Guru adalah pengukir relief peradaban. Agar dapat menjadi pengukir peradaban yang ideal guru harus mampu mengasah kompetensi profesional. Sebab kompetensi profesional bagi guru adalah cermin kualitas profesinya. Kedalaman berpikir, inovasi, kreativitas maupun motivasi mengembangkan dan mengasah profesinya terletak pada kemampuan guru mengembangkan kompetensi profesional yang dimiliki.
Sebagai cermin profesi, maka kompetensi profesional perlu diasah secara terus menerus dengan berbagai cara agar dapat mengalirkan aktivitas yang inovatif, kritis dan kreatif. Ketika guru mampu mengembangkan sikap kritis, inovatif dan kreatif maka akan menjadikan proses pembelajaran menjadi meyenangkan dan menantang bagi peserta didiknya.
Unsur Kompetensi Profesional Guru
Unsur kompetensi profesional guru berkaitan dengan tugas pokok guru memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didik. Maka unsur kompetensi profesional guru berkaitan erat dengan materi pembelajaran dan iktiar guru mengembangkan keprofesinalannya. Menurut Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (Buku 2) terdapat dua unsur sebagai berikut:
1. Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Kompetensi tersebut apabila dijabarkan terdapat unsur sebagai berikut:
a. Menguasai materi
Unsur yang paling menentukan dalam mengukur kompetensi profesional guru adalah penguasaan materi yang dilakukan guru. Unsur kompetensi ini merupakan cermin utama kualitas profesionalisme guru.Â
b. Â Menguasai struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
Unsur berikutnya adalah penguasaan terhadap struktur, konsep dan pola pikir keilmuan. Penguasaan struktur berkaitan dengan kemampuan guru memahami esensi materi pelajaran dan tingkat kesulitan materi. Penguasaan konsep berkaitan dengan pemahaman guru tentang ideologi materi pelajaran (hal-hal yang mendasar). Sedangkan pola pikir keilmuan berkaitan dengan upaya guru mengeksplorasi materi dari berbagai sumber dan cara guna memperkaya materi pelajaran yang diampu.