Mohon tunggu...
Arako
Arako Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Best in citizen journalism K-Award 2019 • Pekerja Teks Komersial • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pengalaman Mengecewakan dengan Home Credit Indonesia (HCI) Saat Aktivasi Pelunasan Cicilan Lebih Awal

9 November 2021   05:16 Diperbarui: 11 November 2021   21:13 20613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Email dari Home Credit Indonesia, dok pria

 Update : Masalah ini sudah diselesaikan oleh pihak Home Credit Indonesia, selengkapnya ada di bagian akhir tulisan. 

*

Pengalaman mengecewakan dengan Home Credit Indonesia (HCI) saat aktivasi pelunasan cicilan lebih baru saya alami pada Senin (8/11) kemarin. Semoga apa pun yang saya alami di sini bisa menjadi pembelajaran untuk nasabah Home Credit untuk berhati-hati terhadap apapun yang disampaikan Customer Service Home Credit Indonesia terutama saat melakukan aktivasi pelunasan lebih awal. 

Saya mempunyai cicilan Home Credit Indonesia --selanjutnya saya sebut HCI saja-- dengan nomor kontrak 4000754XXX dengan cicilan Rp 1.752.000 per bulan yang masih sisa 10 kali angsuran lagi. Singkat cerita, karena sedang ada rezeki yang akan cair dalam waktu dekat, saya berniat melakukan pelunasan lebih awal terkait cicilan tersebut. 

Saya menghubungi HCI pertama kali melalui email untuk menanyakan nominal pelunasan pada Minggu (7/11) malam, dan mendapat jawaban lewat telepon dengan nomor 085592000357 dari Customer Service HCI yang mengaku bernama Rian (atau Ryan?) keesokan harinya pada Senin (8/11) kemarin. 

Pada telepon yang saya terima sekira pukul 9 pagi tersebut, Rian menginformasikan pada saya bahwa nominal yang harus saya lunasi adalah sebesar Rp 14.279.381 yang harus dibayarkan paling lambat pada 12 November 2021.

Saya tidak mendapat penjelasan bagaimana perhitungan detilnya, yang saya tahu hanya sebatas senilai angsuran pokok tersisa ditambah biaya administrasi Rp 150.000. Namun saya tidak terlalu ambil pusing soal ini. Nominalnya masih okelah ketimbang saya masih harus menyicil dengan normal 10 kali lagi.

Dalam kesempatan telepon tersebut, saya belum melakukan aktivasi pelunasan lebih awal karena dana saya belum cair. Saya juga bertanya pada Rian bagaimana melakukan aktivasi sewaktu-waktu mengingat kadang saya kesulitan saat menelepon CS HCI. Rian menjawab bahwa saya bisa melakukan aktivasi sewaktu-waktu dengan menghubungi melalui WA, email, atau media sosial HCI resmi. 

Sampai di sini, saya masih belum ada masalah dengan HCI. Masalah muncul ketika malam harinya, saya mencoba melakukan aktivasi pelunasan karena, Puji Tuhan, uang saya sudah cair. Saya mencoba menghubungi lewat telepon, dan seperti biasa, tidak bisa tersambung untuk berbicara langsung dengan CS. Berhubung sudah berpengalaman menghubungi lewat email dan biasanya baru direspon keesokan harinya (well, lumayan slow respon menurut saya untuk yang butuh layanan lebih cepat), saya mencoba lewat WA dan DM Twitter.

Chat saya lewat WA hanya dibalas oleh mesin penjawab otomatis, namun fast respon saya dapatkan dari DM Twitter. Seperti biasa, saya diminta melakukan verifikasi dengan memberikan sejumlah data yang diminta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun