Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kazumi Memahami Budaya Gotong Royong

11 Juli 2023   01:27 Diperbarui: 11 Juli 2023   01:31 1367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Dilingkungan masyarakat juga zaman dulu dan saat ini juga masih dilakukan dimana setiap ada hajatan baik pernikahan maupun kemalangan biasanya tanpa di komando itu gerakan gotong royong akan muncul dari diri pribadi masyarakat setempat, mulai dari menyiapkan masakan, mendirikan teratak untuk tamu, mengangkat kursi dan hal lainnya dilakukan secara gotong royong, gotong royong sudah menjadi akar budaya bangsa kita yang harus terus kita jaga Zum"

"Jadi Pak saat ini contoh nyata dalam bernegara yang menerapkan gotong royong apa ya Pak..?" Kazumi terus bertanya.

"Banyak Zum, misalnya presiden dan para wakil rakyat mencari solusi dari berbagai persoalan bangsa, begitu juga di bidang kesehatan Kazumi mungkin pernah dengar BPJS nah itu juga bagian dari Gotong Royong untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi setiap warga negara di Indonesia, kita membayar secara urunan jadi siapa yang sakit akan di tanggung BPJS pengobatannya, yang tadinya biaya berobat mahal menjadi terjangkau karena kita membayar secara gotong royong melalu program BPJS, sehingga yang tidak sakit sudah ikut membantu dan beramal dengan menyumbang sebagai peserta BPJS. Gitu Zum."

"Wah ternyata Gotong Royong di era modern saat ini terus terjadi ya Pak"

"Ia zum, Gotong royong kebudayaan bangsa kita yang harus terus di lestarikan, dan semua tempat pasti ada gotong royong didalamnya, di rumah, di sekolah, di tempat kerja, dilingkungan masyarakat bergotong royong menjadi suatu kewajiban yang sering dilakukan dalam banyak hal"

"wah menarik Pak, mulai hari ini Kazumi akan giat bergotong royong karena banyak nilai dan manfaat yang terkandung didalamnya" Kazumi terlihat senang mendengar penjelasan Pak Rudi

"Kazumi harus sampaikan juga sama kawan-kawannya biar rajin ikut partisipasi dalam bergotong royong" Pak Rudi menguatkan pemahaman Kazumi tentunya agar temannya juga ikut rajin dalam setiap kegiatan gotong-royong.

Tak terasa obrolan Kazumi dan Pak Rudi sudah hampir 15 menit itu artinya jam istirahat sekolah akan habis dan Kazumi beranjak dari tempatnya untuk menuju ruang kelas dan sebelum pergi Kazumi mengucap salam ke Pak Rudi.

"Makasih Ya Pak, Assalamualaikum"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun