Banyak orang belum mengetahui bahwa media monitoring/social media listening tools kali ini sudah digunakan banyak praktisi bisnis. Tren digital yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini kini tersebar luas di berbagai macam industri.
Fitur yang luas, disertai dengan media sosial sebagai sumber data utama, menjadikan social media listening tools adalah sebuah tools yang kaya akan manfaat. Mengapa dikatakan begitu?
Hal ini disebabkan karena social media listening tools disokong oleh media sosial, yang tak lain merupakan platform dengan ribuan data yang bervariasi, luas, dan dapat beradaptasi atas segala isu.
Media sosial adalah hasil dari marketing research otomatis yang perusahaan Anda cari sejak bertahun-tahun yang lalu. Anda akan menemukan data pasar yang Anda cari di media sosial.Â
Karena kekayaan data inilah, kegunaan social media listening tools dapat diadaptasikan untuk banyak industri. Bukan hanya perusahaan dengan produk brand atau pemerintah, tapi adaptasinya bisa digunakan lebih dari itu.
Marketing & Advertising Industries
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang marketing; seperti agensi, tidak akan pernah lepas dari sebuah data pasar.
Marketing adalah suatu bidang yang selalu ada di setiap perusahaan, dan sangat diakui kepentingannya. Marketing adalah suatu bidang yang memastikan bahwa penjualan terus terjadi dan menghasilkan profit untuk perusahaan.
Agensi, adalah perusahaan yang khusus fokus pada kegiatan marketing, yang biasanya difokuskan pada branding produk atau iklan. Perusahaan biasanya memberikan proyek rebranding/branding produknya untuk dikelola oleh agensi yang dianggap sebagai ahlinya.
Maka itu, agensi, memerlukan teknik dalam menjalankan strategi marketing yang sesuai dengan harapan kliennya. Data pasar merupakan salah satu strategi yang perlu dimiliki agensi. Data tersebut akan berfungsi menjadi sumber ide dari cara-cara branding yang ditawarkan pada klien.
Media sosial, kali ini menjadi sebuah sumber data yang besar, yang dapat diolah sedemikian rupa dan didapatkan secara langsung dari konsumen. Agensi tidak perlu melakukan riset pasar dari nol lagi. Social Media Listening Tools memungkinkan agensi untuk langsung menarik data yang ada di media sosial dan menganalisisnya sebagai sumber strategi marketing yang dapat ditawarkan kepada klien.
Dengan Social Media Listening Tools, agensi juga dapat mendapatkan keuntungan lain. Selain mendapatkan data pasar di media sosial secara real-time, agensi juga dapat memantau kegiatan brand campaign yang dilakukan atas seluruh kliennya secara bersamaan.
Social Media Listening Tools akan menjadi tools marketing intelligence yang mudah, praktis, dan efektif bagi perusahaan yang bergerak di industri ini. Apakah itu perusahaan Anda?
Government
Ya, lembaga pemerintah adalah suatu lembaga yang sangat memerlukan manajemen krisis/isu yang baik. Mengapa?
Suatu pemerintahan baru dapat berjalan karena adanya kepercayaan publik. Pemerintahan yang tidak dipercaya publik dapat menimbulkan ancaman bagi berjalannya pemerintahan itu sendiri, dari kritik kecil hingga demonstrasi.
Kepercayaan publik akan dipengaruhi banyak hal, yang terlihat atau tidak terlihat. Isu-isu dapat dimunculkan dimana saja, terutama di media sosial. Media sosial sebagai alat komunikasi yang dipakai sehari-hari oleh publik, tentunya dapat menimbulkan persebaran informasi yang begitu cepat. Persebaran informasi yang begitu cepat ini bisa menjadi threat & opportunity di saat yang sama, tergantung dengan manajemen isu yang digunakan oleh pemerintah.
Social Media Listening Tools amat diperlukan dalam hal ini. Social Media Listening Tools dapat menjadi strategi komunikasi dalam rencana manajemen isu yang dilakukan pemerintah.
Selain dapat memonitor isu yang ada di masyarakat, pemerintah juga dapat dengan cepat melakukan tindak lanjut gejala isu yang muncul dengan menganalisis keyword-keyword yang sedang banyak dibicarakan di media sosial.
Hal ini dapat membantu pemerintah melakukan aksi prefentif. Jika isu yang muncul berkemungkinan besar menjadi ancaman bagi reputasi kinerja pemerintah, pemerintah dapat merencanakan perbaikan yang dapat meredam isu tersebut. Dengan mudah, pemerintah dapat menelaah, menganalisis, dan merencanakan pengelolaan atas isu yang ada di masyarakat.
Customer-Focused Industries
Berdasarkan Forbes.com, perusahaan dengan orientasi customer-focused memiliki range industri yang luas. Dari Retail, Finance, Healthcare, B2b, Software, Hospitality, Insurance, Telecom, Agriculture, hingga Manufacturing, adalah perusahaan-perusahaan yang mengangkat customer-focused sebagai budaya marketingnya.
Perusahaan-perusahaan customer-focused, bukan hanya mereka yang mempunyai layanan customer service untuk produknya. Tapi perusahaan customer-focused adalah perusahaan yang dapat menciptakan, merealisasikan, produk-produk baru karena keinginan, keluhan, kritik, dan saran dari konsumennya.
Contoh perusahaan customer-focused yang mungkin Anda kenal adalah Mcdonalds. Mcdonalds adalah restoran yang terhitung banyak mengeluarkan inovasi baru. Salah satunya, baru-baru ini Mcdonalds menciptakan layanan self-service yang bersifat cashless.
Contoh perusahaan customer-focused menurut Forbes.com lainnya adalah:
- LG dari industri Manufacturing: Dengan konsisten menciptakan produk elektronik yang user-friendly bagi konsumennya
- Netflix dari industri Telcom: Memproduksi film yang sesuai dengan keinginan konsumen dari riset yang dilakukan
- DBS Bank dari industri Financial: Memangkas waktu tunggu di cabang dan menciptakan aplikasi banking berbasis ponsel untuk konsumen yang komplain akan kesulitan transaksi
- Sephora dari industri Retail: Menciptakan fitur uji coba make-up virtual untuk kesulitan konsumennya dalam mencoba produk kosmetik
Jika perusahaan Anda mengangkat orientasi ini; maka Anda adalah salah satu perusahaan yang membutuhkan Social Media Listening Tools.
Kaitan Social Media Listening Tools dengan data konsumen, sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ya, kekuatan terbesar dari Social Media Listening Tools adalah bagaimana tools ini dapat membantu berbagai macam bisnis untuk mengetahui dan "mendengar" apa kata konsumen.
Melalui Social Media Listening Tools, perusahaan dengan orientasi customer-focused akan dimudahkan dalam melakukan riset pasar, memantau isu negatif maupun positif akan brandnya, dan menganalisis pergerakan produk kompetitor. Dari hal tiga itu, inovasi terbaru yang dihadirkan untuk konsumen akan tercipta.
Tiga industri tersebut adalah tiga industri yang dapat meraih pemanfaatan yang besar dari Social Media Listening Tools. Pada dasarnya, manfaat Social Media Listening Tools sebenarnya dapat digali lagi di bidang lainnya, seperti bidang Keamanan & Informasi untuk pencarian data dan Operasional untuk product research.
Baca selengkapnya mengenai fungsi Social Media Listening Tools disini: Apa Itu Social Media Listening Tools?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H