Mohon tunggu...
anisaturahma
anisaturahma Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA

HOBI SAYA MEMBACA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik

13 Juni 2024   15:46 Diperbarui: 13 Juni 2024   15:46 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mataram- Pendidikan di jenjang dasar adalah suatu bentuk usaha untuk mencerdaskan dan mencetak penerus bangsa yang ideal sesuai harapan. Seperti yang kita ketahui fondasi dari kemajuan suatu bangsa adalah dengan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas sangat berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan manusia. Perkembangan setiap individu tentu saja berbeda satu dengan lainnya, dan hal ini dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor bawaan sejak lahir, faktor lingkungan sekitar, atau bahkan dari keduanya. 

Jika dilihat dari lingkungannya maka dalam perkembangan kemampuan seseorang di dunia pendidikan salah satunya adalah lingkungan sekolah itu sendiri. Pada era sekarang ini, problematika peserta didik di sekolah semakin beragam akibat dari kemajuan teknologi dan didukung juga oleh masa pubertas peserta didik yang lebih cepat dari generasi sebelumnya yang
kemudian akan dengan mudah mempengaruhi karakter dan potensi mereka. Dari berbagai keadaan tersebutlah seringkali kita mendapati permasalahan peserta didik di SD seperti malas belajar atau kurang motivasi belajar, ketidakstabilan emosi, sulit bergaul dengan teman lain, pembulian, bertengkar, kurangnya rasa percaya diri, dan lain-lain. 

Dengan ditemukannya hambatan masalah peserta didik pada usia SD 6 sampai 12 tahun yang masih terbilang anak-anak ini tentunya mereka masih membutuhkan dan menggantungkan dirinya pada orang lain terutama orang tua dan guru dalam penyelesaian masalah mereka.

Bimbingan konseling dilihat dari sisi maknanya, ialah proses pemberian bantuan secara berkelanjutan dari konselor untuk membimbing konseli dengan cara-cara yang meningkatkan pemahaman mereka tentang kemampuan mereka untuk memecahkan berbagai masalah. Sedangkan dalam fungsinya bimbingan konseling di SD adalah sebagai : 

(1) Pemahaman, membantu peserta didik agar bisa memahami diri sendiri dan mengetahui potensinya, 

(2) Penyaluran, membantu peserta didik dalam memilih jurusan/jenis sekolah yang sesuai dengan bakatnya, 

(3) Preventif, mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi dan mencegahnya agar tidak dialami peserta didik.

Layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar berkaitan dengan perkembangan siswa sekolah dasar ketika mereka belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan bersosialisasi dengan mengenali aturan, nilai, dan norma yang berbeda. Ada beberapa bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar, yaitu bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karier.

Kemudian upaya sekolah dalam membantu peserta didik memaksimalkan kemampuan dan tugas perkembangan peserta didik sudah semestinya memberikan layanan bimbingan konseling yang didasarkan pada karakteristik, kebutuhan, serta masalah- masalah perkembangan yang dialaminya. 

Selama ini bimbingan konseling hanya dianggap sebagai sarana dalam mengatasi siswa-siswa yang bermasalah tentu hal tersebut keliru, karena bimbingan konseling juga semestinya membantu dan mendukung tercapainya tugas perkembangan anak yang sesuai dengan fase perkembangannya.

Selanjutnya jika dilihat dari pentingnya diadakan bimbingan konseling khususnya di sekolah dasar menurut Suardi dan Salwa juga diuraikan dalam sepuluh alasan berikut : 

  • membantu peserta didik berkembang; 
  • membantu peserta didik membuat pilihan yang sesuai pada semua tingkatan sekolah; 
  •  membantu peserta didik membuat perencanaan dan pemilihannkarier di masa depan; 
  •  membantu peserta didik membuat penyesuaian yang baik di sekolah dan juga di luar sekolah; 
  • membantu dan melengkapi upaya yang dilakukan orang tua di rumah; 
  • membantu mengurangi atau mengawasi kelambanan dalam sistem pendidikan; 
  • membantu peserta didik yang memerlukan bantuan khusus; 
  •  menambah daya tarik sekolah terhadap masyarakat;
  •   membantu sekolah dalam mencapai sukses pendidikan (akademik) baik pada tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi; dan
  •  membantu mengatasi masalah disiplin pada peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun