TPKI
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Catatan Kuliah "Mengenal Singkat Penulisan Skripsi"
* MENYUSUN PENDAHULUAN
Tonjolkan: ada permasalahan, penelitian didasarkan pada masalah. Jelaskan kondisi saat ini
- masalah diceritakan
- tambah dg referensi penelitian yg telah dilakukan, meskipun tidak 100% sama
- baca banyak literatur ( jurnal penelitian ): ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya
Bagian awal yang menuntun, maka dituliskan secara kronologis. Dari yang besar kemudian mengerucut.
1. Latar Belakang
- 4-5 paragraf
- berisi alasan logis mengapa penelitian perlu dilakukan
Misal, metabolisme materinya susah. Ceritakan susahnya kenapa; hafalan banyak, istilah asing, dll.
- diperlukan cara agar anak-anak tertarik belajar metabolisme ( isinya membuat metode pembelajaran )
- cari referensi dari penelitian yang sudah ada, walaupun dengan materi pembelajaran yang berbeda ataupun metodenya
- hasil penelusuran referensi dikomparasi, menurut tokoh satu dengan yang lain. Maka akan ditemukan idemu yang lebih spesifik dan berbeda dari yang lain
2. Rumusan masalah
- operasional, ditulis rinci agar bisa dijawab
3. Penegasan atau Pembatasan Masalah
- penelitian sangat luas, pada skripsi; tidak harus banyak aspek yang diteliti. Beri batasan
4. Tujuan
- sejalan dengan rumusan masalah, jika rumusan 2 maka tujuan 2
- jika rumusan kalimat tanya, tujuan ditulis dengan kalimat positif
5. Manfaat
- merupakan aplikasi dari penelitian
- penelitianmu menghasilkan apa
Abstrak: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berisi:
* Latar belakang
* Metode
* Hasil
Pada rumusan masalah:
Kata "bagaimana" masih luas, tulis rumusan dengan lebih operasional, misal "seberapa besar..."
Batasan masalah:
Misal yang diteliti bisa banyak, tapi dibatasi hanya meneliti kemampuan literasi sains
Tinjauan pustaka:
Diambil dari keywords.
Misal; literasi sains, aspek kemampuan literasi sains...
Bab 2:
- ditulis berdasarkan pustaka-pustaka
Bab 3
Metode Penelitian
- waktu dan tempat
- desain penelitian
Materi yg diteliti: misal pedagogik: metode pembelajaran atau bisa juga respon siswa setelah guru memberi pembelajaran, sainsnya: di sekitar sma ada hutan mangrove yang bisa diteliti oleh siswa.
Buat buku untuk mendesain pembelajaran, sesuaikan dengan kurikulum. Lihat kelas dan materi yang sesuai, misal keanekaragaman, lingkungan, dll.
Ketika sudah dapat buku sebagai bahan ajar, diujicobakan. Bagaimana respon siswa tersebut terhadap metode pembelajaranmu.
- variabel bebas dan variabel terikat
Variabel bebas: metodenya
Variabel terikat: hasil belajar ( metode yang diaplikasikan terikat dengan hasilnya )
- populasi
Misal meneliti SMA Teuku Umar, sampelnya kelas IPA 10
Populasi: seluruh siswa yang ada di Teuku Umar
Sampel: Kelas 10 IPA
Mahasiswa Biologi
Populasi: Mahasiswa Biologi Murni dan Pendidikan Biologi
Sampel: Mahasiswa Pendidikan Biologi Rombel A
- kuasi atau semua
Penelitian tidak ada yang benar-benar murni atau asli
- pendekatan
Kualitatif: hanya untuk mengetahui sesuatu
Ada korban meninggal di bencana banjir ( diteliti meninggalnya kenapa, kapan, hanya membuktikan apa yang terjadi)
Kuantitatif: dibandingkan beberapa kelompok, diberi perlakuan, dapat data-data, dirata-rata, kesimpulan berbeda nyata atau tidak
- prosedur
Langkah-langkah yang dilakukan
1. Persiapan
2. Pelaksanaan
- pengambilan data
- analisis data: tergantung jenis penelitian
Ditulis secara rinci, apa adanya, harapannya agar penelitian bisa diulangi dengan hasil yang berbeda
- instrumen: harus dibuat ketika ada ujian proposal karena akan diberi masukan oleh penguji, perlu divalidasi
Alat untuk mengambil data
Contoh: lembar observasi, angket, suatu tabel pengamatan ( hari ini apa, hari ini apa )
Misal kisi-kisi ( ditentukan dulu, sudah ada nilainya ), pedoman nilai. Tidak perlu ditulis nama, hanya berupa kode ( misal S-01 )
cari pustaka: PoP
cari referensi: mendeley atau zotero
- analisis
Kualitatif: deskriptif-dengan presentase
Kuantitatif: statistik
- indikator
Ditetapkan, nilai dari 5 meningkat jadi 7. Dari belum paham jadi paham. Tergantung instrumennya.
Tinjauan pustaka:
- kajian pustaka
Biasanya hasil-hasil penelitian, uji coba, atau observasi
- kajian teori
Menjelaskan tentang teori-teori pendidikan, misal PBL ( Problem Based Learning: pembelajaran berbasis masalah ), Sintaks: model pembelajaran, TTW ( Think Talk Write )
- kerangka berpikir: hanya poin-poin saja, terletak di akhir bab 2
Kenapa meneliti judul yang dimaksud
kurikulum tidak hanya kemampuan kognitif
menemukan masalah
ada pustaka yang telah dikaji
solusinya TTW dan PBL dijadikan satu
diharapkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran
- kerangka teori
- hipotesis
- harus mencantumkan silabus ( akan diujicobakan di mana, kelas berapa, semsester berapa, materinya apa )
Misal,
PBL: pretestnya bisa langsung berupa masalah, atau boleh dengan penguji awal berupa soal yang lebih mudah ( benar atau salah )
Gunakan IT untuk pembelajaran, karena kini sudah ada daring.
Jurnal of Biology Education: jurnal Biologi UNNES
Buka archive: terlihat bulan dan berapa kali terbit
Open akses: ambil naskah, tanpa bayar
Soal UAS: buat rencana penelitian kecil-kecilan, hanya untuk pemanasan, tidak harus seperti draft skripsi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H