[caption caption="Line Up Pebalap Formula One tahun 2016/ sumber: formula1.com"][/caption]Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, yang merupakan seri balapan perdana Formula One tahun 2016, sudah selesai berlangsung kemarin siang. Rio Haryanto membuat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang mengikuti rangkaian balapan Formula One.
Sesi balapan hari Minggu di Sirkuit Albert Park memuaskan banyak pihak karena menyajikan berbagai drama, juga terjadi beberapa overtake antara sesama pebalap. Sesi balapan menjadi obat pemuas bagi penggemar F1 yang sempat kecewa berat dengan kejadian di sesi kualifikasi.
Sejumlah peristiwa menarik dalam rangkaian balapan GP Australia 2016 di Sirkuit Albert Park, saya rangkumkan di bawah berikut. Saya sengaja membuat 22 daftar peristiwa, agar sesuai dengan jumlah pebalap yang berkompetisi di F1 tahun ini. 22 peristiwa menarik saya buat secara kronologis mundur, dari finish lomba hingga sesi latihan bebas.
1. Nico Rosberg Juara GP Australia 2016
Nico Rosberg berhasil menjadi juara GP Australia 2016, setelah dalam 57 lap membuat catatan waktu 1 jam 48 menit 15,565 detik. Nico Rosberg merasakan kemenangan kedua di GP Australia, sebelumnya pebalap Jerman tersebut menjadi pemenang GP Australia tahun 2014. Nico Rosberg kini sudah meraih 15 juara dalam seri balapan Formula One. Nico pun sementara memimpin klasemen pebalap F1 tahun ini dengan perolehan 25 poin.
[caption caption="Nico Rosberg juara GP Australia 2016/ formula1.com"]
2. Mercedes Pimpin Klasemen Konstruktor
Tim Konstruktor Mercedes semakin menegaskan dominasi di F1. Berkat hasil finish 1-2 yang dibuat pebalap mereka Nico Rosberg-Lewis Hamilton di GP Australia, Mercedes pimpin klasemen konstruktor dengan perolehan 43 poin. Mercedes unggul 28 poin dari Ferrari yang menempati peringkat dua klasemen.
3. Debut Gemilang Haas
Tim Haas yang baru menjalani debut F1 di GP Australia 2016, berhasil membuat prestasi gemilang. Haas berhasil meraih 8 poin, berkat hasil finish di posisi ke-6 yang dibuat Romain Grosjean. Pencapaian finish Grosjean terbilang luar biasa, karena pebalap asal Prancis tersebut memulai balapan dari grid ke-19.
4. Jolyon Palmer Rookie Terbaik
Pebalap tim Renault, Jolyon Palmer menjadi rookie terbaik di GP Australia tahun ini. Jolyon Palmer berhasil finish di peringkat 11, setelah sebelumnya start dari posisi ke-14. Rookie F1 lainnya, Pascal Wehrlein berhasil finish di urutan ke-16 setelah memulai balapan dari posisi ke-21. Sedangkan Rio Haryanto jadi satu-satunya rookie yang gagal finish di GP Australia 2016.
5. Pebalap Jagoan Tuan Rumah Terkencang
Walau gagal naik podium karena hanya finish di urutan ke-4, pebalap jagoan tuan rumah Australia yang mengendarai mobil Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, menjadi pebalap terkencang dalam sesi balapan hari Minggu. Daniel Ricciardo membuat fastest lap dalam race, 1 menit 28.997 detik di lap 49.
6. Posisi Finish Sama Dengan Tahun 2015
Ada 3 pebalap dalam balapan GP Australia tahun ini finish di posisi sama seperti balapan GP Australia tahun 2015 yaitu Sebastian Vettel (finish ke-3), Nico Hulkenberg (finish ke-7), Carlos Sainz Jr (finish ke-9).
7. Semua Pebalap Jerman & Britania Raya Berhasil Finish
Empat pebalap Jerman yang mengikuti kompetisi F1 tahun ini, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, Nico Hulkenberg dan Pascal Wehrlein, semuanya berhasil menyelsaikan balapan GP Australia 2016. 3 pebalap asal Britania Raya, Lewis Hamilton, Jolyon Palmer dan Jenson Button juga berhasil finish di seri perdana F1 tahun ini.
8. Dua Juara Dunia F1 Gagal Finish
Ada dua pebalap juara dunia F1 gagal finish dalam lomba kemarin, yakni Kimi Raikkonen dan Fernando Alonso.
9. Vettel Tergelincir
Beberapa lap jelang finish, mobil Sebastian Vettel sempat menempel ketat mobil Hamilton. Namun, di lap 55, mobil Vettel tergelincir ke luar lintasan. Vettel beruntung posisinya di peringkat 3 aman, karena jarak jauh dengan pebalap di belakangnya.
10. Max Verstappen Kesal
Pebalap Torro Rosso, Max Verstappen, kesal karena terjadi miskomunikasi  dengan tim saat balapan. Max Verstappen yang berpeluang naik podium karena start dari posisi 5, harus puas finish di posisi 10, karena sempat menunggu lama di pit, padahal pada saat bersamaan rekan setimnya Carlos Sainz Jr sedang masuk pit.
11. Mobil Raikkonen Terbakar
Kimi Raikkonen terpaksa gagal finish, karena airbox mobil Ferrari yang dikendarainya terbakar saat menepi ke pitlane.
[caption caption="sumber: formula1.com"]
12. Rio Haryanto Berhenti Di Dalam Paddcok
Rio Haryanto terpaksa gagal menyelesaikan lomba, karena saat berhenti di dalam paddock pasca red flag akibat tabrakan Alonso-Gutierez, banyak oli berceceran dari mobil Rio. Tim Manor Racing kemudian mengkonfirmasikan bahwa terjadi masalah di girbox mobil Rio.
13. Kecelakaan Hebat Fernando Alonso-Esteban Gutierrez
Lomba pembuka Formula 1 Grand Prix Australia ditandai dengan insiden kecelakaan hebat yang menimpa Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez di tikungan 3. Mobil Fernando Alonso yang mencoba menyalip, malah menyenggol ban mobil Esteban Gutierrez. Mobil Fernando Alonso hancur lebur setelah menabrak pembatas jalan dan melayang di udara. Karena insiden kecelakaan ini, balapan sempat dihentikan beberapa saat.
[caption caption="mobil Fernando Alonso hancur/ sumber: f1fanatic.com"]
14. Start Bagus Ferrari
Dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, membuat start mengesankan. Kedua pebalap Ferrari tersebut mengambil alih posisi pertama kedua dari dua pebalap Mercedes memasuki tikungan pertama di Sirkuit Albert Park. Vettel sempat lama memimpin lomba, namun posisinya di depan tergeser oleh dua pebalap Mercedes, pasca lomba dihentikan sementara akibat kecelekaan Alonso-Gutierrez. Sedangkan Raikkonen gagal finish.
15. Daniil Kvyat Kembali Gagal Start
Pebalap Red Bull Racing, Daniil Kvyat untuk kedua kali mengalami nasib sial gagal start di GP Australia. Dalam balapan kemarin mobil Daniil Kvyat mogok saat sesi warming up. Tahun 2015 silam, Daniil Kvyat gagal start di GP Australia karena mobilnya mengalami kerusakan girboks.
16. Bendera Indonesia Diabaikan Penyelenggara Lomba
Sedikit pelecehan dialami oleh Indonesia dalam balapan GP Australia kemarin. Pihak penyelenggara lomba belum mencantumkan logo bendera Indonesia menemani Rio Haryanto, dalam siaran langsung pengumuman grid start pebalap.
[caption caption="sumber: Foxsports/ @giewahyudi"]
17. Bottas Kena Penalti Mundur Posisi Start
Pebalap Williams, Valtteri Bottas kena penalti mundur posisi start, karena pasca kualifikasi, girboks mobilnya terpaksa diganti krena rusak. Bottas yang menempati urutan 11 saat kualifikasi, saat balapan start dari posisi ke-16. Valtteri Bottas berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-8.
18. Sistem Kualifikasi Dikecam Habis-Habisan
Sistem kualifikasi baru yang diterapkan dalam GP Australia 2016, dikecam habis-habisan oleh pebalap, pemilik tim, fans, dan bahkan oleh direktur F1 Bernie Ecclestone. Sistem baru kualifikasi membuat pebalap bingung, karena saat sedang melaju di lintasan sirkuit mendadak harus berhenti karena tersisih akibat peraturan.Pebalap kesusahan menunjukkan kemampuan membuat catatan waktu tercepat.
Sistem kualifikasi mengalami anti klimkas, karena saat pengibar bendera kualifikasi GP Australia bertugas, malahan tidak ada lagi pebalap yang berada di dalam sirkuit. Rencananya, sistem kualifikasi bakal segera diubah pada sesi balapan berikutnya di GP Bahrain.
19. Lewis Hamilton Pole Position
Juara dunia bertahan F1 Lewis Hamilton yang mengendarai mobil Mercedes, sukses meraih pole position. Hamilton tak mampu disaingi oleh pebalap lainnya. Hamilton selalu menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi pertama, kedua dan ketiga. Lewis Hamilton mencatatkan rekor pole position ke-50 di Formula 1 sepanjang karirnya.
20. Rio Haryanto Ungguli Rekan Setim Di Kualifikasi
Rio Haryanto membuat kejutan, berhasil mengungguli rekan setimnya Pascal Wehrlein di sesi kualifikasi. Dalam sesi kualifikasi, Rio Haryanto menyelelesaikan 3 lap dengan raihan waktu terbaik 1 menit 29,627 detik. Catatan waktu Rio lebih baik daripada Pascal Wehrlein yang membukukan waktu tercepat 1 menit 29,642 detik. Padahal dalam sesi tes pra musim dan sesi free practice, kecepatan Wehrlein selalu jauh lebih kencang daripada Rio.
21. Mobil Rio & Grosjean Senggolan Di Pitlane
Saat sesi free practice ke-3, mobil Rio Haryanto menyenggol mobil milik Romain Grosjean di area pitlane. Akibat insiden ini, Rio dihukum penalti mundur tiga posisi start, serta mendapatkan dua poin penalti yang berlaku selama 12 bulan.
22. Banyak Pebalap Melintir Dalam Free Practice
Banyak pebalap melintir dalam sesi free practice 1 & 2, karena lintasan trek basah gegara hujan di sekitar Albert Park.
BACA JUGA ARTIKEL FORMULA 1 BERIKUT
RIO HARYANTO PEBALAP F1 KE-59 YANG BUAT DEBUT DI SIRKUIT ALBERT PARK
PENGALAMAN RIO HARYANTO BERDUEL LAWAN PEBALAP FORMULA 1
HASIL RACE FORMULA 1 GRAND PRIX AUSTRALIA 2016
FLASHBACK PENAMPILAN DEBUT PEMBALAP ASIA DI FORMULA 1
KECEPATAN MOBIL RIO HARYANTO MEMBAIK DALAM SESI TES
ANALISA PERFORMA RIO HARYANTO DALAM TES PERDANA 2016
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H