Mohon tunggu...
Dew laura Pasha
Dew laura Pasha Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya menyanyi, konten favorit saya tentang politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Fenomena Anonimitas Cyberbullying Terhadap Psikologis Anak Remaja pada Media Sosial

23 Desember 2023   15:52 Diperbarui: 23 Desember 2023   16:02 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Cyberbullying adalah penggunaan alat digital secara berulang dan disengaja untuk membahayakan orang lain di lingkungan digital (Mestci Sunerli et, al., 2022). Hal ini dapat terjadi dalam berbagai pengaturan, termasuk organisasi, di mana mengacu pada penggunaan teknologi untuk melecehkan, mengintimidasi, atau mempermalukan seseorang di tempat kerja (Tutar & Ay, 2023). Cyberbullying adalah jenis intimidasi baru yang muncul karena penggunaan internet semakin meningkat. Ada ketidakseimbangan kekuasaan, anonimitas, dan kemampuan untuk menghubungi korban kapan saja. Baik pelaku maupun korban cyberbullying dapat mengalami akibat yang serius, seperti penurunan moral, produktivitas, dan peningkatan omset perusahaan. Ini secara tidak proporsional berdampak pada orang-orang yang terpinggirkan dan anak-anak usia remaja; ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, luka, dan bahkan bunuh diri. Untuk memerangi cyberbullying, undang-undang, peraturan, dan kebijakan harus dibuat, pendidikan tentang cara menggunakan internet yang aman harus diberikan, dan teknologi harus digunakan.

Media sosial memainkan peran penting dalam proses perkembangan remaja. Hal tersebut memiliki potensi untuk mendukung dan menekan pengembangan otonomi. Penggunaan media sosial dapat memiliki efek kompleks pada perkembangan psikososial, termasuk risiko seperti penggunaan berlebihan, perbandingan, dan cyberbullying, serta manfaat seperti pengembangan identitas dan pemeliharaan hubungan sebaya.(Rosenberg, 2023).

Cyberbullying terhadap anak-anak remaja melibatkan tindakan yang memanfaatkan anonimitas di ruang online. Anak-anak dapat menyembunyikan identitas di balik avatar fiksi, yang meningkatkan tingkat agresi dalam komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perilaku intimidasi ke dunia maya, di mana anak-anak dan remaja adalah pengguna aktif (Tavash et, al., 2022). Internet telah memiliki dampak yang signifikan pada tindakan dan reaksi orang, dan telah mengubah berbagai gagasan dan memengaruhi pembentukan identitas. Hal tersebut merupakan masalah yang dapat dibaca dari perspektif gender, karena korbannya sebagian besar perempuan dan prosedurnya memungkinkan anak perempuan untuk berperilaku sebagai pengganggu (Aprilia & Rachma, 2022). Mencegah dan mendeteksi cyberbullying merupakan tantangan karena sifatnya yang meresap dan tidak pernah berakhir, serta potensi anonimitas dan kemampuan untuk dengan cepat menjangkau khalayak besar (Ranjith et, al., 2023).

Cyberbullying di media sosial memiliki dampak signifikan pada psikologi remaja. Telah ditemukan bahwa perilaku cyberbullying lazim di kalangan remaja, dengan persentase siswa yang tinggi menjadi pelaku dan korban. Kecanduan media sosial adalah fenomena yang tersebar luas di kalangan anak muda, dan telah dikaitkan dengan peningkatan kesedihan dan kecemasan sosial pada remaja. Cyberbullying remaja dikaitkan dengan kecenderungan paranoid seperti anak, pelepasan moral, dan perilaku heteroagresif. Impulsif, keterhubungan sosial, dan gender juga dapat mempengaruhi perilaku cyberbullying pada remaja awal. Efek negatif dari cyberbullying pada kesehatan mental remaja terbukti, menyoroti perlunya intervensi pencegahan dan penelitian lebih lanjut di bidang tersebut (Longobardi et, al., 2022)

Tujuan dari artikel ini  untuk menjelaskan anonimitas dalam konteks cyberbullying, menganalisis dampak psikologis pada anak remaja, mengeksplorasi peran media sosial dalam memfasilitasi tindakan cyberbullying, memberikan wawasan tentang strategi perlindungan dan pencegahan, baik dari perspektif orang tua, guru, atau pengelola media sosial, sumber informasi edukatif bagi pembaca, membantu untuk lebih memahami kompleksitas cyberbullying dan bagaimana itu dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis anak remaja, dan meningkatkan kesadaran tentang anonimitas dalam konteks cyberbullying dan mendorong tanggung jawab bersama

PEMBAHASAN

Pemahaman Dampak Serius Psikologis Cyberbullying pada Anak Remaja

Untuk memahami cyberbullying, Anda harus mengetahui bagaimana hal itu terjadi, apa efeknya, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencegahnya. Cyberbullying adalah jenis perilaku online yang melibatkan tindakan negatif sadar, seperti intimidasi dan penghinaan, dengan tujuan menghukum orang lain. Ini telah menjadi perhatian besar bagi masyarakat, terutama di kalangan remaja cyberbullying dapat berdampak buruk pada kesehatan mental korban, dengan hasil yang buruk.

Sekolah, orang tua, dan siswa harus meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang cyberbullying serta menciptakan lingkungan yang aman melalui pendidikan, kebijakan, dan dukungan untuk korban, yang menghasilkan hasil yang buruk. Sekolah, orang tua, dan siswa harus meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang cyberbullying serta menciptakan lingkungan yang aman melalui pendidikan, kebijakan, dan dukungan untuk korban. Berbagai pemangku kepentingan, termasuk orang tua, karyawan sekolah, profesional kesehatan mental, dan siswa, harus bekerja sama untuk mengidentifikasi, mengatasi, dan mencegah pelecehan online.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengintegrasikan pelaksanaan rasisme di internet ke dalam konteks cyberbullying yang lebih luas dan untuk mengembangkan program yang efektif untuk memerangi dan mencegah cyberbullying. Cyberbullying memiliki dampak psikologis yang serius pada remaja, termasuk peningkatan tekanan psikologis, ide bunuh diri, depresi, dan kecemasan. Remaja yang mengalami cyberbullying mungkin menderita konsekuensi emosional dan psikologis, seperti rasa malu, sakit hati, dan keputusasaan. Strategi mengatasi cyberbullying melibatkan upaya tim dari orang tua, guru, dan siswa, dengan mencari nasihat profesional dan melaporkan masalah tersebut kepada orang tua, guru, atau kepala sekolah menjadi pendekatan umum . Penggunaan internet yang berlebihan, terutama lebih dari 3 jam per hari, dikaitkan dengan prevalensi kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan psikosomatik yang lebih tinggi di kalangan remaja (Jabeen & Ehsan, 2023).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun