Bahan ajar merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran karena tanpa adanya bahan ajar yang akan di sampaikan oleh guru maka sebuah pembelajaran tersebut tidak akan terealisasikan. Â Â
Bahan ajar atau yang sering disebut dengan materi pembelajaran  merupakan serangkaian pengetahuan, keterampilan serta sikap yang dipelajari oleh peserta didik dan disusun dengan sistematis yang menampilkan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik, sehingga terwujudnya pelaksanaan serta target yang ingin dicapai dari sebuah pembelajaran. Â
Sedangkan sumber belajar  merupakan segala sesuatu yang memudahkan dan daya yang dapat dimanfaatkan guru dalam sebuah pembelajaran yang dari sesuatu tersebut diperoleh pengetahuan, informasi, keterampilan, serta pengalaman yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran yang tujuannya meningkatkan efesiensi dan efektivitas dari tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Semua program pasti memiliki tujuan yang akan diraih dan memiliki fungsi dalam penggunaanya. Sama halnya seperti bahan ajar, bahan ajar ini juga memiliki tujuan yang hendak dicapai diantaranya,
1. Menyiapkan bahan ajar yang sesuai kurikulum dengan memutuskan dan melihat kebutuhan dari peserta didik. Maksudnya disini adalah guru dapat pemilihan bahan ajar dengan memperhatikan karakteristik serta lingkungan sosial yang ditempati oleh pelajar tersebut. Guru dapat memakai bahan ajar berupa audio visual, visual serta audio tergantung pada kebutuhan-kebutuhan peserta didiknya.
2. Menolong peserta didik dalam mencari refrensi selain dalam buku yang terkadang sukar didapatkan.
3. Memudahkan serta menjadi pedoman yang dijadikan landasan  dalam guru melaksanakan proses pembelajaran seperti halnya,Â
- a. Guru dapat menggunakan media ajar yang sesuai dengan karakter materi sehingga materi benar-benar tersampaikan dengan baik.
- b. Untuk mengantisipasi adanya kesenjangan waktu, indra, serta ruang pembelajaran
- c. Menumbuhkan motivasi peserta didik dalam belajar.
- d. Memudahkan guru dalam berinteraksi langsung maupun tidak langsung dengan peserta didik dengan lingkungan sekitar.
- e. Pedoman untuk memberikan stimulus, pengalaman, dan tanggapan yang sama kepada setiap peserta didik.
4. Menjadikan patokan pengukuran atau yang sering disebut evaluasi pembelajaran, guna mengetahui potensi yang telah terbentuk dari proses belajar mengajar seperti kemampuan pemahaman peserta didik yang diuji melalui pelatihan-pelatihan yang terdapayt pada bahan ajar.
Bahan ajar memiliki fungsi yang sangat penting dalam keberlangsungan pembelajaran, bahan ajar ini berguna dalam mengarahkan kegiatan serta menjadi isi materi  yang akan diajarkan oleh guru di dalam pembelajaran.Â
Fungsi bahan ajar sendiri dalam ranah peserta didik yaitu sebagai pedoman serta inti materi yang harus dipelajari. Fungsi bahan ajar menurut strategi dalam proses pembelajaran dibagi menjadi tiga, yakni klasikal (pembelajaran bersama-sama didalam kelas), individu (belajar secara mandiri), dan pembelajaran yang diselenggarakan secara berkelompok
Manfaat yang didapatkan oleh guru