Mohon tunggu...
Amidi
Amidi Mohon Tunggu... Dosen - bidang Ekonomi

Fakultas Ekonomi dan.Bisnis Universitas Muhamadiyah Palembang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Hanya Keunggulan Membuat Pelaku Bisnis Bisa Bertahan!

1 Mei 2024   07:49 Diperbarui: 2 Mei 2024   06:49 503
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi-- Mitra UMKM kuliner GoFood menyiapkan pesanan makanan di Dapur Bersama GoFood Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu (20/9/2020). (KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)

Oleh Amidi

Saat ini persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat, baik antar pelaku bisnis skala besar maupun antar pelaku bisnis skala kecil atau antar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sendiri.

Berbagai startegi bisnis atau strategi pemasaran yang dilakukan pelaku bisnis dalam memenangkan persaingan, untuk merebut pasar, atau dalam memburu konsumen.

Sebetulnya tidak perlu gusar dengan pelaku bisnis lain atau hadirnya pelaku bisnis pendatang baru yang masuk ke pasar, asal pelaku bisnis memiliki keunggulan tersendiri.

Dalam ilmu ekonomi atau dunia bisnis kita kenal dengan dua Keunggulan yakni keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Konsep keunggulan komparatif terkait dengan kalayakan ekonomi dan konsep keunggulan kompetitif terkait dengan kelayakan financial. (jurnal.ipb.ac.id)

Dalam dunia bisnis keunggulan komparatif secara bebas dapat diartikan segala upaya untuk mencapai keunggulan atau suatu keunggulan yang dimiliki pelaku bisnis yang satu dibandingkan dengan pelaku bisnis yang lain. 

Sedangkan keunggulan kompetitif adalah bagaimana memanfaatkan keunggulan yang dimiliki suatu unit bisnis untuk mencapai tujuan bisnis yang dilakoni. 

Dengan kata lain, keunggulan komparatif, suatu keunggulan yang dimiliki oleh suatu unit bisnis sementara unit bisnis lain tidak memilikinya. Sedangkan keunggulan kompetitif adalah keunggulan dalam memenangkan persaingan.

Tidak semua pelaku bisnis memiliki keunggulan komparatif, namun semua pelaku bisnis mempunyai peluang untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

Digitalmarketingscool.id menyitir untuk menciptakan keunggulan kompetitif, pelaku bisnis harus melakukan langkah; meninjau kekuatan inti yang dimiliki, menekan/mengurangi biaya, berfokus pada layanan, berfokus pada kualitas produk dan bedakan produk dan layanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun