A. Â Latar Belakang Aksi Nyata
   Murid tidak senang dengan peraturan yang sudah ada
   dikarenakan bagi yang melanggar akan mendapatkan
   hukuman yang cenderung akan mempermalukan dirinya.
B. Â Tujuan Aksi Nyata
   Menciptakan murid yang merdeka dan disiplin diri yang kuat.
   Menumbuhkan Budaya Positif di sekolah dengan meyakini nilai-nilai kebajikan universal.
C. Â Tolak Ukur
   -  Terbentuknya Keyakinan Kelas melalui kegiatan diskusi oleh murid SLB Negeri Baturaja dengan dibimbing guru kelasnya.
   -  Murid mampu melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati secara bersama-sama.
D. Langkah Tindakan Aksi Nyata
   -  Mengajak siswa SLB Negeri Baturaja kelas X. Grahita dan Autis untuk berdiskusi menentukan peraturan menjadi keyakinan
   -  Mengumpulkan nilai kebajikan universal
   -  Menyusun keyakinan kelas
   -  Menempel keyakinan kelas
   -  Melaksanakan keyakinan kelas
   -  Melakukan 5 Posisi Kontrol
   -  Melakukan Restitusi
   -  Meminta ijin kepla sekolah untuk mengadakan diserminasi
   -  Mengajak rekan sejawat untuk melakukan deserminasi
   -  Pelaksanaan Deserminasi Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif
  E. Pengimbasan di Sekolah
   1. Pembuatan Keyakinan Kelas
   2. Penyelesaian Masalah menggunakan Restitusi
   3. Melaksanakan Jum'at Bersih
   4. Membudayakan berdoa sebelum berkegiatan
   5. Melaksakan pembelajaran yang berpihak kepada siswa
   6. Menyusun Visi Misi sekolah sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila
F. Pelaksanaan Segitiga Restitusi pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autis dan Grahita Sedang)
  Kasus Pertama pada Umar Faroq Abdullah anak berkebutuhan khusus Autis
  Umar menumpahkan minuman aziz saat pembelajaran di kelas sedang berlangsung. Aziz merasa tersinggung dengan sikap Umar dan   Kawan-kawan yang lain merasa tidak nyaman dengan kondisi lantai kelas yang basah. Selanjutnya Pak Kris memanggil umar dengan    didampingi oleh Pak Alfi dikarenakan anak Autis membutuhkan shadow teacher/guru bayangan/guru bantu agar dapat memahami      perintah secara jelas dan dapat mengerjakan perintah tersebut dengan dibimbing.
Pak Kris kemudian bertanya kepada Umar untuk       menstabilkan identitas, agar umar tidak merasa rendah diri. Langkah berikutnya adalah memvalidasi tindakan yang salah agar Umar    menyadari kesalahan yang ia perbuat. Langkah ketiga adalah menanyakan keyakinan kelas apa yang telah dilanggar dan memancing     Umar untuk dapat mencari solusi dari dalam dirinya sendiri serta menguatkan dengan keyakinan kelas dengan tujuan agar Umar         dapat diterima kembali dikomunitasnya dan menyadarai kesalahan serta melakukan upaya untuk memperbaiki kesalahannya.           Â
Selanjutnya Umar bersedia meminta maaf kepada Aziz dan mengepel lantai dengan bimbingan Pak Alfi.
  Kasus Kedua pada Karinda anak berkebutuhan khusus Grahita Sedang
  Karinda ketahuan membuang sampah sembarangan di kelas saat pembelajaran sedang berlangsung. Kawan-kawannya menjadi gaduh   dan merasa risih terhadap perbuatan Karinda membuang sampah di kelas, sehingga pembelajaran akhirnya terganggu. Pak Kris          memanggil Karinda kemudian memberikan beberapa pertanyaan kepada Karinda seeta pernyataan bahwa banyak yang melakukan       kesalahan, bukan Karinda sendiri. Langkah kedua Pak Kris menanyakan apa yang dilakukan Karinda apakah salah atau benar jika        dilihat dengan keyakinan kelas yang ada.
Setelah Karinda mengetahui kesalahannya kemudian langkah ketiga Pak Kris menanyakan      keyakinan kelas mana yang telah dilanggar oleh Karinda. Pak Kris kemudian menawarkan kepada Karinda langkah apa yang akan         dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut? Karinda ingin meminta maaf kepada Pak Kris dan kawa-kawan serta bersedia         membuang sampah tersebut ditempat yangpah yang telah disediakan. Dengan demikian segitiga restitusi telah terlaksana dengan baik   walaupun Anak Berkebutuhan Khusus membutuhkan bimbingan yang ekstra, kesabaran serta penuh kasih sayang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H