Media relations adalah salah satu aspek yang penting bagi semua perusahaan startup. Dengan jutaan pembaca dan juga ratusan ribu pengikut mereka di media sosial, media menjadi tempat yang baik bagi startup untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka ke publik. Ini alasannya perusahaan besar rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan liputan yang positif.
Namun bagaimana mungkin perusahaan kecil dengan pendaan yang terbatas dapat melakukan hal ini? Apakah ada cara agar perusahaan ini bisa mendapatkan liputan positif dari media? Jawabannya adalah, ada.
Berdasarkan pengalaman saya sebagai kuli konten di iPrice Group, saya menyadari bahwa sangat memungkinkan untuk mendapatkan liputan positif dari media secara gratis. Selama 12 bulan belakangan, tim content marketing iPrice berhasil mendapatkan liputan 500 lebih liputan dari media-media besar  dan juga diliput oleh majalah Forbes.
Beberapa waktu lalu, saya mewawancara beberapa orang yang bekerja di media besar Indonesia untuk lebih mengerti pendapat dan juga masukan mereka mengenai cara membangun relasi yang baik dengan media.
Di artikel ini saya akan berbagi ilmu yang saya pelajari dari teman-teman media Indonesia. Hal ini akan saya bungkus dalam 4 strategi utama.
1. Temukan Orang yang Tepat
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan orang yang "tepat" di setiap media.
Saya tidak memiliki latar belakang PR ketika pertama kali menjadi seorang kuli konten. Saya tidak mengenal editor dan juga jurnalis dari media-media yang ada di Indonesia. Jadi, ini adalah tantangan yang besar bagi saya.
Baik mbak Ratna Dewi dari Jalan Tikus, dan juga Mehulika Sitepu dari BBC Indonesia mengatakan bahwa terhubung dengan orang tepat adalah kunci mendapatkan publikasi dari media.
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan orang yang tepat
Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar media yang ingin dijangkau.