Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SMK Teknologi Plus Padang
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk mengatasi kesulitan peseeta didik untuk fokus pada materi identifikasi perubahan fisika, dan kimia
Penulis
Anisa Putri, S.Si
Tanggal
Kamis, 8 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah.
Pembelajaran kimia merupakan salah satu  ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hal-hal atau fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajarai tentang materi, sifat materi, perubahan materi, dan energi yang meyertai perubahan materi tersebut. Dalam konteks pendidikan, ilmu kimia termasuk pada mata pelajaran yang sulit untuk dipahami dan kurang menarik minat, khususnya pada siswa di SMK. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan cara yang tepat agar peserta didik memahami ilmu kimia dengan mudah dan menganggapnya sebagai mata pelajaran yang menarik. Zat dan perubahannya merupakan materi yang konteksnya ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga membantu siswa untuk memahami konsep dan bagaimana kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran kimia menjadi lebih nyata dan menarik.
Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan saat pembelajaran di kelas, pembelajaran yang dilakukan pada materi zat dan perubahannya peserta didik terdapat beberapa permasalahan seperti:
Materi pembelajaran yang kurang dipahami karena dianggap tidak berhubungan dengan jurusannya hingga kurang menarik minat peserta didik untuk belajar.
Peserta didik yang belum mengetahui manfaat pembelajaran yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Kurangnya minta baca peserta didik untuk mempelajari bahan ajar baik yang berupa media cetak maupun media internet.
Kurangnya kemampuan peserta didik untuk mencerna dan mengelola informasi yang didapatkan.
Permasalahan yang terjadi bukan semata-mata hanya berasal dari peserta didik namun permasalahan juga ada yang berasalah dari guru seperti:
Pembelajaran yang belum menerapkan pembelajaran inovatif dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran inovatif.
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
Minimnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran kimia sehingga membuat peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran kimia.
Minimnya penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD).
Berdasarkan permasalahan dikemukakan di atas maka pembelajaran yang menampilkan aktivitas, minat, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif belum muncul seperti yang diharapkan pada pembelajaran abad 21.
Oleh sebab itu praktik pembelajaran ini penting untuk dilakukan dan dibagikan karena masih banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga diharapkan praktik ini bisa memperbaiki, menjadi inspirasi, dan solusi agar kedepannya dapat menyajikan proses pembelajaran yang lebih baik.
Dalam pembelajaran ini saya berperan sebagai guru yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif, dengan menggunakan mendesai dan mempraktikkan perangkat pembelajaran inovatif seperti model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan pada abad 21.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Adapun tantangannya untuk mencapai hal tersebut adalah sebagai berikut:
Saat praktik pembelajaran di kelas peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena belum terbiasa untuk aktif  dan dituntut untuk berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran
Guru harus lebih giat lagi untuk memahami dan menyesuaikan model pembelajaran inovatif dengan karakteristik materi pelajaran yang akan digunakan karena model pembelajaran yang akan diterapkan tergolong baru bagi guru
Dalam mendesain perangkat pembelajaran inovatif dibutuhkan waktu yang cukup panjang dan mengalami kesulitan seperti dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan sintak model pembelajaran inovatif, menyusun bahan ajar, menyusun LKPD yang disesuaikan dengan sintak model pembelajaran inovatif yang digunakan
Pengaturan waktu yang masih kurang baik saat  penerapan model pembelajaran sehingga menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan sintak model pembelajaran
Kegiatan refleksi pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik.
Peserta didik tidak terbiasa untuk berargumentasi ilmiah disebabkan kurangnya bimbingan dari guru dan kurangnya minat siswa untuk mempelajari materi lebih lanjut
Kesalahan teknis yang terjadi saat pemutaran media pembelajaran berupa video pembelajaran. Dimana terkadang video yang tidak dapat diputar
Belum terbiasanya peserta didik menggunakan LKPD sehingga guru perlu menjelaskan dan membimbing peserta didik untuk menyelesaikan aktivitas yang ada di LKPD.
Penggunaan aplikasi untuk mengerjakan soal-soal evaluasi yang terbatas. Hal ini dikarenakan keterbatasan peserta didik untuk mengakses smartphone saat proses pembelajaran.
Pihak yang terlibat dalam pencapaian tujuan tersebut adalah guru dan peserta didik sendiri yang terlibat secara langsung. Serta pihak lain yang mendukung seperti kepala sekolah, teman sejawat yang memberikan dukungan dan menjadi observer dalam kegiatan evaluasi.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah untuk mengahadapi tantangan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
Guru harus menerapkan model-model pembelajaran inovatif untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya  sehingga peserta didik terbiasa dengan penerapan model-model pembelajaran inovatif.
Guru harus menyiapkan strategi sebaik mungkin agar peserta didik merasa tertarik mengikuti proses pembelajaran, terutama dalam mendesain RPP, LKPD, bahan ajar dan media pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti powerpoint dan video sebagai media ajar sangat diperlukan untuk menarik perhatian dan fokus peserta didik dalam pembelajaran.
Memperbaiki manajemen waktu saat penerapan pembelajaran inovatif sehingga tidak ada sintak yang terlewatkan
Guru terlebih dahulu menjelaskan penggunaan LKPD kepada peserta didik sehingga saat pengerjaan aktivitas yang ada di LKPD peserta didik tidak mengalami kebingungan,
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Refleksi hasil dan dampak
Setelah diterpakannya model pembelajaran inovatif seperti project based learning, problem based learning, inkuiri terbimbing pada materi tetapan kesetimbangan dan laju reaksi menggunakan bahan ajar, LKPD, dan media pembelajaran maka:
Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Penerapan praktik pembelajaran inovatif memiliki dampak yang sangat baik bagi peserta didik. Hal tersebut terlihat dari lebih aktif dan lebih tertariknya peserta didik dalam  pembelajaran kimia
Dari semua hasil yang telah dilakukan pada kegiatan proses pembelajaran maka dampak yang didapatkan peserta didik adalah hasil penilaian menjadi lebih baik dan tergolong meningkat.
Guru menjadi lebih kreatif dalam memilih dan membuat media pembelajaran yang tepat.
Aktivitas peserta didk meningkat, hal ini terlihat dari jumlah peserta didik yang memberikan tanggapan, mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan/memberikan tanggapan pada saat kegiatan presentasi.
Dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilaksanakan maka saya mendapatkan beberapa hal penting dalam memulai pembelajaran, yaitu  guru harus menyiapkan RPP terbaik yang di dalamnya memuat model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta sesuai kebutuhan peserta didik. Selanjutnya guru harus mencari referensi sumber belajar untuk menambah wawasan dalam proses pembelajaran. Serta menjadi guru yang memberikan teladan yang baik bagi peserta didik dan terus berupaya untuk mengembangkan potensi diri untuk menyajikan pembelajaran yang menarik, inovatif, dan bermakna bagi peserta didik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI