Kemenangan meyakinkan 6-0, 6-2, dibuat Coco Gauff di babak perempat final meladeni mantan juara French Open, Jelena Ostapenko.
Coco kembali menang straight set di semifinal US Open ketika melawan Karolina Muchova yang merupakan finalis French Open 2023.
Pada pertandingan final US Open 2023, Coco Gauff sempat kesulitan menghadapi pukulan forehand keras Aryna Sabalenka yang merupakan petenis tunggal putri ranking 1 dunia terbaru.
Secara perlahan tapi pasti, Coco Gauff berhasil mengatasi kesulitan, dan menjadi petenis remaja Amerika Serikat ketiga yang memenangkan gelar juara US Open setelah Serena Williams dan Tracy Austin.
Sebagai juara tunggal putri US Open 2023, Coco Gauff menerima hadiah mewah sebanyak 3 juta US Dolar. Sedangkan Aryna Sabalenka mendapat hadiah sebesar 1,5 juta USD.
Besaran hadiah itu sama dengan yang akan diterima oleh juara dan runner up tunggal putra US Open 2023.
Kesetaraan hadiah di turnamen tenis Grand Slam sekarang ini adalah berkat perjuangan seorang Billie Jean King 50 tahun lalu.Â
Billie Jean King turut berdiri di dekat podium dalam sesi seremonial juara tunggal putri US Open 2023.
Coco Gauff setelah menerima cek hadiahnya, sempat mengucapkan terima kasih kepada Billie Jean King yang telah memperjuangkan kesetaraan hadiah buat petenis putri.
Sekilas Jalannya Pertandingan Final Tunggal Putri US Open 2023
Aryna Sabalenka mematahkan servis Coco Gauff di game pertama, lalu merebut poin di game kedua, sehingga unggul 2-0.