Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kazumi Memahami Budaya Gotong Royong

11 Juli 2023   01:27 Diperbarui: 11 Juli 2023   01:31 1367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

"Semua Kalian Berdiri menghormat bendera" Teriakan bu Indah merusak kesegaran suasana pagi ini.

Hari sabtu yang menjadi waktu yang seharusnya menyenangkan bagi siswa untuk belajar karena esok libur, sedikit terusik karena ada kejadian pagi ini piket kebersihan kantor guru tidak ada yang bekerja.

Seperti biasa kelas IPS kebagian jadwal untuk kebersihan di hari sabtu, namun pagi ini entah mengapa hampir seluruh siswa XI IPS 2 tidak peduli dengan tugas mereka sebagai piket kebersihan kantor guru.

Sontak hal ini mengundang amarah bu Indah yang sudah terkenal suaranya akan menggeletar jika marah layaknya petir menyambar dikala hujan badai tiba. Satu persatu siswa yang piket berlarian menuju tiang bendera karena khawatir tongkat kayu patahan sapu yang ada di tangan bu Indah menjadi santapan pagi mereka.

Kejadian ini juga menjadi topik pembahasan di kelas kami dimana pelajaran PPKn kali ini pak Rudi sudah bersiap ingin memulai pembelajaran, walau tadi sedikit terganggu karena teriakan guru piket yang mengundang perhatian.

"Bagaimana Kondisi kalian pagi ini..." Pak Rudi menyapa setelah kami selesai berdoa 

"kabar baik pak", serentak jawaban dari siswa menyahut pertanyaan pak Rudi.

Sebelum materi pembelajaran dimulai pak Rudi membolak-balik buku pelajaran yang di bawanya dari kantor guru dan seperti biasa memastikan materi yang akan di pelajari hari ini tidak sama dengan materi pelajaran kemaren.

Suasana belajar berjalan lancar tanpa terasa dua les pelajaran bersama pak Rudi berlalu, waktu istirahatpun sudah tiba seperti biasa setelah pak Rudi beranjak seluruh siswa memiliki kesibukan masing-masing.

Begitu juga Kazumi bergegas mengikuti Pak Rudi dan berharap bisa bertanya sebelum Pak Rudi memasuki ruang guru.

"Pak...Pak,...Teriak Kazumi memanggil Pak Rudi yang berjalan di depannya"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun