Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kazumi Memahami Budaya Gotong Royong

11 Juli 2023   01:27 Diperbarui: 11 Juli 2023   01:31 1367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

"Pak boleh bertanya", Kazumi langsung menodong Pak Rudi.  

"Ya Kazumi ada apa ...?" Pak Rudi sedikit kaget karena di kelas tadi Kazumi terlihat diam dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran.

 "Itu Pak... Gimana tanggapan bapak seputar kejadian tadi siswa tidak piket di hukum"

"Oh, itu bapak kira entah apa...", Pak Rudi diam sejenak sebelum menjawab pertanyaan Kazumi.

Memang siswa terbaik Bapak yang satu ini memang peduli, cantik, pintar, Rajin berpakaian rapi komplitlah Pokoknya" Pak Rudi sedikit mengalihkan pembicaraan.

"Duh sudah-sudah Pak nanti Kazumi lupa diri di puji terus sama Bapak" Kazumi terus memaksa untuk diberikan jawaban pertanyaan yang diajukan tadi.

"Menurut Kazumi gimana coba berikan pendapatmu, sebelum nanti bapak menjawab" 

Pak Rudi bertanya balik.

"Izin Pak, kalau menurut Kazumi memang kebersihan itu penting, tapi kejadian seperti ini sering terjadi apa tidak sebaiknya sekolah kita menambah jumlah pegawai khusus untuk menangani bidang kebersihan sehingga siswa tidak di repotkan lagi mengurusi kebersihan."

Pertanyaan Kazumi sedikit membuat Pak Rudi terdiam dan dengan wajah sedikit serius beliau menatap Kazumi dan seolah-olah ada hal yang tidak di fahami Kazumi terkait persoalan gotong royong dalam menjaga kebersihan.

"Begini Zum, perihal menjaga kebersihan itu identik dengan bergotong royong yang dilakukan siswa setiap pagi sebelum memulai pembelajaran, di situ banyak sekali pembelajaran yang di dapat dari kebudayaan bergotong royong. Tidak hanya sekedar mendapatkan kebersihan kelas namun juga banyak nilai-nilai lainnya"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun