PEMERINGKATAN WEBOMETRICS: PERSPEKTIF KEUNGGULAN KOMPETITIF
(STUDI PADA UNIVERSITAS NEGERI MALANG)
Oleh: Sawitri Dwi Prastiti dan Bambang Sugeng
Departemen Akuntansi, FEB-UM
LATAR BELAKANG
Website berperan sebagai media komunikasi dan interaksi berbasis teknologi informasi antara pihak penyedia informasi dan stakeholders (Harsoyo & Jati, 2018). Website dapat juga berfungsi untuk meningkatkan popularitas dan kredibilitas penyedia informasi guna membentuk citra positif (Burnasheva & Suh, 2021; Onkvisit & Shaw, 1987; Wijayanti et al., 2024) individu atau organisasi. Â Website yang ditujukan untuk mendukung citra diri harus mudah diakses dan selalu memperbaharui informasi yang tersaji di dalamnya. Â Bagi perguruan tinggi (PT), website berfungsi sebagai perwakilan PT di dunia maya yang bertujuan mendekatkan diri ke stakeholders. Â Informasi yang disajikan di web PT adalah informasi seputar pelaksanaan Tri dharma dan promosi. Â Pendidikan tinggi sebagai entitas bisnis yang sangat kompetitif akan menetapkan strategi untuk memenangkan persaingan dengan cara menarik mahasiswa dan stakeholders melalui reputasi yang diinformasikannya di website (Memisevic & Memisevic, 2022). Webometrics adalah salah satu metode indexing atau pemeringkatan laman web PT dunia. Â Webometrics bertujuan untuk memromosikan publikasi hasil penelitian atau karya sivitas akademik di laman web yang diinisiasi oleh pemikiran tentang open access. Peringkat webometrics menggambarkan kualitas global institusi pendidikan dan penelitian (Harsoyo & Jati, 2018). Peringkat webometrics akan menampilkan kualitas dan kuantitas informasi akademik yang tersaji di web PT dan tidak hanya sekedar memeringkat web PT (Kunosi et al., 2019).
Knowledge adalah tingkat pemahaman individu yang bersifat abstrak. Abad 21 menyandingkan knowledge dan produktivitas sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi (Davis, 2016). Menempatkan knowledge sebagai salah satu sumber daya organisasi tidak terlepas dari pergeseran indicator keberhasilan bisnis di era revolusi Industry 4.0. Â Indikator bisnis era revolusi industry 4.0 mensyaratkan peningkatan kualitas sumber daya manusia agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi (Birkel & Mller, 2021). Adaptasi terhadap perkembangan teknologi dinyatakan sebagai strategi operasional yang bertujuan mencapai competitive advantage (Tejeiro Koller, 2016). Pada lingkup pendidikan tinggi, adaptasi terhadap perkembangan teknologi ditandai oleh strategi evaluasi kemudahan akses, identifikasi hambangan, kesetaraan akses digital, serta pemerataan teknologi (Martinez & Veiga, 2024).
Guna menjelaskan manfaat pemeringkatan webometrics bagi PT, artikel ini menggunakan teori Dynamics Capabilities (DCs) (Teece, 1990; Teece et al., 1997). Teori DCs menjelaskan kepemilikan sumber daya/kompetensi unik yang dimiliki organisasi dan pemanfaatannya guna menciptakan competitive advantage yang mendukung sustainabilitas organisasi. Pada lingkup PT, pemeringkatan bermanfaat bagi pelajar untuk memilih PT yang diidamkan (Le et al., 2019) dan sekaligus media promosi bagi PT. Â Pada lingkup pemerintahan, pemeringkatan bermanfaat untuk merumuskan keputusan strategis (Hazelkorn, 2018). Temuan sebaliknya pada penelitian Thomas et al (2024) yang menunjukkan pemeringkatan PT tidak memengaruhi kepuasan mahasiswa. Berkenaan dengan pemeringkatan, penelitian Arzaghi et al (2023) di lingkup pemasaran menjelaskan pentingnya keselarasan pemeringkatan (rating) dan review konsumen. Â Rating menginformasikan ketersediaan dan kelengkapan infrastruktur. Review merupakan persepsi kepuasan dan preferensi konsumen. Rating dan review yang tidak sejalan mencerminkan lemahnya manajemen untuk mengoptimalkan asset perusahaan guna mendukung competitive advantage. Â Indikator competitive advantage terpenuhi jika konsumen puas terhadap produk atau jasa yang dibeli dan melakukan rebuying. Â Dalam jangka panjang, kepuasan konsumen dapat menjaga sustainabilitas entitas bisnis (Teece et al., 1997).
Sepanjang periode 2022 sampai 2024, Universitas Negeri Malang (UM) menempati urutan world rank versi webometrics dengan peringkat sebagai berikut: 2514, 2294, dan 1354. Sebagai pembanding, penelitian ini menggunakan posisi pemeringkatan PTN lain yang berlokasi di kota Malang, yaitu UB. Â Posisi pemeringkatan system webometrics UB sepanjang tahun 2022 sampai 2024 memiliki urutan 956, 853, dan 852. Sistem pemeringkatan webometrics dipilih sebagai sumber data karena system ini memiliki jumlah partisipan PT terbanyak dibandingkan system perankingan yang berbeda, diikuti oleh 200 negara, dan PT yang tersebat di 5 benua. Â Selain itu system webometric memiliki ukuran standar internasional sederhana yang dirujuk oleh PT partisipan dari berbagai negara. Â Sehingga, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendiskripsikan indikator visibility, transparency, dan excellence system perankingan webometrics situs web UM. Â Manfaat praktis tulisan ini bagi UM adalah untuk memromosikan kualitas produktivitas karya ilmiah sitivitas akademik dan daya saing antar PT. Â Bagi stakeholders tulisan ini bermanfaat untuk menilai kualitas pendidikan, penelitian, dan keterbukaan PT melalui informasi yang tersaji di situs web UM.
KAJIAN LITERATUR
Dynamic Capabilities dan Keunggulan Kompetitif