Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Lagu Band 1970-80-90an yang Meraih Miliaran Penonton YouTube dan Miliaran Pendengar Spotify

13 Maret 2022   19:23 Diperbarui: 13 Maret 2022   19:36 1932
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kolase foto Queen, Nirvana, Guns N' Roses/ sumber: Billboard.com

Perkembangan teknologi mengubah cara orang menikmati musik. 

Manusia di seantero dunia pada era pra-internet mendengarkan musik terbatas lewat album di kita kaset, konser, siaran radio, atau acara serta channel musik di televisi seperti MTV dan Ed Sullivan Show.

Memasuki era internet, pilihan orang untuk mendengarkan musik semakin luas. Saat ini menonton video musik lewat platform YouTube adalah pilihan utama bagi penggemar musik di seluruh dunia.

Jumlah orang yang mendengarkan musik lewat aplikasi streaming juga semakin pesat.

Aplikasi musik yang populer saat ini adalah Spotify, Joox, Resso, Tidal, Google Play Music. 

Pada era sekarang, sudah jarang band yang meraih popularitas besar di YouTube maupun aplikasi streaming. Lagu-lagu dari penyanyi solo, rapper, atau grup K-Pop mendominasi daftar chart musik. 

Walau begitu, masih ada beberapa band yang punya basis penggemar yang besar sehingga lagunya laris ditonton dan didengar secara online.

Bahkan ada lagu band era lawas 1970an, 1980an, dan 1990an yang popularitasnya menembus batas lintas zaman hingga ke era digital.

Berikut daftar lagu hits band 1970an, 1980an, dan 1990an yang secara luar biasa meraih miliaran penonton di YouTube, dan meraup miliaran pendengar di aplikasi musik Spotify 

Bohemian Rhapsody - Queen 

Salah satu lagu rock termahsyur sepanjang masa ini dirilis dalam album studio keempat band Queen, "A Night at the Opera) pada bulan November 1975. 

Lagu "Bohemian Rhapsody"berdurasi 5 menit 55 detik yang diciptakan mendiang Freddie Mercury videonya di YouTube sudah meraup 1.473.683.272 penonton.

Jumlah pendengar "Bohemian Rhapsody" di Spotify bahkan lebih banyak, diputar hingga 1.743.414.208 kali. 


Smells Like Teen Spirit - Nirvana 

Lagu grunge ikonik yang mengubah sejarah musik dunia ini dirilis Nirvana dalam album legendaris "Nevermind" pada bulan September 1991.

1.441.046.736 penonton susah melihat video klip "Smells Like Teen Spirit" di YouTube. Dan jumlah pengakses streaming lagu ini di Spotify mencapai 1.222.093.850.


Sweet Child O'Mine - Guns N' Roses 

Lagu "Sweet Child O'Mine" dirilis band rock berbahaya Guns N' Roses di album studio debut mereka "Appetite For Destruction" pada bulan Juli 1987. 

Jumlah penonton video klip "Sweet Child O'Mine" di YouTube sudah mencapai 1.451.454.554. Sedangkan pendengar lagu ini di Spotify sebanyak 1.124.751 754.


Take on Me - A-ha 

Band new wave asal Norwegia, A-ha, merilis lagu ini di album studio pertama mereka "Hunting High and Low" pada bulan Oktober 1985. 

Lagu "Take on Me* yang sangat ikonik dengan intro suara synthesizer, menjadi salah satu pop tekno disko paling populer sepanjang masa. 

Jumlah pendengar "Take on Me" di Spotify mencapai 1.064.577.439. Sedangkan video klipnya di YouTube ditonton hingga 1.429.104.539 kali.


November Rain - Guns N' Roses 

Video klip lagu "November Rain" yang disutradarai Andy Morahan salah satu yang biaya produksinya termahal sepanjang masa di industri musik dunia. 

Hingga kini, "Novenber Rain" membuat rekor sebagai video musik rilisan pra-internet yang jumlah penontonnya paling banyak di YouTube, mencapai 1.837.396.419.

Lagu "Novenber Rain" berdurasi 8 menit 57 detik yang dirilis GNR di album studio ketiga "Use Your Illusion I" pada bulan September 1991, jumlah pendengar di Spotify sudah mencapai 607.192.763. 


Every Breath You Take - The Police 

Lagu "Every Breath You Take" dirilis dalam album studio kelima band The Police, "Synchronicity", pada bulan Juni 1983. 

Itu adalah album terakhir band asal Inggris tersebut. Sang vokalis merangkap bassis, Sting, kemudian solo karier.

Jumlah pengaksesan streaming lagu ini di Spotify mencapai 1.111.631.782. Sedangkan video klipnya di YouTube meraih 933.813.613 penonton.


Don't Stop Me Now - Queen

Lagu "Don't Step Now" dirilis Queen dalam album studio ketujuh "Jazz" pada November 1978. 

Lagu yang diciptakan oleh Freddie Mercury ini telah didengar sebanyak 1.257.228.993 kali di Spotify. Videonya di YouTube mendapatkan 751 juta lebih viewer 


Zombie - The Cranberries 

Band asal Irlandia, The Cranberries, merilis album studio kedua "No Need to Argue" pada bulan Oktober 1994.

