Mohon tunggu...
Cataleya Arojali
Cataleya Arojali Mohon Tunggu... Buruh -

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Fiksi Kuliner] Bang Gobang dan Rokayah

6 Juni 2016   12:20 Diperbarui: 11 Juni 2016   03:24 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bir pletok adalah salah satu minuman khas Betawi. Embel-embel bir pada minuman ini bukan berarti mengandung alkohol. Bir pletok justru merupakan minuman kebugaran dari rempah alami yang memiliki beragam khasiat. Salah satunya, bisa mengatasi masalah sulit tidur alias insomnia. Orang Betawi juga gemar minum bir lho. Tapi jangan salah, bir yang satu ini terbuat dari rempah-rempah yang aman untuk dikonsumsi. Pada acara-acara adat Betawi, biasanya bir pletok disajikan bersama dengan camilan-camilan khas Betawi lainnya. Bir ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe merah, kayu angin, kayu manis, serai, kapulaga, dan sebagainya. Minuman ini memiliki sensasi hangat ketika diminum dan cocok diminum dimalam hari atau pada saat udara dingin.

"Bang kaga mabok apa, siang-siang minum bir?" yang berucap Rokayah. Tampak bibirnya yang merah karena tersiram kuat soto betawi.

"Gak lah Mpok. Bir itu istilah doang, sebenarnya tidak membuat mabuk, justru bagus untuk kesehatan." menjawab Bang Gobang.

Setelah Bang Gobang menjawab begitu, lamat-lamat terdengat suara klenengan bel kecil yang dimainkan oleh seseorang. Bang Gobang melirik kearah di mana suara itu berasal. Ternyata suara itu seorang pedagang es Doger pikul. Pedagang itu terlihat sangat ringkih. Kulitnya sudah keriput termakan usia. Royani melihat itu, merasa iba lalu berkata kepada Bang Gobang, 

"Bang, kayenye enak tuh es doger!"

Bang Gobang menjawab, "Emang Mpok mau?"

Sebelum Royani mengangguk, Bang Gobang sudah melambaikan tangannya memangil pedagang es doger itu.

Melihat itu, pedagang es doger itu pun menyisi di samping kedai Bang Jali. Ia tidak merasa enak hati kepada pemilik kedai jika mangkal di warung yang juga menjual minuman dingin.

"Bang, jauh amat berhentinya. Dimari lah deketan dikit!" kata Bang Gobang. 

"Abang mau minuman es doger?" Tiba-tiba Bang Jali berkata seperti itu sambil menyodorkan Bir Pletok yang dipesan Bang Gobang. 

"Eh, iya ..."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun