Berlibur kini semakin mudah. Dari mulai promo harga tiket pesawat, pesan kuliner, mendapatkan harga tiket masuk ke tempat wisata yang kompetitif hingga memilih hotel sebagai tempat menginap.
Calon pelanggan begitu dimudahkan dengan berbagai macam fasilitas dan pilihan supaya mendapatkan barang atau jasa sesuai yang diinginkan. Dengan bujet yang terbatas pun kita bisa mendapatkan liburan sesuai ekspektasi.
Teknologi memang membuat perbedaan. Coba bandingkan dengan masa lalu. Takada banyak pilihan. Kalau orang mau liburan ke Bali misalnya, naik maskapai A hotelnya X, obyek wisatanya Y. Mana bisa liburan ala backpacker seperti sekarang.
Normalnya orang pasti menggunakan jasa travel. Jadi liburan akan tergantung pada travel yang kita percaya saja. Sekarang bandingkan dimasa kini ketika teknologi sudah merajai jaman.Â
Tak perlu jasa travel, Anda sendiri bisa menciptakan liburan yang nyaman walaupun tanpa jasa travel. Anda mau ke Bali, tinggal pilih maskapai yang diingini. Tak hanya maskapainya, kita juga bisa membandingkan aplikasi yang memberikan penawaran terbaik.
 Begitu pula dengan pilihan hotel dan tempat wisata. Mau rental mobil juga sudah ada dalam satu aplikasi penyedia layanan. Jadi mau backpackeran pun mudah. Tak perlu harus menggunakan jasa travel.
Cerita di atas sebenarnya hanya sebagai pembuka yang menggambarkan bagaimana sejatinya pemasaran itu bisa berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Terutama dengan bantuan media sosial.Â
Saya dan keluarga beberapa kali ketika mencari hotel untuk berlibur, kami akan sempatkan untuk melihat review hotel tersebut lewat youtube channel. Maklum, dengan bujet yang tidak terlalu wah maka harus pandai-pandai supaya tetap bisa tetap mendapatkan hotel yang nyaman.Â
Kalau hotelnya itu bagus, biasanya ada saja yang membuat review mengenai hotel yang kita ingini. Baik itu dari blogger maupun vlogger. Di Youtube kan kita bisa melihat langsung visualisasi hotelnya seperti apa. Mulai dari kamar, fasilitas penunjang, jalan akses, hingga kualitas makanan yang disediakan.Â
Review yang ada di Youtube itu sekaligus melengkapi yang telah tergambar di aplikasi pemesanan hotel. Soalnya kalau hanya foto kadang-kadang menipu. Foto bisa dibuat sebagus mungkin. Tetapi ternyata faktanya tidak sesuai ekspektasi. Kalau istri saya bilang, istilah jawanya itu keblondrok.
Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat akan membeli produk secara online
Nah, berbicara mengenai review, ini beberapa hal yang buat saya wajib untuk diperhatikan ketika akan berbelanja secara daring. Baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa. Agar kita jangan sampai salah lalu menyesal setelah membeli.
1. Ulasan produk (Review)
Pembeli biasanya akan meninggalkan ulasan dalam bentuk pemberian bintang maupun komentar. Saya akan selalu menyempatkan ulasan-ulasan ini.
2. Visualisasi foto / video
Foto produk jelas penting untuk memastikan bahwa deskripsi produk sesuai dengan yang kita inginkan. Cara memberikan visualisasi produk juga memperlihatkan keseriusan penjual. Semakin bagus gambar yang disajikan dan semakin lengkap penyajiannya, maka semakin memberikan gambaran yang lengkap tentang produk yang dijual.
3. Berapa banyak produk tersebut terjual
Semakin banyak produk terjual, semakin dapat dipercaya. Artinya produknya tidak mengecewakan. Apalagi jika ada pelanggan yang sudah menjadikan toko tersebut langganan.
4. Kredibilitas toko
Setiap aplikasi toko online pasti memberikan semacam penilaian (status) bagi setiap market place. Istilahnya bisa macam-macam. Contohnya star seller, power merchant, dan lain sebagainya. Walaupun tidak menjamin kualitas barang yang dijual bagus setidaknya toko tersebut memiliki rekam jejak yang baik.
5. Garansi
Garansi ini juga penting. Karena ada potensi barang yang terkirim cacat. Bagaimana penjual akan menanggapi keluhan pelanggan tersebut.
Dari kelima hal tersebut, saya paling memberikan perhatian utama pada review atau ulasan produk. Review produk merupakan testimoni langsung dari pelanggan yang telah membeli barang.Â
Mengapa review produk menjadi penting?
1. Untuk meyakinkan bahwa penjual dapat dipercaya
Salah satu tujuan review produk adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan. Review produk kebanyakan digambarkan dengan rating. Semakin baik rating maka semakin baik pula kredibilitas si penjual.
2. Mengetahui kualitas suatu produk atau brand
Ketika melihat review produk biasanya kita akan disajikan beberapa hal penting seperti cara penggunaan, kondisi awal barang, tingkat kepraktisan, dan pengalaman (testimonial) produk saat digunakan atau dikonsumsi. Misalnya saja kita akan memesan hotel, review dari hotel tersebut akan semakin menunjukkan dan meyakinkan kualitas pelayanan hotel. Apakah sama seperti yang diberikan dalam deskripsi hotel.
3. Menemukan produk yang sesuai kebutuhan
Misalnya ketika hendak membeli mobil. Kadangkala kita belum memahami semua fitur yang ada. Apakah sudah sesuai ekspektasi atau belum. Nah, review produk membantu kita untuk menemukan produk yang sesuai ekspektasi.
4. Menemukan penawaran yang terbaik
Pelanggan biasanya melakukan riset saat akan membeli produk. Riset ini dengan membandingkan satu toko dengan toko lainnya. Atau bisa juga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Biasanya penawaran yang memiliki review produk terbaik itu yang dipilih.
5. Membantu memilih produk yang akan dibeli
Sebagai contoh ketika kita ingin membeli handphone. Kita sudah menentukan spesifikasi yang ingin dibeli. Nah, dengan spesifikasi yang sama dan harga yang hampir mirip mungkin tersedia beragam merk. Untuk itu biasanya review produk itu akan membantu merk apa yang akan dipilih berdasarkan ulasan yang paling menarik.
Bagaimana? Sudah jelaskan bahwa review produk itu berpengaruh terhadap keputusan konsumen saat akan membeli produk. Maka sudah pasti review produk itu akan berpengaruh pada tingkat penjualan dan brand awareness. Sebuah review produk yang baik dengan sendirinya dapat meningkatkan brand awareness.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI