A. Latar Belakang
Dalam Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, pendidikan merupakan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia maupun anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sehingga sebagai seorang pendidik, tentunya menyadari bahwa setiap anak memiliki kodratnya masing-masing yang dapat kita kembangkan secara maksimal.
Untuk itu sebagai pendidik, kita harus mampu mengidentifikasi setiap kebutuhan anak dalam belajar. Hal ini sangat penting karena ada kaitannya dengan pembelajaran yang akan dibahas dalam modul 2.1 yaitu pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi ini pendidik harus memperhatikan beberapa hal penting yaitu melakukan pemetaan terhadap kebutuhan murid dan menganalisis strategi pembelajaran berdiferensiasi.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata adalah sebagai berikut :
1. Â Mewujudkan Pembelajaran yang berpihak pada murid.
2. Mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan kebutuhan murid
3. Â Menerapkan Strategi pembelajaran berdiferensiasi
4. Â Meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas agar kebutuhan belajar murid dapat terfasilitasi dan terlayani dengan baik.
C. Tolok Ukur
Tolok ukur dalam rancangan aksi nyata adalah sebagai berikut :
1. Melaksanakan Pemetaan Kebutuhan belajar murid (Kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid).
2. Menggunakan strategi pembejaran berdiferensiasi (konten,proses, dan Produk).
3. Melakukan penilaian untuk menjadi penentu tingkat keberhasilan tujuan pembelajaran.
D. Lini Masa Tindakan yang akan di lakukan
Ada beberapa tindakan yang akan dilakukan dalam penerapan aksi nyata, yaitu :
1. Melakukan Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid (Kesiapan belajar, Minat, Profil belajar murid) dengan menggunakan beberapa cara diantaranya Survey/Angket atau dengan Assesment awal pembelajaran (assesment diagnotis)
2. Melakukan Analisis terhadap strategi pembelajaran berdiferensiasi (konten,proses, produk)
3. Menyusun RPP berdiferensiasi berdasarkan pemetaan kebutuhan murid.
 https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-berdiferensiasi-191/Â
4. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi di kelas sesuai denga rancangan RPP yang telah dibuat.
5. Melakukan penilaian pembelajaran berdiferensiasi.
6. Melakukan refleksi pembelajaran bediferensiasi.
E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Untuk mewujudkan rancangan aksi nyata ini, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya sebagai berikut :
1. Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab dalam setiap kegiatan di sekolah.
2. Rekan sejawat sebagai tempat bertukar pikiran dalam melaksanakan kegiatan aksi nyata.
3. Murid sebagai tokoh utama dalam pelaksanaan aksi nyata.
LINK RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDIFERENSIASI
https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-berdiferensiasi-191/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H