Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Persaingan Sengit Veddriq Leonardo dan Samuel Watson Berburu Medali Emas Olimpiade dan Rekor Dunia

6 Agustus 2024   20:45 Diperbarui: 7 Agustus 2024   05:38 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rahmad Adi Mulyono/foto: ifsc-climbing.com

Persaingan sengit pemanjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, dengan jagoan USA, Samuel Watson, dalam pertandingan adu kecepatan Olimpiade Paris, sesuai perkiraan awal penggemar panjat tebing.

Veddriq dan Leonardo adalah pemanjat tebing speed paling beken saat ini. Mereka ibarat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di dunia sepak bola, selalu membuat rekor baru mencengangkan di setiap kompetisi yang mereka ikuti.

Veddriq Leonardo membuat debut internasional di bulan April 2018 pada ajang seri Piala Dunia Moskow, dan langsung sukses menjadi juara ketiga.

Karier Veddriq Leonardo berkembang pesat dengan menjadi pemenang pertama Kejuaraan Asia pada bulan November 2019. Saat itu Veddriq sudah membuat waktu secepat 5.406 detik.

Nama Veddriq Leonardo mulai beken ketika menjadi juara dan membuat rekor dunia baru 5.20 detik ketika tampil di seri Piala Dunia Salt Lake City pada bulan Mei 2021. 

Padahal saat itu Veddriq baru comeback, usai vakum bertanding selama setahun lebih karena pandemi.

Kegemilangan prestasi Veddriq Leonardo berlanjut di Seri Piala Dunia Villars, Swiss, dua bulan kemudian dengan menjadi juara pertama.

Veddriq Leonardo kemudian juara lagi di seri Piala Dunia Seoul 2022 dan 2023, Piala Dunia Salt Lake City 2022 dan 2023, World Games Birmingham 2022, NEOM IFSC Masters 2023, dan Olympics Qualifier Series Shanghai 2024.

Samuel Watson baru mengikuti ajang internasional sejak dua tahun silam. Dia memenangkan gelar juara pertamanya pada seri Piala Dunia Edinburgh di bulan September 2022.

Prestasi Samuel Watson tidak terlalu bagus di seri Piala Dunia Panjat Tebing sepanjang 2023. Namun dia berhasil meraih emas dalam Pan American Games di Santiago Chile yang membawanya lolos ke Olimpiade Paris.

Prestasi Samuel Watson melejit tinggi di tahun 2024. Diawali menjadi runner-up Piala Dunia Wujiang pada bulan April dengan membuat waktu terbaik 4.79 detik di sesi seleksi ranking yang menjadi rekor dunia terbaru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun