Mohon tunggu...
Kadek AnandaPratiwi
Kadek AnandaPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Eksplorasi Literasi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi dalam Meningkatkan Kualitas Guru

15 Desember 2022   14:14 Diperbarui: 15 Desember 2022   15:30 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Guru memiliki bagian yang penting dalam proes penyelenggaraan pendidikan dan memberikan pengaruh yang tidak kalah penting pula terhadap kemajuan suatau lembaga pendidikan, maka sudah seharusnya seorang guru memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang baik untuk mewujudkan guru yang berkualitas dalam penyelenggaran pendidikan. 

Namun, pada kenyataannya masih banyak kita jumpai guru yang belum mampu menunjukkan kualitas yang baik, baik dari segi pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Berbicara mengenai permasalahan terkait kualitas guru memang sangat tidak bisa dipisahkan dari kompetensi seorang guru itu sendiri. 

Adapun salah satu faktor yang memberikan pengaruh cukup tinggi terhadap kualitas seorang guru adalah bagaimana kompetensi atau keterampilan seorang guru dalam memanfaatkan apa yang disuguhkan oleh dunia saat ini yaitu teknologi, informasi, dan komunikasi.

Seiring dengan perkembangan zaman yang berjalan beriringan dengan perkembangan tekonologi, informasi dan komunikasi yang saat ini berkembang sangat pesat melahirkan perubahan-perubahan baru yang memberikan dampak pada segala aspek termasuk aspek pendidikan, seperti perubahan dalam sistem pembelajaran, media pembelajaran, bahkan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi memberikan dampak pula terhadap peran antara guru dan peserta didik. 

Dengan hal ini, secara tidak langsung seorang tenaga pendidik yaitu guru dituntut untuk mengikuti dan memahami perkembangan yang ada.

Tidak hanya mengacu pada pemahaman guru terhadap segala bentuk perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Kualitas seorang guru dalam hal ini juga dipengaruhi karena rendahnya keterampilan seorang guru dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi juga turut menghambat kualitas guru yang akan merambah pada kurangnya kinerja tenaga pendidik.

Seperti yang kita dapat lihat saat ini, teknologi, infrormasi dan komunikasi memberikan pengaruh serta kontribusi yang yang sangat besar terhadap proses pemerataan pendidikan termasuk dalam hal peningkatan kualitas pendidikan. 

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang begitu cepat memang memberikan banyak sekali perubahan yang cukup signifikan dalam proses penyelenggaraan pendidikan, seperti dalam hal perubahan sistem pembelajaran. 

Namun disisi lain, ketika seorang guru memiliki keterampilan dalam penggunaan serta pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi yang tinggi maka sebaliknya perubahan penyelenggraan pendidikan yang signifikan bukanlah hal yang harus ditakuti oleh seorang guru, karena hal ini justru memberikan kesempatan kepada  guru untuk memberikan kontribusi secara optimal dalam memajukan pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi. Mengapa dikatakan demikian ? 

Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena teknologi, informasi dan komunikasi menyediakan banyak sekali ruang sebagai sumber informasi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta mudah untuk didapatkan, berbeda dengan cara mencari informasi secara konvensional yang cenderung memerlukan waktu yang lebih lama. 

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan pula bahwa secara tidak langsung teknologi, informasi dan komunikasi ini memberikan efektivitas yang memudahkan perkerjaan dan bahkan mampu meningkatkan kualitas pekerja termasuk guru.

Mengacu pada permasalahan-permasalahan seorang guru dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi, sudah dapat kita simpulkan bahwa masih banyak guru yang gagap teknologi hal ini tidak lain dikarenakan karena kurangnya pemahaman seorang guru dalam memanfaatkan teknlogi yang ada. 

Berdasarkan hal tersebut, sudah seharusnya seorang guru untuk terus meningkatkan kemampuan, pemahaman, serta keterampilan dalam menggunakan teknologi, komunikasi, dan komunikasi sehigga mampu mengikuti perkemangan zaman serta menjadi guru yang cakap teknologi bukan malah sebaliknya gagap teknologi. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru sebagai tahapan awal dalam proses meningkatkan kemampuan adalah dengan melakukan literasi teknologi, informasi, dan komunikasi.

Literasi teknologi, informasi, dan komunikasi adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk melakukan, menciptakan, menggunakan serta hal lain yang berkaitan dengan pemahaman terhadap akses dan penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi. 

Dengan melakukan literasi teknologi, informasi, dan komunikasi ini seorang guru nantinya akan mampu atau memiliki keterampilan dalam menggunakan teknologi yang akan memudahkan seorang guru untuk mengakses beberapa infromasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

Dengan berselancar di dunia teknologi, informasi dan komuikasi seorang guru akan dimudahkan dalam hal menyelesaikan tugas terutama perihal tugas administrasi, karena ketika sudah menggeluti dunia teknologi, informasi, dan komunikasi seorang guru dapat dengan mudah memperolah ataupun menciptakan sumber belajar, membuat perencanaan pembelajaran, membuat media pembelajaran, mencari informasi terkait pembelajaran yang akan dilakukan dan masih banyak lagi tugas-tugas seorang guru yang akan dipermudah apabila seorang guru memiliki pamahaman, kemampuan serta keterampilan dalam menggunakan teknologi.

Jika kita berkaca pada pencapaian yang akan diterima oleh seorang guru ketika mampu memahami, menggunakan dan terampil menggunakan media teknologi, informasi, dan komunikasi maka dapat kita katakan bahwa perkembangan teknologi, informasidan komunikasi, memberikan dampak yang sangat baik terhadap peningkatan kualitas tenaga pendidik yaitu guru. Kualitas seorang guru yang sebelumnya kurang optimal karena kurangnya pemanfaatan teknologi, komunikasi dan informasi akan semakin meningkat apabila keterampilan digital sudah dikuasi oleh guru.

Sehingga dengan melaksanakan literasi teknologi, informasi dan komunikasi ini dapat diartikan sebagai salah satu proses merubah sikap, mengembangkan diri, meningkatkan kecakapan sehingga melahirkan sumber daya manusia baru yang berkerja secara efektiv namun menghasilkan pekerjaan yang optimal dan tentunya dengan kualitas yang baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun