Mohon tunggu...
ammara syifa
ammara syifa Mohon Tunggu... Penulis - Ammara Syifa Yuniar, seseorang yang menyukai kegiatan membaca dan selalu ingin belajar menulis.

Ra, Tulisan yang baik adalah ketika kamu menulisnya, kamu tidak akan berani menghapusnya karena itu adalah kebaikan yang membawamu ke Jannah-Nya. Insyaa Allah.... Temui aku di IG @ammarass dan @yuniaraaaaaaaaa🖐

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Singkat Penulisan Skripsi

25 November 2022   09:23 Diperbarui: 25 November 2022   09:25 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

TPKI

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Catatan Kuliah "Mengenal Singkat Penulisan Skripsi"

* MENYUSUN PENDAHULUAN

Tonjolkan: ada permasalahan, penelitian didasarkan pada masalah. Jelaskan kondisi saat ini

- masalah diceritakan

- tambah dg referensi penelitian yg telah dilakukan, meskipun tidak 100% sama

- baca banyak literatur ( jurnal penelitian ): ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya

Bagian awal yang menuntun, maka dituliskan secara kronologis. Dari yang besar kemudian mengerucut.

1. Latar Belakang

- 4-5 paragraf

- berisi alasan logis mengapa penelitian perlu dilakukan

Misal, metabolisme materinya susah. Ceritakan susahnya kenapa; hafalan banyak, istilah asing, dll.

- diperlukan cara agar anak-anak tertarik belajar metabolisme ( isinya membuat metode pembelajaran )

- cari referensi dari penelitian yang sudah ada, walaupun dengan materi pembelajaran yang berbeda ataupun metodenya

- hasil penelusuran referensi dikomparasi, menurut tokoh satu dengan yang lain. Maka akan ditemukan idemu yang lebih spesifik dan berbeda dari yang lain

2. Rumusan masalah

- operasional, ditulis rinci agar bisa dijawab

3. Penegasan atau Pembatasan Masalah

- penelitian sangat luas, pada skripsi; tidak harus banyak aspek yang diteliti. Beri batasan

4. Tujuan

- sejalan dengan rumusan masalah, jika rumusan 2 maka tujuan 2

- jika rumusan kalimat tanya, tujuan ditulis dengan kalimat positif

5. Manfaat

- merupakan aplikasi dari penelitian

- penelitianmu menghasilkan apa

Abstrak: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berisi:

* Latar belakang

* Metode

* Hasil

Pada rumusan masalah:

Kata "bagaimana" masih luas, tulis rumusan dengan lebih operasional, misal "seberapa besar..."

Batasan masalah:

Misal yang diteliti bisa banyak, tapi dibatasi hanya meneliti kemampuan literasi sains

Tinjauan pustaka:

Diambil dari keywords.

Misal; literasi sains, aspek kemampuan literasi sains...

Bab 2:

- ditulis berdasarkan pustaka-pustaka

Bab 3

Metode Penelitian

- waktu dan tempat

- desain penelitian

Materi yg diteliti: misal pedagogik: metode pembelajaran atau bisa juga respon siswa setelah guru memberi pembelajaran, sainsnya: di sekitar sma ada hutan mangrove yang bisa diteliti oleh siswa. 

Buat buku untuk mendesain pembelajaran, sesuaikan dengan kurikulum. Lihat kelas dan materi yang sesuai, misal keanekaragaman, lingkungan, dll.

Ketika sudah dapat buku sebagai bahan ajar, diujicobakan. Bagaimana respon siswa tersebut terhadap metode pembelajaranmu.

- variabel bebas dan variabel terikat

Variabel bebas: metodenya

Variabel terikat: hasil belajar ( metode yang diaplikasikan terikat dengan hasilnya )

- populasi

Misal meneliti SMA Teuku Umar, sampelnya kelas IPA 10

Populasi: seluruh siswa yang ada di Teuku Umar

Sampel: Kelas 10 IPA 

Mahasiswa Biologi

Populasi: Mahasiswa Biologi Murni dan Pendidikan Biologi

Sampel: Mahasiswa Pendidikan Biologi Rombel A

- kuasi atau semua

Penelitian tidak ada yang benar-benar murni atau asli

- pendekatan

Kualitatif: hanya untuk mengetahui sesuatu

Ada korban meninggal di bencana banjir ( diteliti meninggalnya kenapa, kapan, hanya membuktikan apa yang terjadi)

Kuantitatif: dibandingkan beberapa kelompok, diberi perlakuan, dapat data-data, dirata-rata, kesimpulan berbeda nyata atau tidak

- prosedur

Langkah-langkah yang dilakukan

1. Persiapan

2. Pelaksanaan

- pengambilan data

- analisis data: tergantung jenis penelitian

Ditulis secara rinci, apa adanya, harapannya agar penelitian bisa diulangi dengan hasil yang berbeda

- instrumen: harus dibuat ketika ada ujian proposal karena akan diberi masukan oleh penguji, perlu divalidasi

Alat untuk mengambil data

Contoh: lembar observasi, angket, suatu tabel pengamatan ( hari ini apa, hari ini apa )

Misal kisi-kisi ( ditentukan dulu, sudah ada nilainya ), pedoman nilai. Tidak perlu ditulis nama, hanya berupa kode ( misal S-01 )

cari pustaka: PoP

cari referensi: mendeley atau zotero

- analisis

Kualitatif: deskriptif-dengan presentase

Kuantitatif: statistik

- indikator

Ditetapkan, nilai dari 5 meningkat jadi 7. Dari belum paham jadi paham. Tergantung instrumennya.

Tinjauan pustaka:

- kajian pustaka

Biasanya hasil-hasil penelitian, uji coba, atau observasi

- kajian teori

Menjelaskan tentang teori-teori pendidikan, misal PBL ( Problem Based Learning: pembelajaran berbasis masalah ), Sintaks: model pembelajaran, TTW ( Think Talk Write )

- kerangka berpikir: hanya poin-poin saja, terletak di akhir bab 2

Kenapa meneliti judul yang dimaksud

kurikulum tidak hanya kemampuan kognitif

menemukan masalah

ada pustaka yang telah dikaji

solusinya TTW dan PBL dijadikan satu

diharapkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran

- kerangka teori

- hipotesis

- harus mencantumkan silabus ( akan diujicobakan di mana, kelas berapa, semsester berapa, materinya apa )

Misal, 

PBL: pretestnya bisa langsung berupa masalah, atau boleh dengan penguji awal berupa soal yang lebih mudah ( benar atau salah )

Gunakan IT untuk pembelajaran, karena kini sudah ada daring.

Jurnal of Biology Education: jurnal Biologi UNNES

Buka archive: terlihat bulan dan berapa kali terbit

Open akses: ambil naskah, tanpa bayar

Soal UAS: buat rencana penelitian kecil-kecilan, hanya untuk pemanasan, tidak harus seperti draft skripsi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun