifan, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring.
- -- Pengetahuan
- Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan materi Hidup Bersih dan Sehat
- Proyek : pembuatan komposter dari sisa makanan( Tindak Lanjut )
- -- Keterampilan
- Peserta didik mengerjakan tugas tentang materi Hidup Bersih dan Sehat. Dengan membuat komposter dari sisa makanan  dan keterampilan dari botol bekas.
- Kriteria penilaian
NO
PERTANYAAN
JAWABAN
SKOR MAKSIMUM
1
Sebutkan contoh perilaku hidup bersih dan sehat ?
- Lingkungan bersih
- Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
- Ruang kelas bersih
4
2
Sebutkan Jenis sampah Organik ?
Daun kering, sisa makanan dan sayuran
4
3
Sebutkan jenis sampah non organic ?
Sampah plastic dan botol bekas
4
4
Sebutkan manfaat hidup bersih
- Disayang Alloh
- Mempunyai banyak teman
- Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
- Tidak mudah terkena penyakit
- Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas
4
5
Sebutkan cara merawat lingkungan ?
Melalui 3 M
Mengurangi, Memakai Kembali dan mendaur ulang.
4
SCORE MAKSIMUM
20
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 100
              Jumlah skor maksimal (20)
Lembar Penilaian
Sikap         : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam berperilaku
Pengetahuan    : Menunjukkan pengetahuan tentang merawat lingkungan memilih sampah sesuai jenisnyaÂ
Keterampilan   : Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
Strategi        : Observasi
No
Nama Siswa
Penilaian sikap
Disiplin
Tanggungjawab
Mandiri
SB Â B Â C Â K
SB Â B Â Â C Â Â Â K
SB Â B Â C Â K
1
2
3
4
Dst
Kriteria Penilaian
SB
B
C
K
Disiplin
Selalu disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran
Sering disiplin dalan mengikuti proses pembelajaran
Kadang-kadang disipkin dalam mengikuti proses pembelajaran
Tidak pernah disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran
Tanggung jawab
Selalu tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas
Sering tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas
Kadang- kadang tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas
Tidak pernah tanggungjaawab dalam melaksanakan tugas
Mandiri
Selalu mandiri dalam melaksanakan tugas
Sering mandiri dalam melaksanakan tugas
Kadang -- kadang  mandiri dalam melaksanakan tugas
Tidak pernah mandiri dalam melaksanakan tugas
                                                        Â
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Strategi : unjuk Kerja
Alat    : Cheklist
Indikator Pngetahuan : Menunjukkan Pengetahuan tentang Merawat Lingkungan
Indikator Keterampilan : Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
Nama Murid
Tercapai
Berkembang
Baru Mulai Terlihat
Catatan
1
Â
Â
Â
Â
2
Â
Â
Â
Â
3
Â
Â
Â
Â
4
Â
Â
Â
Â
5
Â
Â
Â
Â
6
Â
Â
Â
Â
7
Â
Â
Â
Â
8
DstÂ
Â
Â
Â
KRITERIA PENILAIAN
TERCAPAI Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Siswa mampu menunjjukan pengetahuan tentang merawat lingkungan
BERKEMBANG Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Siswa cukup mampu menunnjukka pengetahuan tentang merawat lingkungan
BARU MULAI TERLIHAT : Siswa belum mampu menunjukka pengetahuan tentang  merawat lingkungan                                                                           Â
MATERI AJAR
- A. Â Â Â Â Ayat Al-quran tentang hidup bersih dan sehat
- Â Menurut pandangan islam terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan pelestarian alam (merawat bumi), salah satunya tersurat dalam Al-Quran surat Al-Arof ayat 56, yang berbunyi :
- "Dan janganlah membuat kerusakan dimuka bumi sesudah (Alloh) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan akan dikabulkan, sesungguhnya rahmat Alloh amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."
- Makna yang terkandung pada ayat tersebut menunjukan bahwa manusia mempunyai tugas untuk memelihara bumi sebagai tempat hidupnya yang baik.
- B. Â Â Â Â Hadist tentang hidup bersih dan sehat
- "Kebersihan Sebagian dari iman" (HR. Muslim)
- C. Â Â Â Â Contoh perilaku hidup bersih dan sehat
- 1. Â Â Â Â Lingkungan bersih
- 2. Â Â Â Â Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku terpuji
- 3. Â Â Â Â Ruang kelas bersih
- D. Â Â Â Â Cara Merawat lingkungan ( pengelolaan Sampah )
- Anak- anak yang soleh dan solehah...coba perhatikan apa yang dipegang ibu...iya botol
- Coba kita bayangkan apabila kita membuang botol ini sembarangan, dan botol itu menumpuk di selokan .... apa yang akan terjadi.... " Banjir"
- Nah, sekarang untuk mengurangi sampah ini adanya pengelolaan sampah, dengan cara 3 M
- Mengurangi
- Memakai Kembali
- Mendaur Ulang
- M yang pertama Mengurangi penggunaan bahan -- bahan yang mencemari lingkungan contohnya adalah kita bisa mengganti yang biasa menggunakan kantong plastik kita ganti dengan kantong dari bahan agar bisa digunakan berulang -- ulang
- M yang kedua memakai Kembali contohnya jika kita mempunyai baju bekas di rumah yang masih bisa layak pakai jangan dibuang kita bisa gunakan Kembali dengan cara memberikan kepada orang yang membutuhkan seperti sodara, tetangga dll
- M yang ketiga mendaur ulang contohnya botol bekas bisa digunakan menjadi tempat pensil , ecobric dll
- Anak- anak kalian tau bahwa sampah itu terbagi menjadi 2 jenis lho
- 1. Â Â Â Â Sampah organic adalah sampah yang mudah terurai contohnya kulit jeruk, daun kering, sisa makanan dan sayuran
- Â Â contoh pengolahan nya
- Â Â Pembuatan Kompos dari sisa makanan dan buah
- 2. Â Â Â Â Sampah Nonorganik adalah sampah yang sulit teruarai contohnya botol plastic, kantong plastic
- Â Â Â contoh pengolahan nya
-             Ecobrik dari botol bekas dan plastik  Â
- Nah benda yang sulit terurai tadi jika dibuang ke tanah akan mencemari tanah jadi jangan dibuang ya ....
- E. Â Â Â Â Manfaat hidup bersih dan sehat
- 1. Â Â Â Â Disayang Alloh
- 2. Â Â Â Â Mempunyai banyak teman
- 3. Â Â Â Â Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
- 4. Â Â Â Â Tidak mudah terkena penyakit
- 5. Â Â Â Â Anak yang menjaga kebersihan dan Kesehatan umumya menjadi anak yang pandai dan cerdas
- F. Â Â Â Â Refleksi
Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila.
Demikian pembelajaran kali ini, jangan lupa biasakan hidup bersih dan kumpulkan sampah- sampah sesuai dengan jenisnya supaya menjadi bermanfaat agar mengurangi pencemaran lingkungan. Salam sehat Selalu.....
Kita tutup dengan membaca Hamdalah .....Alhamdulillah
Â
KESIMPULAN
Dengan kita hidup bersih dan sehat, dengan merawat lingkungan melalui  pengolahan sampah sehingga bermanfaat. Maka kita sudah menuju kepada terbentuknya Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT dengan menunjukkan perilaku terpuji merawat lingkungan dengan mengelola sampah sehingga bermanfaat . dan pembelajaran berbasis pancaniti ini sangat berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tatann di Bal Atikan dimaknai sebagai sebuah gerakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi dan berguru pada bumi yang terintegrasi dalam kegiatan pertanian berbasis Pancaniti, sehingga peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya.
Demikian pembelajaran kali ini, jangan lupa biasakan hidup bersih dan kumpulkan sampah- sampah sesuai dengan jenisnya sampah Organik dan Non Organik supaya menjadi bermanfaat agar mengurangi pencemaran lingkungan. Semoga bermanfaat
Â
Keterangan
Berikut link Vidio Pembelajaran Terintegrasi TDBA mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai Desain Klik di bawah
Link Vidio Pembelajaran
https://drive.google.com/file/d/1dEa3cM5UX6kUX8ACHw_rdmA-Ei0UH9Wh/view?usp=drivesdk
Link Poster
https://drive.google.com/file/d/1cR8Wy1yzmhda-xkpTlPIiJHtTctSww-D/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1cmEq9aDW6ZPzV99Bsfgq3LpT_zGuT5uG/view?usp=drivesdk
PENUTUP Â
Pendidikan harus mendapatkan perhatian yang serius bagi setiap bangsa, karena dengan pendidikan akan dapat dilihat maju mundurnya suatu bangsa. Tentu saja bangsa Indonesia tidak mau hidup terbelakang akibat aspek pendidikan tidak mendapat porsi yang cukup dengan beriringnya berbagai kemajuan di bidang lain.
Hal yang mendasar bagi pembangunan pendidikan dipengaruhi oleh dimensi kepemimpinan atau pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah.
Pemberlakuan pendidikan karakter Tatanen di Atikan ini untuk memberdayakan dan membangun  karakter pada generasi murid yang mencerminkan profil pelajar Pancasila.
Oleh karena itu, kebijakan pemimpin daerah dalam TDBA ini dapat merata sehingga kesenjangan tidak lagi terjadi. Namun kita harus menyadari masalah pembangunan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak
Harmoni Seiisi Bumi
Terimakasih
 DAFTAR PUSTAKA
Akbar, Sadun dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dikutip dari sibatik.kemendikbud.go.id, Yane Henadrit
      BNSP.006. Standar isi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI. Jakarta: Diponegoro.
Internet ( Geogle, dan Aplikasi VN )
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H