Bagi penggemar off-road atau kendaraan utilitas serba guna, pasti familiar dengan nama UNIMOG. Kendaraan Multi Purpose 4WD yang punya banyak varian serta konfigurasi body, engine, chassis dan under carriage yang disesuaikan untuk tujuannya.Â
Kini memasuki tahun ke-75 sejak kiprahnya sebagai mobil pekerja perkebunan, Unimog telah banyak diandalkan untuk pekerjaan ekstrem seperti pemadaman api di hutan, pembersih salju di landasan pesawat terbang, infrastruktur, dan keperluan militer.
Tidak hanya sebagai pekerja, Unimog juga ikut berpartisipasi dalam Rally Dakar dan punya tempat di hati para penggemarnya, seperti aktor Arnold Schwarzenegger dan Dwayne Johnson. Â
Nama Unimog awalnya merupakan singkatan dari "UNIversal-MOtor-Gert." Gert adalah kata dari Bahasa Jerman yang artinya adalah peralatan/perangkat/mesin/instrumen.Â
Seorang Engineer asal Jerman bernama Hans Zabel, yang pertama kali mencatat nama "Universal-Motor-Gert" pada salah satu gambar teknik untuk Unimog hingga disingkat menjadi akronim "Unimog". Pada tanggal 20 November 1946, nama Unimog secara resmi diluncurkan.
Produksi Unimog dimulai pada tahun 1948 di Boehringer, Göppingen, Jerman. Albert Friedrich dan Heinrich Rler merupakan designer Unimog model pertama untuk penggunaan di bidang pertanian sebagai mesin penggerak mandiri yang mengaplikasikan PTO (Power Take-Off) untuk mengoperasikan gergaji atau mesin pemanen.Â
Dengan sistem penggerak roda belakang yang switchable ke penggerak roda depan agar juga dapat dikendarai di jalan raya dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada traktor.Â
Dengan ground clearance yang sangat tinggi dan rangka fleksibel yang pada dasarnya merupakan bagian dari suspensi, Unimogs tidak dirancang untuk membawa beban sebanyak truk biasa.
Awalnya, Unimog 70200 tradisional itu benar-benar difungsikan sebagai traktor pertanian yang agak kecil. Panjangnya hanya 3.520 mm dengan atap canvas, dan output tenaga mesin yang  tidak sampai 25 HP, membuat agak berat bagi Unimog model pertama itu untuk membawa banyak aplikasi.
Daimler-Benz mengambil alih produksi Unimog baru pada tahun 1951, dan pertama kali memproduksinya di pabrik milik Daimler-Benz di Gaggenau. Unimog dibuat dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, dengan kabin yang disesuaikan dan mesin yang lebih bertenaga hingga 34 HP.Â
Selain 411, Daimler-Benz juga membuat seri Unimog S pada pertengahan 1950-an. Seri Unimog S militer adalah Unimog pertama yang dirancang untuk menjadi truk offroad daripada menjadi pekerja, dan ini adalah satu-satunya produksi seri Unimog yang memiliki mesin Otto. Daimler-Benz merancangnya dengan rangka baru, tetapi masih menggunakan drivetrain yang sama dengan seri 411.
Secara resmi, Unimog tidak dibuat untuk menjadi kendaraan militer. Setelah Perang Dunia II, Aliansi Sekutu mohon izin kepada Albert Friedrich, untuk mengembankan Unimog menjadi kendaraan operasional militer. Friedrich memberikan izin, namun menegaskan bahwa Unimog tidak memiliki tujuan militer.Â
Hasilnya 44 unit Unimog 70200, mendukung operasi tempur bagi para tentara Swiss. Kesuksesan ini membuat Swiss membeli 540 unit penerus 70200, yaitu Unimog 2010.Â
Hingga kini Unimog versi militer digunakan sebagai kendaraan pengangkut pasukan, ambulans pendukung, dan Mobile Command Center yang dilengkapi dengan peralatan komunikasi militer. Korps Marinir dan Angkatan Darat Amerika Serikat berupakan customer pengguna Unimog 419, dan kini sudah total 2416 unit dibangun untuk mereka.Â
Di Turki, telah lebih dari 5.500 Unimog berada dalam dinas aktif di Angkatan Bersenjatanya. Mereka diproduksi oleh Mercedes-Benz Trk
Desain kabin Unimog memungkinkan driver/operator punya visibility tinggi dan lebih mudah mengoperasikan kontrol. Bahkan Unimog 405 terkini memungkinkan operator untuk dapat memindahkan kemudi sesuai keperluan, gunanya untuk dapatkan posisi kerja yang lebih nyaman.
Memasuki tahun 2000 hingga kini, category pada Unimog adalah extreme off road (seri 437.4) dan carrier (seri 405 dan 409). Produksi berakhir di pabrik Gaggenau dan beralih ke pabrik pembuatan truk Mercedes-Benz di Wrth am Rhein di tahun 2002.Â
Lahirlah U-series (UHN 437,4). Dan pada Desember 2005, "Unimog U 500 Black Edition" tampil perdana dan diperuntukkan bagi para raja minyak. Ini juga merupakan model penerus "Funmog" 1994 yang memang didaulat sebagai luxury version of Unimog.
Unimog U 20 tampil pada akhir tahun 2007, dengan tampilan paling mencolok yaitu desain kabin berubah "pesek", tanpa kap depan yang menjadi ciri khas sejak Unimog tradisional.
Pada Agustus 2013, produksi model generasi berikutnya dimulai di pabrik Wrth. Model baru ini menampilkan kabin yang didesain ulang dan mesin baru yang memenuhi standar emisi Euro VI.
Dalam dunia Motorsport; Unimog telah memenangkan kelas truk para beberapa kali Rally Dakar di era 1980-an. Dan seringkali tidak melupakan kodratnya sebagai kendaraan pekerja, Unimog juga memberikan dukungan bagi mobil dan sepeda motor yang berlaga dalam ajang Rally tersebut.
Kini memasuki tahun ke-75 perjalanan Unimog berkontribusi dalam banyaknya pekerjaan sulit di medan yang Tangguh, menjadikan sinergi manusia dan mesin. "Gajah kecil" ini terus berevolusi, siap menghadapi tantangan global berikutnya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H