Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Strategi Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)

3 Juni 2023   15:59 Diperbarui: 3 Juni 2023   23:05 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Secara umum pendidikan merupakan sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam mencapai keseimbangan serta kesempurnaan segala aspek. 

Sedangkan hakikat dari pendidikan bisa berupa penyerapan suatu informasi, pengetahuan dan pengkajiannya yang mendalam disertai uji coba, dan untuk penerapannya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Di masa sekarang manusia dituntut untuk menjadi seseorang yang berpendidikan, memiliki pengetahuan, berwawasan luas dan cerdas sehingga mampu meraih masa depannya dengan sukses dan cemerlang.

Saat ini, dunia pendidikan berkembang dengan pesat seiring perkembangan zaman yang terus maju dan modern, sehingga mau tidak mau proses pembelajaran pun harus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu metode pembelajaran yang serasi dan relevan dipergunakan pada masa sekarang, yaitu dengan penggunaan teknik pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).

Yuk kita mengenal strategi pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan bagaimana pelaksanaannya?

Nah, teknik pembelajaran VCT dapat diartikan sebagai suatu strategi pengajaran untuk membantu siswa dalam mencapai dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi persoalan melalui proses analisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa.

Model pembelajaran VCT bisa dikatakan sebagai strategi pembelajaran moral yang memiliki tujuan sangat mendalam yang berorientasi :

1. Mengukur atau mengetahui tingkat kesadaran peserta didik tentang suatu nilai.

2. Membina kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai yang dimilikinya, baik tingkatannya maupun sifatnya untuk dibina kearah peningkatan dan perbaikannya.

3. Menanamkan nilai-nilai tertentu kepada peserta didik melalui cara yang rasional dan diterima peserta didik sehingga pada akhirnya nilai tersebut menjadi milik peserta didik.

4. Melatih peserta didik cara menilai, menerima dan mengambil keputusan terhadap suatu persoalan dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.

Value Clarification Technique (VCT) dalam proses pembelajarannya meliputi langkah-langkah kedalam 3 tingkatan, yaitu :

Tingkatan pertama, kebebasan memilih (Kognitif). Dimana peserta didik dapat memilih dan memilah secara bebas, memilih dari beberapa sikap, dan memilih setelah melakukan analisis pertimbangan konsekuensi yang akan timbul sebagai akibat atas pilihannya tersebut.

Tingkatan kedua, menghargai (Afektif). Peserta didik mendapati perasaan senang dan bangga dengan nilai yang mereka miliki dan menegaskan bahwa nilai yang mereka pilih merupakan bagian integral dalam dirinya.

Pada proses pembelajaran peserta didik dihadapkan pada hasil nilai yang nantinya harus mereka pertahankan dan mereka miliki sepenuhnya tanpa peserta didik harus malu dengan segala hasil yang dicapai.

Tingkatan ketiga, berbuat (Psikomotorik). Yaitu adanya kemauan dan kemampuan peserta didik untuk mencoba melaksanakan sesuai dengan materi yang ada. Mau melaksanakan perilaku sesuai dengan nilai pilihannya yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Sintaks dari model pembelajaran VCT biasanya meliputi : persiapan, penggunaan media pembelajaran, pemberian stimulus, dan melibatkan siswa pada proses pembelajarannya.

Adapun kegiatan guru ketika proses pembelajaran yaitu guru mencari atau membuat media stimulus yang berupa contoh, keadaan atau perbuatan yang memuat nilai-nilai kontras sesuai dengan topik atau tema dari target pembelajarannya.

Guru juga melontarkan stimulus dengan cara bercerita atau menampilkan gambar, foto atau film yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Selanjutnya guru memberi kesempatan beberapa saat kepada siswa untuk berdialog sendiri atau bersama teman-teman sehubungan dengan stimulus tadi. Dan guru harus mampu merangsang, mengundang dan melibatkan potensi afektual yang terdapat pada siswa.

Seiring dengan langkah yang dilakukan guru, maka kegiatan peserta didik yaitu menentukan pembahasan atau pembuktian argumen pada fase awal, sudah ditanamkan target nilai dan konsep sesuai dengan materi pembelajarannya.

Lalu peserta didik menentukan argumen dan klarifikasi pendirian (melalui pernyataan guru dan bersifat individual, kelompok dan klasikal).

Para peserta didik melakukan dialog terpimpin melalui pertanyaan yang dilontarkan guru baik secara individual, kelompok maupun klasikal yang selanjutnya peserta didik melaksanakan hal-hal yang terjangkau oleh pengetahuan dan potensi afektual siswa.

Demikianlah langkah-langkah ringkas pengenalan strategi pembelajaran VCT yang dilakukan oleh guru bersama-sama siswa dalam proses pelaksanaan pembelajarannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun