Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Flashback Penampilan Debut Pembalap Asia di Formula 1

16 Maret 2016   20:08 Diperbarui: 13 Oktober 2023   09:45 623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompetisi balap Formula One tahun 2016 bakal segera dimulai akhir pekan ini. Grand Prix Australia yang diselenggarakan di Sirkuit Albert Park, Melbourne menjadi pembuka musim balap Formula One tahun ini

Jutaan rakyat Indonesia pastinya sudah tak sabar lagi menantikan aksi Rio Haryanto membalap di Sirkuit Melbourne. Rio Haryanto bakal tercatat dalam sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang berlaga di seri balapan Formula 1.

Sepanjang sejarah, sudah pernah ada 24 pembalap dari Asia yang merasakan berkompetisi di balapan jet darat Formula One. 

20 pembalap berasal dari Jepang, 2 pembalap dari India, serta masing-masing satu pembalap dari Thailand dan Malaysia. 

Dari 24 pembalap Asia yang merasakan kompetisi F1, hanya 21 pembalap yang sukses melakukan debut start dalam balapan.

Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh dari Thailand (akrab dikenal sebagai Prince Bira) merupakan pembalap Asia pertama yang ngebut di kompetisi F1. 

Prince Bira tampil dalam edisi perdana balapan Formula One, Grand Prix British tanggal 13 Mei 1950 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Prince Bira mengendarai mobil Maserati 4CLT-48 milik tim Enrico Plate.

Dalam penampilan debutnya di F1, Prince Bira sukses membuat catatan waktu terbaik 1 menit 52,6 detik dalam sesi babak kualifikasi, yang mengantarkan Prince Bira start lomba dari posisi ke-5. 

Hingga saat ini, Prince Bira tercatat sebagai pembalap Asia yang membuat posisi start terbaik dalam penampilan debut di Formula One.

Prince Bira/ Sumber: f1-facts.com
Prince Bira/ Sumber: f1-facts.com
Namun sayangnya, Prince Bira gagal mencapai finish dalam balapan debut F1 di Grand Prix British 1950. Karena kehabisan bahan bakar mobil saat memasuki lap ke-49. 

Sepekan kemudian, Prince Bira berhasil memperbaiki penampilan dalam seri Grand Prix berikutnya di Sirkuit Monako. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun