Mohon tunggu...
BASRI HS
BASRI HS Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 2 Tapalang

Memancing

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

LK- 2. Jurnal Refleksi PPL PPG Daljab

31 Januari 2024   20:58 Diperbarui: 31 Januari 2024   20:59 641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK-2. Jurnal Refleksi PPL PPG Daljab

Nama Mapel : BAHASA INDONESIA

Tempat Pelaksanaan : SMP Negeri 2 Tapalang

Waktu Pelaksanaan : Rabu, 23 Januari 2024

 Nama Mahasiswa : BASRI HS, S.Pd 

Nama Guru Pamong : Wahyu Dwi Lestari, S.Pd

Nama Dosen Pembimbing : Dr. Pidekso Adi, M.Pd

I. Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran

- Topik pembelajaran yang saya pilih ialah Ayo Berkirim Surat  "Surat Resmi dan Surat Pribadi" mata pelajaran Bahasa Indonesia BAB 7 kelas VII

-Elemen : Memebaca Memirsa

-Tujuannya ialah

1. Dengan bernalar kritis Peserta didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk, isi dan bahasanya dengan baik. 

2. Peserta didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk, isi bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik.

-Inovasi pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan model PBL dan metode Diskusi, penugasan dan presentasi

- Dengan menggabungkan PBL, diskusi, penugasan, dan presentasi, guru menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik dan mempromosikan pengembangan keterampilan abad ke-21 yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata. Pendekatan ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa dan membangun minat mereka terhadap pembelajara.

- Saya memilih metode dan model pembelajaran tersebut Karena saya yakin sesuai dengan karakteristik materi dan kondisi lingkungan tempat saya mengajar dan akan berdampak positif terhadap hasil pembelajaran

II. Hal Baik/Manfaat dari Inovasi Pembelajaran

menggunakan model PBL (Project-Based Learning) dan metode Diskusi, Penugasan, dan Presentasi dalam pembelajaran surat resmi dan surat pribadi memiliki beberapa manfaat baik bagi saya sebagai pengajar maupun bagi siswa. Berikut adalah beberapa hal baik/manfaat dari inovasi pembelajaran tersebut:

-Pengembangan Keterampilan Abad ke-21 : Guru dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kerjasama tim, melalui pendekatan PBL dan metode presentasi melalui diskusi kelompok.

- Motivasi Siswa : Guru  menggabungkan elemen-elemen seperti diskusi, penugasan, dan presentasi, dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran 

- Pengalaman Pembelajaran Holistik : Guru dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang holistik dengan mengintegrasikan berbagai elemen, termasuk teori (membaca dan memirsa), praktik (penugasan), dan presentasi sehingga Siswa dapat mengalami pembelajaran yang lebih menyeluruh, memahami konsep lebih baik.

- Mengenali Surat Resmi dan Surat Pribadi : Siswa dapat memahami perbedaan dan persamaan antara surat resmi dan surat pribadi melalui analisis bentuk, isi, dan Bahasa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat mengenali dan memahami dengan lebih baik struktur, format, serta gaya penulisan dari kedua jenis surat tersebut.

- Pengembangan Kemampuan Presentasi : Melalui metode presentasi, siswa dapat mengembangkan keterampilan presentasi, membantu mereka untuk berbicara dengan percaya diri di depan teman temannya, siswa dapat merasakan peningkatan dalam kemampuan berbicara dan menyampaikan ide mereka secara efektif.

Alasan-alasan di atas dapat dihubungkan dengan materi Bahasa Indonesia BAB 7 tentang surat resmi dan surat pribadi, di mana siswa tidak hanya memahami struktur dan bahasa dari kedua jenis surat tersebut, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, inovasi pembelajaran yang diterapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk perkembangan siswa dalam konteks materi Surat resmi dan surat pribadi

III. Tantangan/Masalah yang Dihadapi dari Inovasi Pembelajaran

Implementasi inovasi pembelajaran tidak selalu berjalan mulus dan dapat dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi dan hubungannya dengan materi Bahasa Indonesia BAB 7 tentang surat resmi dan surat pribadi. . 

- Kesulitan Memahami Konsep Surat Pribadi dan Surat Resmi : Beberapa siswa di awal pembelajaran kesulitan memahami perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi, terutama jika konsep ini masih abstrak bagi mereka, Materi ini melibatkan pemahaman konsep dan perbedaan antara dua jenis surat. Tantangan ini dapat disebabkan oleh kompleksitas bahasa resmi dan informal yang terdapat dalam surat pribadi.

- Keterlibatan Siswa yang Tidak Merata : Beberapa siswa lebih aktif terlibat daripada yang lain, menciptakan ketidakmerataan dalam partisipasi,  Pemahaman yang tidak merata tentang materi dapat mempengaruhi kualitas diskusi kelompok dan presentasi, menghambat pemahaman konsep surat resmi dan surat pribadi.

- Kesulitan evaluasi : Model  pembelajaran PBL dan penugasan dapat membuat tantangan dalam mengevaluasi pencapaian siswa secara objektif, Evaluasi yang akurat diperlukan untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi, khususnya dalam analisis bentuk, isi, dan bahasa surat resmi dan surat pribadi.

- Keasulitan Mengelola Kelompok : PBL melibatkan kerjasama dalam kelompok, Keterlibatan peserta didik dalam kelompok dapat mempengaruhi pemahaman bersama tentang materi, terutama dalam menganalisis dan membandingkan surat resmi dan surat pribadi.Mengatasi tantangan ini memerlukan refleksi dan penyesuaian terus-menerus dalam pendekatan pembelajaran.

IV. Solusi Pemecahan MasalahUntuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan inovasi pembelajaran pada materi Bahasa Indonesia tentang surat resmi dan surat pribadi, guru dapat menerapkan berbagai solusi pemecahan masalah. Diantaranya :

- Klarifikasi konsep awal akan membantu dasar yang kuat untuk membangun pemahaman siswa terhadap materi. Ini dapat dilakukan melalui diskusi, contoh konkret, atau pemahaman bersama mengenai karakteristik  dari masing-masing jenis surat.

- Mendesain  kegiatan yang mendorong partisipasi setiap siswa, seperti diskusi kelompok kecil yang memungkinkan setiap anggota kelompok memiliki peran dan tanggung jawab.Dengan memfasilitasi kebutuhan yang merata.

-Melakukan bimbingan kelompok secara teratur untuk memastikan bahwa setiap kelompok memiliki pemahaman yang jelas tentang tugas mereka dan dapat mengatasi masalah yang muncul. Bimbingan kelompok dapat membantu mengelola dinamika kelompok, memastikan bahwa setiap anggota kelompok terlibat, dan memberikan arahan khusus untuk menyelesaikan tugas.

Dengan menerapkan solusi ini, guru dapat meningkatkan efektivitas inovasi pembelajaran berjalan lebih baik, dan memberikan dukungan kepada siswa dalam memahami materi surat resmi dan surat pribadi dengan baik.

V. Rencana Tindak Lanjut (RTL) adalah langkah-langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan inovasi pembelajaran Anda ke depannya. Berikut adalah beberapa rencana tindak lanjut yang dapat saya pertimbangkan:

- Makukan refleksi secara teratur terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Identifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Lakukan penyesuaian berdasarkan hasil refleksi tersebut.

- Mengembangkan bahan ajar yang mendukung materi surat resmi dan surat pribadi. Pastikan sumber daya dan referensi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa dan mendukung tujuan pembelajaran.

- Mengevaluasi instrumen evaluasi untuk memastikan dapat mengukur pemahaman siswa secara holistik. Menyesuaikan  metode evaluasi yang sesuai dengan karakteristik materi.

- Guru melakukan monitoring dan evaluasi rutin terhadap perkembangan siswa dan respons mereka terhadap inovasi pembelajaran.

Dengan menerapkan RTL ini, diharapkan guru dapat secara proaktif meningkatkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran ke depannya, memastikan bahwa pembelajaran siswa semakin efektif dan relevan.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun