Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Hermeneutika (24)

9 Juli 2023   20:11 Diperbarui: 9 Juli 2023   20:28 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Soma atau tubuh yang hidup (Leib) berpartisipasi dalam mendengar, melihat, menyentuh dan mencium sesuatu, jadi entah bagaimana dalam ruang yang sama dengan hal-hal yang didengar, dilihat, disentuh dan dicium. Namun, muncul pertanyaan apakah manusia berada di ruang yang sama dengan benda. Jika tidak, bagaimana manusia di ruang angkasa sebagai soma;

Dalam kasus jam tangan, saya dapat mengambilnya dengan tangan saya dan meletakkannya di atas meja. Apa yang terjadi dalam kasus ini; Secara fenomenologis, saya membuat gerakan dimana jam ditempatkan di tempat lain. Dengan gerakan yang saya lakukan ini, saya menggerakkan tangan saya dan menggerakkan jam. Nah, apakah gerakan tangan saya dan gerakan jam tangan itu sama;

Pergantian tempat jam oleh gerakan tangan saya adalah gerakan melengkung yang dapat diukur. Apa yang terjadi sebagai gantinya; dengan tangan; Mari kita ambil contoh seseorang yang meletakkan tangannya di dahi mereka dalam salah satu kuliah saya. Dalam hal ini saya tidak mengamati perubahan tempat dan posisi tangan, tetapi saya langsung mengerti dia sedang memikirkan sesuatu yang rumit; Bagaimana seharusnya menginterpretasikan gerakan tangan ini; Mungkin sebagai ungkapan; Menurut Heidegger, tidak, karena ini menyiratkan salah mengartikan gerakan sebagai ekspresi dari sesuatu yang internal alih-alih memahami fenomena soma dari hubungannya dengan orang lain.

Jadi, perbedaannya terutama terletak pada jenis gerakannya: dalam kasus jam tangan, ini adalah perubahan tempat, transportasi di ruang angkasa; dalam kasus tangan seseorang berbicara tentang isyarat (Gebarde). Istilah isyarat mencirikan gerakan sebagai gerakan soma saya.

Apa yang dimaksud dengan Gebarde; Secara etimologis berasal dari baren (bawa). Gebaren memiliki asal yang sama dengan baren. Awalan kolektif ge- menunjukkan berkumpul, berkumpul, seperti dalam Gebirge (pegunungan, pegunungan), dalam Gerede (gosip), Geschwatz (berceloteh) dan dalam Geschwister (saudara perempuan dan laki-laki). Dari perspektif ini Gebarde berarti perilaku (ein Sich-Betragen).

Dalam filsafat, Gebarde tidak terbatas pada makna ekspresi, tetapi mencirikan semua perilaku manusia yang ditentukan oleh keberadaan-di-dunia. Dalam pengertian ini, korporalisasi selalu menjadi milik dunia, memang, ia ikut menentukan berada di dunia, terbuka dan memiliki dunia. Eksekusi setiap gerakan soma saya yang dipahami sebagai isyarat tidak meluas dalam ruang yang acuh tak acuh; melainkan, berperilaku (Betragen) sudah selalu dipertahankan di wilayah tertentu yang dibuka oleh benda dan yang saya rujuk ketika saya mengambil sesuatu di tangan saya.

Selain menjadi sarana perantara dalam hubungan kita dengan dunia dan menjadi subjek dari niat asli, tubuh memiliki kapasitas ekspresif dan signifikan. Jelas itu tidak diungkapkan melalui tanda-tanda linguistik, tetapi melalui gerak tubuh.

Seperti dalam kasus Merleau-Ponty, gerak menghasilkan makna tidaklah tepat dan eksklusif pada bahasa; makna, sebaliknya, diekspresikan dalam tindakan subjek terhadap dunia. Ketika   menggunakan kapur untuk menulis di papan tulis saya mengerti artinya, ketika memotong daging dengan pisau saya mengerti artinya, ketika menghentikan kendaraan ketika saya melihat penjaga kota mengangkat tangannya dalam posisi vertikal saya mengerti gerakannya. Gestur, oleh karena itu, adalah gerakan dengan makna. Gestur mengungkapkan suatu perilaku, suatu intensionalitas.

Esensi dan bentuk simpati (1913), Heidegger berpikir makna yang terkandung dalam gerak tubuh tidak dipahami dengan kemiripan dengan makna yang dialami secara internal ; sebaliknya, pengalaman yang kita miliki tentang kemarahan atau kegembiraan orang lain sudah terkandung dalam gerak tubuh mereka. Bisa dikatakan kita membaca kemarahan dalam gestur orang lain, ternyata dalam konteks budaya yang tidak jauh berbeda dengan kita.

Tubuh yang terlihat memiliki kefasihan khusus, yang karenanya gerakan yang disaksikan memiliki karakter ajakan, sebuah pertanyaan yang memancing tanggapan. Isyarat orang lain mengundang saya untuk bertemu dengannya dan dalam pertemuan ini komunikasi terjadi. Pemahaman gestur bersifat dialogis dan terjadi dalam konteks komunikasi yang vital. Jadi, misalnya, terbukti secara fenomenologis ketika Rohana merah seseorang disebabkan oleh Rohana  merah, malu, perubahan suhu yang tiba-tiba, atau peningkatan tekanan darah. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat dengan mudah membedakan berbagai jenis rona merah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun