Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kazumi Memahami Budaya Gotong Royong

11 Juli 2023   01:27 Diperbarui: 11 Juli 2023   01:31 1367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

" Ia tapi Pak, kenyataannya bisa kita lihat terjadi suasana yang tidak enak seperti kejadian pagi ini", Kazumi coba mempertegas argumen yang ia ucapkan di awal tadi.

" Baik Zum, gini membersihkan kelas dengan bergotong royong memberikan nilai-nilai seperti menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan, Membina hubungan sosial yang baik terhadap sesama teman, Menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang, Mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan, Meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan, Meningkatkan produktivitas kerja."

"Segitu banyaknya manfaatnya ya Pak " Kazumi mulai memahami makna di balik budaya gotong royong.

"Bapak Lanjut Zum, Nenek moyang bangsa kita dari zaman dahulu sudah terkenal dengan budaya gotong royongnya, dimulai dari bercocok tanam di lahan pertanian dilakukan secara bersama-sama anggota masyarakat kala itu, begitu juga dalam mengusir penjajah semangat gotong royong membuat negara kita merdeka."

"Begitu pentingnya gotong royong sehingga dalam Profil pelajar pancasila yang menjadi tujuan karakter lulusan peserta didik nantinya ada gotong royong didalamnya."

"Gitu ya pak, Profil Pelajar Pancasila berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, 

bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif, itu kan pak" Kazumi coba mengulang 6 profil pelajar pancasila.

"Betul Zum, Kazumi sudah mulai memahami penerapan profil pelajar pancasila" Pak Rudi memuji jawaban Kazumi.

"Terus Zum apalagi contoh gotong royong yang bisa kalian lakukan di sekolah"

"kalau di sekolah, Bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar. Menjadwal regu piket dan membersihkan ruang kelas, membersihkan selokan, tempat ibadah, dan toilet kadang-kadang juga Bermusyawarah bersama teman untuk mengatasi suatu masalah pak,"

"Betul sekali Zum" Pak Rudi Puas dengan jawaban Kazumi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun