Wisuda bagi anak TK menjadi ajang kegembiraan anak-anak. Banyak nilai-nilai yang dapat digali pada acara tersebut. Wisuda bagi anak TK juga menjadi salah satu parameter yang dapat digunakan orangtua untuk melihat "kehebatan" guru-gurunya.Â
Mengapa? Sebab semua tampilan yang digelar pada acara wisuda adalah bukti adanya prakarsa, inisiatif maupun hasil kreativitas guru-gurunya. Gagasan atau ide tampilan itu yang dilakukan oleh anak-anak asuhnya di atas panggung wisuda.
Maka acara wisuda bagi anak TK, sebaiknya dilaksanakan. Soal di sana-sini ada hal yang dianggap memberatkan atau kurang sesuai, maka yang perlu dibenahi adalah jenis kegiatannya. Jadi jangan kegiatan wisudanya yang ditiadakan.
Selain menjadi momen kegembiraan anak-anak, acara wisuda bagi anak-anak TK juga menjadi ajang unjuk komptensi guru baik pedagogik maupun professionalnya. Setidaknya ada empat nilai-nilai positif yang dapat digali dari kegiatan acara wisuda bagi guru-guru TK:
1) Memicu dan memacu kreativitas guru
Betapapun tampilan anak-anak TK saat wisuda adalah rancangan gurunya. Maka makin bervariasi tampilan anak-anak, mencerminkan makin kreatifnya guru dalam mempersiapkan dan menyuguhkan acara wisuda.Â
Dengan kata lain, guru TK yang kreatif akan mendorong siswanya juga kreatif. Sekali lagi sejaumana kreativitas yang ditampilkan dalam acara wisuda anak TK semua tergantung dari kreativitasnya gurunya.
2) Menunjukkan kemampuan guru dalam melakukan identifikasi potensi siswa
Acara wisuda anak-anak TK juga menunjukkan kemampuan guru untuk memahami potensi masing-masing siswanya. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mengingat masing-masing siswa mempunyai latar belakang orang tua yang berbeda baik sosial, ekonomi, pendidikan, bahkan secara etnis.
3) Menantang guru untuk melakukan eksplorasi potensi siswa
Selain melakukan identifikasi potensi siswa, acara wisuda juga memberikan tantangan bagi guru melakukan eksplorasi potensi siswa. Tujuanya agar acara wisuda dapat diisi oleh anak-anak dengan berbagai tampilan potensinya.
4) Menjadi barometer proses pembelajaran yang dijalankan
Acara wisuda juga dapat dijadikan barometer untuk melihat kegiatan apa dan bagaimana sekolah menjalankan proses pembelajaran.
Sisi positif tersebut akhirnya bermuara pada siswa-siswinya saat acara wisuda. Sehingga melalui wisuda tersebut anak-anak melatih keberanian, rasa percaya diri (self esteem), mengasah kreativitas, melatih kemandirian melalui berbagai kegiatan seperti tarian, pembacaan puisi, dll.
Semua aspek kognitif, afektif maupun keterampilan anak-anak TK yang ditampilkan saat acara wisuda adalah hasil kerja keras guru-gurunya. Kegiatan tersebut secara institusional merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada orangtua yang telah menitipkan putra dan putrinya ke sekolah. Selain itu juga merupakan upaya sekolah menunjukkan kompetensi guru-gurunya dalam mengolah kognitif, afektif maupun keterampilan putra-putrinya.
Kehebatan guru-guru TK dalam mempersiapkan generasi pra fase menuju generasi yang unggul baik intelektual, emosional maupun spiritual sudah saatnya terus diperhatikan oleh semua pihak (khususnya pemerintah) baik pengembangan kompetensinya maupun kesejahteraannya.Â
Para pejuang pendidikan pada tahap pra fase (pondasi) ini agar terus mendapatkan pengakuan secara memadai dan setara dengan guru-guru jenjang lainnya. Semoga bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H