Lagu "Zombie" yang dijadikan sebagai single utama "No Need to Argue" bernuansakan kemarahan terhadap perang, menyajikan suara khas sengau bertenaga vokalis kharismatik, Dolores O'Riordan.

Video klip megah "Zombie" hingga saat ini sudah meraup 1.200.471.268 viewer YouTube. Sedangkan jumlah pendengar lagu ini di Spotify sebanyak 704.467.447.


Thunderstruck - AC/DC 

Salah satu band rock paling berpengaruh dalam industri musik dunia adalah AC/DC yang berasal dari Australia. 

"Thunderstruck" adalah satu dari banyak lagu hits yang dihasilkan AC/DC, dirilis dalam album studio ke-12 "Razors Edge" pada bulan September 1990.

Penonton YouTube video klip "Thunderstruck" sudah mencapai 1.066.401.962. Sedangkan pendengar lagu ini di Spotify sebanyak 885.779.745. 


Nothing Else Matters - Metallica 

Band trash metal Metallica merilis lagu "Nothing Else Matters" di album kelima pada Agustus 1991. 

Album kelima yang memakai self-tittled Metallica dikenal juga dengan nama "The Black Album" 

Komposisi lagu "Nothing Else Matters" terdengar megah karena disisipkan musik orkestra. 

Video klip lagu ini sudah meraih 1.100.217.268 viewer YouTube. Pendengar Spotify lagu "Nothing Else Matters" sebanyak 735.576.995.


Africa - TOTO 

Band rock fusion TOTO meraih puncak popularitas ketika merilis album "Toto IV$ pada bulan April 1982 yang menghasilkan banyak lagu hits. 

"Africa" salah satu lagu paling ngetop di album "Toto IV". Jumlah pendengar lagu ini di Spotify sudah mencapai 1.158.450.656. 

Sedangkan video musik "Africa" milik TOTO sudah meraup 750.184.309 viewer YouTube. 


What's Up - 4 Non Blondes 

Band rock 4 Non Blondes yang personel aslinya semua wanita, menghentak kancah musik dunia ketika merilis album debut "Bigger, Better, Faster, More!" pada Oktober 1992. 

Album 4 Non Blondes tersebut menghasilkan lagu mega hits "What's Up". Sayangnya band ini cepat bubar di tahun 1994, dan hanya menghasilkan satu album.


Lagu ikonik "What's Up" video klipnya di YouTube sudah ditonton hingga 1.270.896.497 kali. Jumlah pendengar lagu ini di Spotify mencapai 561.602.531.

Wonderwall - Oasis 

Band rock legendaris asal Inggris, Oasis, merilis album legendaris "(What's the Story') Morning Glory?" pada bulan Oktober 1995.

Di album studio kedua Oasis tersebut menghasilkan banyak lagu hits, salah satunya adalah "Wonderwall". 

Jumlah pendengar "Wonderwall" di Spotify sudah mencapai 1.348.250.924. Video klipnya di YouTube telah dilihat 406.179.456 penonton.  


Another One Bites The Dust - Queen 

Queen merilis album studio kedelapan "The Game" pada bulan Juni 1980. 

Album "The Game" menghasilkan lagu hits "Another One Bites The Dust" yang diciptakan pemain bass, John Deacon. 

Lagu nge-beat ini sudah didengar hingga 1.224.019.312 kali di Spotify. Dan jumlah penonton video klipnya di YouTube sebanyak 530.619.600.


September - Earth, Wind & Fire 

Search, Wind & Fire band funk jazz legendaris yang telah berkarier sejak tahun 1969 hingga kini. 

Lagu ceria "September" adalah karya paling terkenal dari band ini. Dirilis tahun 1978 lewat album "The Best of Earth, Wind & Fire, Vol.1".

Pengakses streaming lagu "September" di Spotify sudah mencapai 1.004.699.532. Penonton video lagu ini di YouTube, sebanyak 575.887.820. 


Under Pressure - Queen & David Bowie

"Under Pressure" adalah lagu kolaborasi band Queen dengan penyanyi nyentrik David Bowie. 

Dirilis pertama kali pada bulan Oktober 1981. Lagu "Under Pressure" kemudian dimasukkan ke dalam album studio ke-10 Queen, "Hot Space". 

Pendengar lagu ini di Spotify sudah mencapai 1.066.873.414. Penonton videonya di YouTube sebanyak 314.346.389. 


Don't Stop Believin' - Journey 

Band rock Journey merilis lagu "Don't Stop Believin' di album studio kedelapan "Escape" pada bulan Juli 1981. 

Lagu yang jangkauan nadanya tinggi ini telah meraup pendengar di Spotify sebanyak 1.242.077.625. 

Sedangkan jumlah penonton video YouTube-nya ada 205.121.256.


Hotel California - Eagles 

"Hotel California" lagu trademark band rock Eagles yang dirilis di bulan Februari 1977, pada album studio kelima bertajuk sama.

Lagu "Hotel California" sudah didengar 1.008.777.355 kali di Spotify. 

Banyak unggahan video lagu ini di YouTube. Jumlah penonton di video channel resmi Eagles hingga saat ini sebanyak 118.721.371.


(data statistik pendengar streaming Spotify dan penonton YouTube yang tertera di artikel ini per tanggal 13 Maret 2022, pukul 17.00 WIB)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun