Mohon tunggu...
Andika Siska Wahyuni
Andika Siska Wahyuni Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA PROGRAM STUDI PIAUD UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

HAPPY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Manajemen Pendidikan dalam Pemilihan Jurusan di SMK

24 November 2024   20:50 Diperbarui: 26 November 2024   21:38 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Nama Dosen : Illun Muallifah

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komponen yang mempengaruhi

Minat siswa dalam membuat pilihan, dan untuk memutuskan faktor mana yang memiliki pengaruh paling besar atau paling kuat untuk mencapai tujuan ini, analisis dapat di lakukan populasi penelitian ini mencangkup semua siswa faktor-faktor meliputi kebugaran,potensi diri berpengetahuan,keluarga,sekolah,kelompok sebaya,peluang kerja ,kebutuhgan dukungan,representasi, perawatan di luar sekolah,ukuran akses .

PENDAHULUAN

Bentuk jenjang Pendidikan menengah yang aada di Indonesia sebagai jembatan untuk memasuki dunia kerja,Adalah Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). SMK merupakan jenis pendidikan menengah kejuruan, sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan. Pada Pasal 15 dan Pasal 18 yang menjelaskan bahwa SMK merupakan bentuk Pendidikan menengah atas kejuruan. SMK menyelenggarakan proses Pendidikan yang lebih menekankan pada persiapan peserta didik untuk menguasai proses pembelajaran secara tuntas dan utuh melalui pembelajaran teori dan melaksanakan praktik kerja atau pembelajaran praktik sebagai pelatihan insentifnya. Sistem penyelangaraan proses pembelajaran di SMK lebih banyak aspek praktik dari pada teori.

Proses pengambilan Keputusan sebagai proses penting yang mempengaruhi perilaku konsumen sangat pentingdi pahami. Sedangkan menurut Aiken Ginting 2005 mengungkapkan definisi minat sebagai kesukaan terhadap kegiatan melebihikegiatan lainnya sehingga minat berhubungan dengan nilai-nilai yang membuat seseorang mempunyai pilihan dalam hidupnya faham konferhensi oleh trict (dalaSuryo Broto 1984) : ia berpendapat bahwa individu itu baik dasar(bakat,keturunandan lingkungan)ketiga tiganya peran penting. Pemahaman ini di perkuat dengan penelitian yang di lakukan oleh Neewman ,Freeman , dan Holzineger yang menunjukkan bahwa baik dasarmaupun lingkungan mengambil peran dalam individu menurut Vygotsky, perolehan pengetahuan minat bakatseseorang sejalan dengan teori sciogenesis. Kesadaran sosisal berdaarkan landasan sedangakan individual nyabersifat anak perusahaan atau sumber sumber sosial di luar dirinya. Hal ini tidak berarti bahwa individu mempunyai arti pasiv dan perkembangan kognitifnya juga menekankan peran aktiv seseorang dalam mengkontruksi minat dan bakat serta pengetahuanya.

Berdasarkan teori anak yang mengalami akan memikirkan hal-hal yang mampu ia lakukan dalam menentukan pendidikan selanjutnya, sehingga anak akan mempersiapkan diri untuk mencapai tujuannya. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan ke SMK di bagi menjadi 2 aspek yaitu: faktor batin yang meliputi bakat,potensi diri,dan kecerdasan serta faktor exsternal yang meliputi keluarga,sekolah,temansebaya ,danpeluangkerja

Kegiatan P5 SMK Negri Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025

P5 (projek penguatan profil pelajar pancasia) merupakan alah satu inovasi dalam kurukulum Merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur pancasia melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun diluar kelas.

Dalam prakteknya, proyek tersebut dapat di harapkan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai sebuah proses penguatan karakter sekaligus sebagai bentuk belajar secara nyata dari lingkungan sosialnya.

Beberapa SMK Negeri telah menyelenggarakan P5 dengan tema ( Creat Your Future by Your Passion) kegiatan p5 ini di ikuti seluruh peserta didik kelas 10-12, semua program keahlian. Kegiatan P5 ( projek penguatan profil pelajar pancasila) merupakan program pemerintah untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Tujuandi laksanakan kegiatan P5 dengan tema kebekerjaan yaitu agara peserta didik mamapu menciptakan masa depan melalui bakat yang dimiliki oleh peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun