Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Kopi Taman Sari Pengubah Nasib, Jatuh Bangun Romansa Cinta Tjiptadinata-Roselina

31 Oktober 2024   12:50 Diperbarui: 1 November 2024   02:21 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dokumentasi Tjiptadinata Effendi 

Sepanjang hari Tjipta dan Lina tidak makan sama sekali. Tjipta hanya sempat membawa pisau dapur dan sebotol air minum. Keduanya tidak bisa tidur pada malam hari karena seluruh tubuh jadi sasaran nyamuk. 

Malam hari turun pula gerimis, sehingga Tjipta dan Lina menggigil kedinginan di semak-semak.

Pada pagi harinya Tjiptadinata mencoba mencari sesuatu yang dapat dimakan. Keluar dari semak-semak sembari menutupi kepala dengan kaos dan berjalan bersama rombongan sapi.

Lina menunggu dengan was-was sambil berdoa. Tak lama kemudian Tjipta datang kembali dengan membawa bungkusan. Ternyata ketemu sesama orang Padang, dan dibekali nasi goreng.

Karena situasi keamanan tidak menentu di Patumbak, Roselina dan Tjiptadinata memutuskan berhenti dari pabrik.

Keduanya lalu  balik menumpang ke rumah tante di Medan, hingga akhirnya memutuskan untuk pulang kampung ke Padang pada tahun 1966 karena tidak ingin membebani tante. 

Masa-Masa Berat di Padang

Setelah kembali ke Padang, Tjiptadinata dan istrinya untuk sementara tinggal serumah dengan orang tuanya di Pulau Karam. 

Rumah masa kecil Tjiptadinata Effendi di Pulau Karam/dokumentasi pribadi Tjiptadinata Effendi 
Rumah masa kecil Tjiptadinata Effendi di Pulau Karam/dokumentasi pribadi Tjiptadinata Effendi 
Tjiptadinata kemudian bekerja sebagai pengajar di SD RK II. Roselina memberikan private  less cara berhitung kepada anak-anak SD, mengajari ilmu ukur dan aljabar kepada anak-anak SMP, serta mengajarkan geometri kepada anak-anak SMA.

Beberapa bulan kemudian Roselina hamil, ketika akan melahirkan pindah ke rumah orang tua Lina. 

Lalu Roselina melahirkan di klinik bersalin Santa Elisabeth. Anak pertamanya diberikan nama Irmansyah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun