Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tips Monetisasi Konten ala Efa Butarbutar

12 November 2024   13:42 Diperbarui: 12 November 2024   17:21 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Efa tidak asal-asalan ketika membuat konten video endorse. Cewek Batak yang senang disapa mbak butet ini terlebih dulu membuat script.

Lalu dibuatkan konsep menarik yang dikaitkan dengan produk yang akan diendorse. Efa kemudian mencari tempat yang sesuai dengan konten endorse yang akan dibuat. 

Efa Butarbutar berdiskusi dengan peserta Kompasianval Clinic 2024/dokumentasi Yos Mo 
Efa Butarbutar berdiskusi dengan peserta Kompasianval Clinic 2024/dokumentasi Yos Mo 

Butuh effort (usaha) yang kuat agar konten yang dihasilkan terlihat dikerjakan secara profesional.

Efa sudah mempunyai tarif (rate card) sendiri dari konten yang dimonetisasi. Dirinya enggan mendapatkan rate card yang rendah, karena sudah punya portofolio yang bagus dari hasil kerja kerasnya.

Jika ada brand yang melakukan penawaran kerja sama di bawah rate card, Efa akan berusaha melakukan negosiasi, hingga mendapatkan nominal kontrak kerja sama yang disepakati bersama.

Pengalaman Efa Endorse Brand yang Bermasalah 

Efa Butarbutar punya pengalaman tidak mengenakkan saat meng-endorse salah satu brand kosmetik yang cukup ternama, tapi bermasalah.

Ketika brand kosmetik itu bermasalah, Efa mendapatkan kerja sama dengan brand tersebut, namun akun blognya tiba-tiba menghilang. 

Belajar dari pengalaman itu, Efa terlebih dulu mengecek siapa dan bagaimana calon klien sebelum melakukan endorse. 

Ditelusuri terlebih dulu, apakah brand atau produk yang akan dipromosikan sedang bermasalah atau tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun