Koneksi antar materi modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Universal
Oleh: Andang Budi Harjono
SMP Negeri 9 Yogyakarta
Tujuan Pembelajaran Khusus:Â
- CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
- CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.
Kegiatan Pemantik:
Bacalah kutipan ini dan tafsirkan apa maksudnya:
"Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik"
(Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).
Bob Talbert
Dari kutipan di atas, apa kaitannya dengan proses pembelajaran yang sedang Anda pelajari saat ini?
Mengajarkan hal2 yang utama kepada murid merupakan penanam pondasi dalam pembelajaran. Membaca dan menghitung merupakan pengajaran yang sering dilihat sebagai dasar dalam pembelajaran. Namun lebih utama adalah penanaman nilai2 positif yang harus dimiliki oleh murid sebagai dasar kehidupan.
Bagaimana nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita?