Mohon tunggu...
Deni Saputra
Deni Saputra Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru dan Penggiat Literasi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Belajar menulis untuk memahami kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Tak Ada Pilihan

13 November 2021   08:42 Diperbarui: 13 November 2021   08:45 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

"Boleh, tapi asal dia udah tahu syaratnya..." katanya sambil membersihkan giginya dari selipan nasi uduk yang baru disantapnya pagi itu.

"Sudah Bang, saya sudah tahu syaratnya..."kataku menjawab petanyaannya.

"Ya udah, pergi sana.. cari uang yang banyak ya..." katanya mengusir sambil melambaikan tangannya, bertanda bahwa ia menyuruh kami segera pergi.

"ini sapunya... tugas kita hanya menyapu kolong bangku kereta... sambil menyapu kita minta kesediaan pemumpang untuk menyumbang atas jasa kita, setelah sampahnya terkumpul banyak lo bisa buang sampah-sampah itu keluar dari gerbong kereta..."

***

Gimana penghasilan lo hari ini Roe, lumayan kan..." tanya Kentu

"Ya.. lumayan, setelah diberikan sebagian kepada Bang Hurlang, uangnya tinggal sepuluh ribu... ya lumayan untuk nambah bayar iuran sekolah... makasi ya Tu... lo udah Bantu gue..." kataku sambil berlari pulang membawa hasil kerja ku hari ini.

***

Mendung di ujung Barat Bekasi, menurunkan hujan air dari awan yang menghitam... hari ini seperti biasanya Heru bekerja seusai pulang sekolah... sudah dua minggu profesi tukang sapu di kereta ia jalankan... dan dari hasil kerjanya selama dua minggu ia sudah bisa mnegantongi uang sebesar seratus lima puluh ribu rupiah...

Alhamdulillah uangku sudah terkumpul seratus lima puluh ribu rupiah, tinggal lima puluh ribu lagi, mungkin Bapak dan Ibu dapat menambahkannya dalam waktu yang tak lama... Aku yakin tahun ini aku bisa ikut ujian dan lulus dari sekolah itu...

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun