Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Insinyur - Follow me @andre_gemala

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Perjalanan 75 Tahun Unimog "Si Gajah Kecil"

28 Maret 2021   23:30 Diperbarui: 30 Maret 2021   15:18 1757
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
MB Unimog 411 dan Boehringer Unimog 70200|flickriver.com

Bagi penggemar off-road atau kendaraan utilitas serba guna, pasti familiar dengan nama UNIMOG. Kendaraan Multi Purpose 4WD yang punya banyak varian serta konfigurasi body, engine, chassis dan under carriage yang disesuaikan untuk tujuannya. 

Kini memasuki tahun ke-75 sejak kiprahnya sebagai mobil pekerja perkebunan, Unimog telah banyak diandalkan untuk pekerjaan ekstrem seperti pemadaman api di hutan, pembersih salju di landasan pesawat terbang, infrastruktur, dan keperluan militer.

Tidak hanya sebagai pekerja, Unimog juga ikut berpartisipasi dalam Rally Dakar dan punya tempat di hati para penggemarnya, seperti aktor Arnold Schwarzenegger dan Dwayne Johnson.  

Nama Unimog awalnya merupakan singkatan dari "UNIversal-MOtor-Gert." Gert adalah kata dari Bahasa Jerman yang artinya adalah peralatan/perangkat/mesin/instrumen. 

Unimog 405 dan U 5000 memadamkan kebakaran/Mercedez Bens
Unimog 405 dan U 5000 memadamkan kebakaran/Mercedez Bens

Seorang Engineer asal Jerman bernama Hans Zabel, yang pertama kali mencatat nama "Universal-Motor-Gert" pada salah satu gambar teknik untuk Unimog hingga disingkat menjadi akronim "Unimog". Pada tanggal 20 November 1946, nama Unimog secara resmi diluncurkan.

Produksi Unimog dimulai pada tahun 1948 di Boehringer, Göppingen, Jerman. Albert Friedrich dan Heinrich Rler merupakan designer Unimog model pertama untuk penggunaan di bidang pertanian sebagai mesin penggerak mandiri yang mengaplikasikan PTO (Power Take-Off) untuk mengoperasikan gergaji atau mesin pemanen. 

Dengan sistem penggerak roda belakang yang switchable ke penggerak roda depan agar juga dapat dikendarai di jalan raya dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada traktor. 

Dengan ground clearance yang sangat tinggi dan rangka fleksibel yang pada dasarnya merupakan bagian dari suspensi, Unimogs tidak dirancang untuk membawa beban sebanyak truk biasa.

Awalnya, Unimog 70200 tradisional itu benar-benar difungsikan sebagai traktor pertanian yang agak kecil. Panjangnya hanya 3.520 mm dengan atap canvas, dan output tenaga mesin yang  tidak sampai 25 HP, membuat agak berat bagi Unimog model pertama itu untuk membawa banyak aplikasi.

Daimler-Benz mengambil alih produksi Unimog baru pada tahun 1951, dan pertama kali memproduksinya di pabrik milik Daimler-Benz di Gaggenau. Unimog dibuat dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, dengan kabin yang disesuaikan dan mesin yang lebih bertenaga hingga 34 HP. 

MB Unimog 411 dan Boehringer Unimog 70200|flickriver.com
MB Unimog 411 dan Boehringer Unimog 70200|flickriver.com
Lahirlah Unimog seri 411 yang merupakan cikal bakal seri 406 yang dikenal sekarang. Unimog pertama yang menampilkan logo bintang berujung tiga khas Mercedes-Benz baru diperkenalkan pada tahun 1953.

Selain 411, Daimler-Benz juga membuat seri Unimog S pada pertengahan 1950-an. Seri Unimog S militer adalah Unimog pertama yang dirancang untuk menjadi truk offroad daripada menjadi pekerja, dan ini adalah satu-satunya produksi seri Unimog yang memiliki mesin Otto. Daimler-Benz merancangnya dengan rangka baru, tetapi masih menggunakan drivetrain yang sama dengan seri 411.

Secara resmi, Unimog tidak dibuat untuk menjadi kendaraan militer. Setelah Perang Dunia II, Aliansi Sekutu mohon izin kepada Albert Friedrich, untuk mengembankan Unimog menjadi kendaraan operasional militer. Friedrich memberikan izin, namun menegaskan bahwa Unimog tidak memiliki tujuan militer. 

Hasilnya 44 unit Unimog 70200, mendukung operasi tempur bagi para tentara Swiss. Kesuksesan ini membuat Swiss membeli 540 unit penerus 70200, yaitu Unimog 2010. 

Hingga kini Unimog versi militer digunakan sebagai kendaraan pengangkut pasukan, ambulans pendukung, dan Mobile Command Center yang dilengkapi dengan peralatan komunikasi militer. Korps Marinir dan Angkatan Darat Amerika Serikat berupakan customer pengguna Unimog 419, dan kini sudah total 2416 unit dibangun untuk mereka. 

Di Turki, telah lebih dari 5.500 Unimog berada dalam dinas aktif di Angkatan Bersenjatanya. Mereka diproduksi oleh Mercedes-Benz Trk

Unimog sebagai kendaraan militer U.S Army|dreamstime.com
Unimog sebagai kendaraan militer U.S Army|dreamstime.com
Elemen penting dalam desain Unimog adalah chassis nya; rangka berundak yang fleksibel dengan overhang pendek, dan portal axle dengan torque tube. Dengan Portal axle, maka bagian tengah Ban berada di bawah pusat Gandar, hingga memberi ground clearance yang tinggi tanpa perlu memakai ban besar. Coil Sprung axle serta Torque tube memungkinkan offset sudut sumbu hingga 30 , memberi travel distance dan memungkinkan truk dengan nyaman melewati medan yang sangat tidak rata, bahkan bebatuan setinggi satu meter.

Desain kabin Unimog memungkinkan driver/operator punya visibility tinggi dan lebih mudah mengoperasikan kontrol. Bahkan Unimog 405 terkini memungkinkan operator untuk dapat memindahkan kemudi sesuai keperluan, gunanya untuk dapatkan posisi kerja yang lebih nyaman.

Unimog U beroperasi diatas rel Kereta/Mercedez Bens
Unimog U beroperasi diatas rel Kereta/Mercedez Bens
Unimog 405 dilengkapi Crane/Mercedez Bens
Unimog 405 dilengkapi Crane/Mercedez Bens
Unimog dapat dilengkapi dengan braket untuk dihubungkan secara hidrolik dengan alat kerja di bagian depan maupun belakang. Sebagian besar unit memiliki PTO untuk mengoperasikan peralatan seperti penyapu salju, pembuang salju, pemotong, loader dan berbagai alat pertanian lain.

Memasuki tahun 2000 hingga kini, category pada Unimog adalah extreme off road (seri 437.4) dan carrier (seri 405 dan 409). Produksi berakhir di pabrik Gaggenau dan beralih ke pabrik pembuatan truk Mercedes-Benz di Wrth am Rhein di tahun 2002. 

Lahirlah U-series (UHN 437,4). Dan pada Desember 2005, "Unimog U 500 Black Edition" tampil perdana dan diperuntukkan bagi para raja minyak. Ini juga merupakan model penerus "Funmog" 1994 yang memang didaulat sebagai luxury version of Unimog.

Unimog U 500 Black Edition|media.daimler.com
Unimog U 500 Black Edition|media.daimler.com
Seri UGN diproduksi dengan teknologi BlueTec sehingga memenuhi persyaratan emisi Euro IV.

Unimog U 20 tampil pada akhir tahun 2007, dengan tampilan paling mencolok yaitu desain kabin berubah "pesek", tanpa kap depan yang menjadi ciri khas sejak Unimog tradisional.

Pada Agustus 2013, produksi model generasi berikutnya dimulai di pabrik Wrth. Model baru ini menampilkan kabin yang didesain ulang dan mesin baru yang memenuhi standar emisi Euro VI.

Dalam dunia Motorsport; Unimog telah memenangkan kelas truk para beberapa kali Rally Dakar di era 1980-an. Dan seringkali tidak melupakan kodratnya sebagai kendaraan pekerja, Unimog juga memberikan dukungan bagi mobil dan sepeda motor yang berlaga dalam ajang Rally tersebut.

Kini memasuki tahun ke-75 perjalanan Unimog berkontribusi dalam banyaknya pekerjaan sulit di medan yang Tangguh, menjadikan sinergi manusia dan mesin. "Gajah kecil" ini terus berevolusi, siap menghadapi tantangan global berikutnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun